[REVIEW] Cleanface – Set Produk Pembersih Wajah

Membersihkan wajah udah menjadi rutinitas harian yang harus dilakukan dan nggak boleh dilewatkan. Aku pribadi selalu melakukan double cleansing setiap hari, terlebih di malam hari sebagai bagian dari night skincare routine.

pembersih wajah murah
Produk pembersih wajah

Kulit wajah yang bersih maksimal adalah kunci optimalnya kerja berbagai produk skincare yang kita gunakan. Nggak mau dong perjuangan me-layer produk-produk skincare yang banyak dan mahal itu jadi sia-sia hanya karena step pembersihan kurang maksimal. That’s why, tahapan pembersihan ini kudu bener-bener diperhatikan.


Produk pembersih wajah yang praktis

Biasanya sih aku lebih suka dengan jenama (brand) yang memproduksi produk-produk pembersih wajah dalam bentuk satu set gitu. Selain praktis, hasilnya jadi lebih maksimal aja (menurutku). Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya semacam ‘selaras’ gitu kalau digunakan secara berturut-turut.

Beruntungnya, Cleanface hadir sesuai dengan ekspektasiku: produk pembersih wajah yang hadir dalam satu set which is able to cover tahapan pembersihan pertama dan kedua (sebagai first cleanser and second cleanser). Apa aja produknya?

pembersih wajah
Cleanface

Cleanface Micellar Water

Micellar water bukanlah barang baru yang kita dengar, ‘kan? Sebagai first cleanser, produk ini melakukan tugasnya dengan baik, yaitu mampu menghapus kotoran dan debu, serta makeup yang ada di wajah. Cara pakainya praktis: tinggal tuang aja di kapas, terus diusapkan secara perlahan ke seluruh wajah.

Cleanface Micellar Water 3 in 1 ini memiliki dua varian:
  1. Cleanface Micellar Water 3 in 1 untuk oily skin 
  2. Cleanface Micellar Water 3 in 1 untuk normal skin
Kedua varian tersebut packaging-nya sama, dalam bentuk botol plastik transparan dengan tutup flip-top. Isinya pun sama: 100 ml. Yang membedakan adalah warna cairan dan ingredients yang terkandung di dalamnya.

 

Cleanface Micellar Water 3 in 1 (Oily Skin)

Warna kemasan produk ini adalah oranye terang yang merepresentasikan jeruk. Dan, bener dooong aromanya pun kayak aroma jeruk gitu, seperti aroma campuran jeruk dan cherry. Seger banget! Teksturnya cair, super watery. Tapi, warna produknya bening, bukan oranye seperti warna packaging-nya.

cleanface purbasari
Cleanface Micellar Water (Oily Skin)

Kemampuan mengangkat makeup-nya kuacungi jempol, deh. Bisa banget buat me-remove foundation, concealer, dan bedak. Untuk menghapus produk yang waterproof seperti mascara, sebenernya bisa juga. Hanya saja kudu effort banget.

Produk ini ringan banget dipake. Nggak ada rasa perih di wajah dan nggak bikin wajah jadi memerah. Malah, wajah jadi kayak glowing gitu kelihatannya. Plus, nggak ada rasa lengket sama sekali.
Di kemasannya sih ada klaim bahwa produk ini mengandung vitamin C dan dapat mencerahkan skin tone. Hmm, aku kurang bisa notice sih tentang hal ini. Lagipula, untuk produk pembersih aku nggak terlalu concern either dia bisa mencerahkan wajah or not.

Ingredients: Aqua, Poloxamer 184, Potassium Laureth Phosphate, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, Phenoxyethanol, Panthenol, Lactic Acid, Sweet Cherry (Prunus Avium) Extract, Tetrasodium EDTA, Chlorphenesin, Lemon (Citrus Medica Limonum) Extract, Alcohol, Pachyrrhizus Erosus Root Extract, Glycerin, Parfum, Methylparaben, Ethylparaben.

Cleanface Micellar Water 3 in 1 (Normal Skin)

Secara keseluruhan, kinerja produk ini sama dengan Cleanface Micellar Water 3 in 1 (Oily Skin) dalam hal mengangkat makeup dan kotoran/debu di wajah. Warna produknya juga bening, tetapi warna di packaging-nya adalah pink.

lokal produk murah
Cleanface Micellar Water (Normal Skin)

Tekstur produk ini cair banget. Setelah diaplikasikan, wajah nggak terasa lengket sama sekali, ringan banget. Seger gitu rasanya.
Aroma produk ini kayak perpaduan bau buah strawberry dan anggur. Anyway, untuk aroma kedua micellar water ini sama-sama lumayan kenceng. So, buat yang kurang suka sama bebauan, perhaps these products will annoy, a lil’ bit. Tapi, buat aku yang cinta sama wangi-wangian yang menyengat, I love them so much!

Ingredients: Aqua, Poloxamer 184, Potassium Laureth Phosphate, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, Phenoxyethanol, Panthenol, Lactic Acid, Tetrasodium EDTA, Chlorphenesin, Lemon (Citrus Medica Limonum) Extract, Alcohol, Glycerin, Pachyrrhizus Erosus Root Extract, Glycerin, Parfum, Methylparaben, Ethylparaben.

Cleanface Smooth Toner

Ini adalah toner paling seger dan nyegrak sepanjang masa! Seger sih, iya. However, bau alkoholnya itu menyengat banget dan menusuk di hidung. Aku agak skip sih sama toner ini karena bau alkoholnya kenceng banget.

Tekstur produk ini cair banget dan warnanya kebiruan, menyesuaikan dengan warna packaging-nya. Ada klaim shine-free yang aku nggak begitu setuju sepenuhnya since my face still looks a bit glowing. Namun, yang aku suka, toner ini nggak bikin wajah terasa lengket. Setelah diaplikasikan menggunakan kapas, rasanya wajah ringan aja gitu dan seger banget.

cleanface purbasari
Cleanface Smooth Toner

Produk ini memiliki volume sebanyak 50 ml. Wadahnya berbentuk botol gepeng (?) dari plastik transparan sehingga memudahkan kita untuk mengetahui sisa produk yang ada di dalamnya. Tutup botolnya dalam bentuk flip-top yang anti bocor.

Toner ini mengandung vitamin A, C, dan E, sekaligus ada kandungan Salicylic Acid yang bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan komedo.


Ingredients: Aqua, Ethanol, Propylene Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Parfum, Polyquaternium-7, Polysorbate 20, Salicylic Acid, Potassium Hydroxide, Allantoin, Benzophenone-4, Panthenol, BHT, Tocopheryl Acetate, Buteth-3, Sodium Benzotriazolyl Butylphenol Sulfonate, Soybean (Glycine Soja) Oil, Tributyl Citrate, CI 42051, Ascorbyl Palmitate, Retinyl Palmitate.

Cleanface Liquid Facial Wash

Sebagai pemilik jenis kulit normal to oily, aku suka banget dengan produk sabun wajah (facial wash) yang kaya busa dan memberikan efek wajah kesat. Well, tampaknya ekspektasiku itu terwujud dan sesuai banget sama produk yang satu ini: Cleanface Liquid Facial Wash. Sabun wajah yang berfungsi sebagai second cleanser ini, punya tekstur gel yang kaya busa sewaktu dicampurkan dengan air.

facial foam murah
Cleanface Liquid Facial Wash

Aroma Cleanface Liquid Facial Wash juga seger banget kayak jeruk. Yang paling aku suka adalah efek di wajahku. Rasanya bersih tapi tetep lembap. Nggak ada sensasi kayak ketarik gitu, wajah sama sekali nggak jadi mengering. Yet, tampilan wajah tuh sesuai dengan klaimnya: shine-free. Wajah nggak ada kilap-kilapnya tapi nggak flat juga. I’d say it’s semi-matte. Favorite!


Ingredients: Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamide Mea, Myristic Acid, Cocamidopropyl Betaine, Lauric Acid, Glycerin, Decyl Glucoside, Potassium Hydroxide, Potassium Cocoate, Triethanolamine, Sodium Chloride, Tetrasodium EDTA, Carthamus Tinctorius Seed Oil, Parfum, DMDM Hydantoin, BHT, O-Cymen-S-Ol, Benzophenone-4, Tocopheryl Acetate, Soybean (Glycine Soja) Oil, CI 15985, Ascorbyl Palmitate, Retinyl Palmitate.

Cleanface adalah produk yang aman

Jenama Cleanface dan produk-produk yang udah aku ulas di atas tergolong aman karena sudah memiliki izin edar dari BPOM dan udah ada logo halal dari MUI. Selain itu, bahan-bahan yang terkandung di dalam produknya termasuk kandungan yang nggak berbahaya buat kulit.

Harganya juga terjangkau, loh. Since this is a local brand, harganya tentu affordable. Untuk micellar water, dibandrol sekitar 15K. Sementara, untuk facial wash dan toner masing-masing ada di kisaran harga 10K.

cleanface purbasari
Cleanface

Tertarik buat nyobain, guys? Atau udah ada yang pernah nyobain produk-produk dari Cleanface ini? Share dong cerita kamu di kolom komentar di bawah! I’d love to read it as well.

See you on my next post!

32 komentar:

  1. kayaknya sudah familiar dengan nama produk ini sih

    BalasHapus
  2. Wanginya yang khas itu yang bikin jatuh cinta meleleh saking sukaknya. Teksturnya juga enaakk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. IMO, wanginya bener² kenceng soalnya, kak. Tapi gak terlalu mengganggu sih bagiku. Jadi yaa nyaman² aja, hihiii :)

      Hapus
  3. clean face ini satu perusahaan sama clean and clear bukan sih? kok desainnya mirip2 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, enggak Mbak. Cleanface ini malah sisterline-nya Purbasari.

      Hapus
  4. wah rangkaiannya lengkap ya dari facial wash, toner, sampai micellar water, jadi pengen cobain, dan enaknya ada yang buat oily skin, kebetulan kulitku cenderung oily jadi kalau pakai produk kulit harus bener2 yang diperuntukan oily

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah, cobain deh Mbak Mei. Harganya terjangkau loh.

      Hapus
  5. Micellar waternya murah banget! Packagingnya mirip suatu brand ya.. eh tapi wanginya kenceng ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super murah ini deh, Mbak.
      Dari design packaging sih hampir mirip sama brand sebelah. Tapi beda ini, Mbak. Hehee

      Hapus
  6. pertama kali lihat aq pikir ini clean & clear loh mba, mirip bgt warna kemasannya. aq setuju tuh kl pk pembersih satu merk jd hasilnya lebih maksimal yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuu, soalnya dari segi ingredients udah saling terkait gitu, Mbak. Lebih optimal aja kalo digunakan barengan.

      Hapus
  7. Aku juga sekilas liat produk ini inget sama.produk c&c karena warnanya serupa banget. Dan itu sabun & toner masa remaja akyu 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang semirip itu ya, Mbak. Packaging-nya mengadaptasi dari brand sebelah sepertinya.

      Hapus
  8. ini terjangkau kan ya Mba produknya? soalnya pernah liat di AEON. Sempet kepo sih sama micellarnya ternyata oke ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terjangkau paraaaaahhh, beb. Kudu coba sihhh

      Hapus
  9. Aku penasaran sama micellar waternya deh, mana ada 2 jenis ya? Tergantung tipe kulit gitu hihi :) pengen coba yg untuk oily skin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seger banget dipakenya loh, Mbak. Bersih pula.

      Hapus
  10. Wah ini bagus juga udah ada label halal MUI. Sekilas liat logonya mirip sama brand western itu hihihi

    BalasHapus
  11. Lucu itu paket Cleanface Micelar Waternya Mba. Apalagi sudah ada logo Halal jadi tidak perlu khawatir akan ke halalannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Udah tenang aja gitu ya bawaannya kalo udah ada logo halal dari MUI-nya.

      Hapus
  12. Lengkap banget produk Clean Face.
    Digunakan sesuai kebutuhan kulit wajah yaa..

    BalasHapus
  13. Aku pikir ini Clean & Clear itu, ternyata beda ya? Pengen coba micellar waternya deh, bisa dibeli di drugstore kah mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tersedia di toko-toko kosmetik terdekat, Mbak.

      Hapus
  14. Aku tuh baru tahu loh kalau clean face ini punya purbasari. Dari kemasannya kayak brand luar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya aku juga mengira begitu, Mbak. Eh, ternyata masih sisterline-nya Purbasari. Brand lokal makin cemerlang nihhhh

      Hapus
  15. Aku kira ini clean&clear loh Mbak :D
    Ternyata bukan. Baru banget tau ada brand ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang ngira produk ini sama kayak brand sebelah itu sih, beb. Soalnya packaging-nya kayak mirip gitu yaaak

      Hapus
  16. Awalnya saya kira ini Clean & Clear, eh rupanya brand dari Purbasari. Thanks ya kak udah berbagi informasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiiii, iya kak. Cleanface ini masih satu manajemen dengan Purbasari.

      Hapus