Cara Perpanjang SIM di Polres Klaten

Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah kebutuhan penting bagi kita, apalagi bagi pengendara kendaraan bermotor yang aktif berkendara setiap harinya. Memperpanjang masa aktif SIM tentu hal yang wajib dilakukan setiap lima tahun sekali. Nah, kebetulan tahun 2019 ini adalah saat yang tepat bagi saya untuk memperpanjang SIM C.

Ternyata mengurus perpanjangan SIM secara langsung di kantor Polres bukanlah hal yang sulit. Cukup datang ke Polres dan melakukan beberapa tahap selama kurun waktu sekitar satu jam, kita sudah bisa mendapatkan SIM baru hasil perpanjangan. Berhubung domisili saya di Klaten, so saya mengurusnya di kantor Polres Klaten yang terletak di Jalan Bypass Klaten (Masjid Al-Aqsha ke timur).
perpanjang sim klaten
Mekanisme Penerbitan SIM Polres Klaten


Barang yang saya bawa juga nggak banyak, kok. Cukup SIM, KTP, dan sejumlah uang. Plus pulpen/bolpoin biar nggak perlu mengantre pulpen yang tersedia di Polres untuk mengisi formulir secara manual.

Tahapan yang ditempuh antara lain:
  1. Datang ke Polres
  2. Fotokopi SIM & KTP
  3. Periksa untuk mendapatkan KIR dokter
  4. Mengisi formulir perpanjangan SIM
  5. Membayar biaya perpanjangan SIM
  6. Berfoto
  7. Mendapatkan SIM baru dan pulang

Datang ke Polres dan langsung memarkirkan kendaraan di tempat yang disediakan

Saya langsung memarkirkan sepeda motor di area parkir kantor Polres, bukan di luar pagar meskipun banyak sekali yang menawarkan parkir di luar area. Toh lebih dekat juga untuk berjalan ke kantornya. Nanti pas pulang, bayar parkirnya Rp2000,00, ya.

Fotokopi SIM & KTP

Ada papan petunjuk yang mengarah pada tempat untuk menggandakan dokumen yang masih terletak di area kantor Polres. Di sana, saya langsung bilang “Pak, mau fotokopi untuk perpanjang SIM.” Petugasnya langsung sigap meminta SIM dan KTP saya kemudian menggandakannya sebanyak masing-masing dua lembar. Saya juga sekaligus mendapatkan stopmap berwarna biru. Cukup membayar sebanyak Rp2000,00. Setelah itu, saya diarahkan untuk periksa untuk mendapatkan KIR dokter di tempat yang bersebelahan di tempat fotokopi.

Periksa untuk mendapatkan KIR dokter

Pertama, menyerahkan berkas kepada petugas. Kedua, membayar biaya sebesar Rp30.000,00. Ketiga, periksa di dokternya. Ada tes buta warna dengan cara menyebutkan suatu angka yang ada pada gambar kombinasi warna. Kemudian, ditanya juga tentang riwayat penyakit dan penggunaan kacamata/tidak. Selesai, deh. Abis itu, lanjut di kantor Polresnya untuk mendaftarkan perpanjangan SIM.

Mengisi formulir perpanjangan SIM

Ada plang petunjuk bagian kantor yang mengurus SIM, either itu SIM baru ataupun perpanjangan SIM. Nah, masuk aja ke situ. Nanti disambut oleh Bapak petugas yang ramah. Bilang aja, mau perpanjang SIM. Nanti beliau memberi kita formulir untuk diisi. Di sinilah gunanya kita membawa pulpen/bolpoin sendiri. Supaya ngisi formulirnya bisa cepet dan nggak perlu bergantian menggunakan pulpen yang tersedia. By the way, jangan lupa stopmapnya ditulisi nama dan alamat kita, ya!

Membayar biaya perpanjangan SIM

Setelah formulir diisi secara lengkap, saatnya membayar di tempat yang disediakan. Untuk perpanjangan SIM C, biaya yang dikenakan sebesar Rp75.000,00. Setelah mendapatkan kuitansi sebagai bukti pembayaran, saatnya kita memasukkan berkas ke loket 1. Berkas yang dilampirkan antara lain formulir pendaftaran, kuitansi pembayaran, KIR dokter, dan SIM lama.
Setelah memasukkan berkas di loket 1, kita mendapatkan nomor antrean untuk berfoto di ruang yang disediakan. Jadi, tunggu aja untuk mendapat panggilan berfoto, guys!

Berfoto

Kalau udah dipanggil untuk berfoto, jangan lupa untuk mengecek kondisi wajah, bro. Dirapi-rapikan dulu kerah bajunya, rambutnya, jilbabnya, lalu bisa bersiap untuk CEKREK! Di sini juga kita diminta untuk scan jari dan tanda tangan. And, done!

Mendapatkan SIM baru dan pulang

Selesai berfoto, kita mengantre lagi di ruang tunggu. Kalau nama kita dipanggil (di loket 2), berarti SIM baru hasil perpanjangan kita sudah jadi dan siap diambil. Yay! Setelah itu, kita bisa pulang dengan bahagia, deh.

SELESAI!


Simpel banget, kan? Tahapan-tahapan perpanjangan SIM tersebut cukup ditempuh selama kurang lebih satu jam, loh. Saya datang sekitar jam 9-an dan selesai pada pukul 10-an.

Hayo, yang mau perpanjang SIM usahakan tepat waktu, ya! Jangan sampai terlambat walaupun sehari saja. Karena kalau terlambat, it means kamu harus mengulang proses mendapatkan SIM baru DARI NOL LAGI dengan melakukan berbagai macam tes.

Semangat!!

37 komentar:

  1. aq baru sekali perpanjang sim c dan setelah baca postingan ini jadi ngecek kapan lagi harus perpanjang sim c, hahaha
    terakhir perpanjang sim c aq datang yang di mobil sim keliling, kalau dijakarta lebih praktis datang kesini daripada ke polres

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah perpanjang SIM di mobil SIM keliling di kantor kecamatan, mbak. Hihihiii~

      Hapus
  2. sekarang kita dipermudah dengan banyaknya sim keliling ya mbak, dulu harus ngantri gila-gilaan karena cuma ada di beberapa tempat tapi sekarang kayaknya penyebaran sim keliling sudah mulai merata dimana-mana

    BalasHapus
  3. dengan banyaknya sim keliling jadi mempermudah gaperlu jauh-jauh ke asal tpt kita buat pas awal yahhh. dan prosesnya juga mudah banget . betul jangan teat perpanjang nanti bakal ulangi lagi dari awal nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus selalu awas ya, mbak. Telat sehari aja, harus mengulang proses bikin SIM dari nol lagi.

      Hapus
  4. Wah aku baru tqu nih tata cra bikin sim.. soal nya aku ga punya kendaraan hahaha. Jd ga pernah urus bginian ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owalaahh, iya beb. Siapa tahu butuh beb, misalnya bulan depan mulai berkendara sendiri yhakaaannn?? Hihihiiiii

      Hapus
  5. Sekarang udah ada SIM keliling yaa jadi serba praktis asal tau jadwal tempatnya
    Btw, thanks for sharing infonya Mba sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Proses memperpanjang SIM itu yang lama antrenya haha. Proses pembuatannya cepet banget kok asal kelengkapannya dibawa semua :") Soalnya kemarin sempet lama karena lupa bawa surat keterangan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru ngeh saya bahwa kalau mau bikin SIM itu harus bawa surat keterangan sehat. Entah karena dulu saya ngurus SIM nggak pakai SIM keliling, atau memang SIM saya sekarang sudah kadaluwarsa (dan saya nggak berminat perpanjang), atau karena kolom pekerjaan saya ada tulisan "dokter"-nya, jadi saya nggak pernah ditagihi surat keterangan sehat itu :))

      Hapus
    2. Iya, mbak Ratri. Lama di antrenya, kwkwkwk

      Hapus
    3. Wkwkwkwkkk, bisa jadi kasusnya Mbak Vicky tuh 1 dari 1000 ya, mbak. Bu dokter nggak perlu surat keterangan sehat. :))

      Hapus
  7. Untuk tahapan-tahapannya sih sama aja kak dengan di daerah ku. Dan biasanya aku langsung ke sim keliling gitu sih drpd ke polresnya heje

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih praktis di SIM keliling ya, beb. Ini aku ngepasi di polres aja nih perpanjangnya, wkwkwkk

      Hapus
  8. sama saja ya tahapannya. tapi sekarang sudah lebih mudah dengan sim keliling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak. Yang penting administrasinya lengkap.

      Hapus
  9. Aku jg kemarin udah perpanjang SIM di SIM keliling haha gampang bgt dan ya lama prosesnya, cuma ya itu harus ambil nomor antrian subuh dan hasil fotonya ya bagus ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau nomor antrean untungnya aku kemaren nggak perlu dari subuh mbak, wkwkwkw.
      Pelayanannya cepet gitu. :)

      Hapus
  10. Praktis juga ya prosesnya cuma sehari selesai. Enak nih, kalau begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Polres makin berprogres, hihiiii.

      Hapus
  11. Kalau di Semarang sini, saya lebih seneng perpanjangan SIM di mobil SIM Keliling. Kalau datangnya pagi biasanya udah cepet banget lah prosesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Sekarang apa-apa serba cepet dan diambil praktis aja. ;-)

      Hapus
  12. Waj jd keingetan SIM ku bentar lagi abis nih..tp.sdh lama ga liat SIM keliling daerah cimahi

    BalasHapus
  13. aaaaa sedih banget kemaren akubtelat perpanjang sim dan haris ngulang bikin baru, sampe sekarang masih belum bikin huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaa, sayang banget beb. Kudu mulai bikin baru dari nol lagi deh.

      Hapus
  14. Aku kemarin juga perpanjangan SIM.
    Huhuu...
    Capek banget. Tapi alhamdulillah, lancar yaa..

    BalasHapus
  15. Aku perpanjangan SIM nya di mobil SIM keliling jadi lebih efektif dan lebih cepat ya prosesnya ya, seneng banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Kalo kali ini aku perpanjang di polres sih. Tetep nyaman juga kok :)

      Hapus
  16. Emang disini ada yg tau jadwal sim keliling nya ?

    BalasHapus
  17. Bermanfaat sekali, sedang sesuai dengan episode, matur nuwun, wkwk

    BalasHapus
  18. kmr saya juga k polres Selain pakai kir dokter juga pakai psikotes mbak. Pertanyaan nya ringan2 sih. Bayar lupa😀 , kayake sekitaan sama biaya seperti kir dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang lebih praktis dan terarah ya, Kak. Jadi nggak perlu minta bantuan orang lain, tinggal datang aja langsung ke Polres. :)

      Hapus