[REVIEW] ERHA TruWhite Activator C Serum untuk Kulit Kusam – Stay True

Kondisi kulit yang prima merupakan dambaan setiap orang. Kulit lembap, bercahaya, kenyal, dan glowing kerapkali menjadi skin goals utama. Namun, berbagai permasalahan kulit yang muncul seperti kulit kering, bersisik, kusam, berjerawat, terkadang tidak bisa dihindari. Kalau sudah kejadian, mau tidak mau kita harus berupaya untuk mengatasinya.

Salah satu permasalahan kulit yang acapkali menyerang kita adalah kulit kusam. Paparan sinar matahari dan serangan polusi udara/debu menjadi main reason kulit terlihat kusam atau menghitam. Hmm, sebenarnya sih bukan menghitam secara literal, ya. Yang aku maksud kusam di sini adalah kondisi wajah yang terlihat tidak bercahaya dan cenderung tidak berkilap.
Ku.sam: suram (tidak berkilap atau bercahaya); muram atau tidak berseri-seri (tentang muka); tidak terang (tentang  lampu dan sebagainya) (1)

Mengapa kulit bisa kusam?

Kulit adalah bagian tubuh terluar yang berguna untuk melindungi organ tubuh bagian dalam. Kulit merupakan bagian tubuh paling awal yang melakukan kontak dengan dunia luar. Suhu, kondisi lingkungan, dan juga kondisi internal tubuh turut serta berpengaruh pada kondisi kulit, khususnya kulit wajah.

Ada beberapa faktor yang dapat membuat kulit menjadi kusam, antara lain:
  • Terpapar polusi udara dan debu
  • Terpapar sinar matahari
  • Jarang membersihkan wajah secara teratur
  • Tidak cocok terhadap suatu produk kecantikan
  • Stres
Aku sendiri juga kerapkali merasa kulitku tampak kusam. Penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari karena aku sering beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, kotoran atau debu yang tak terlihat pun bisa menjadi penyebab kusamnya wajahku.

Caraku mengatasi kulit kusam

Aku termasuk rajin membersihkan wajah secara teratur setiap pagi dan malam hari. Selain itu, perawatan mingguan juga kulakukan, seperti menggunakan masker. Namun, apparently langkah-langkah skincare routine yang kulakukan setiap hari itu nggak cukup. Wajah masih aja terlihat kusam.

Setelah aku cari info sana-sini, aku menemukan salah satu produk skincare yang recommended untuk kucoba. Klaimnya sih mampu mengatasi kulit kusam dan membuat wajah terlihat lebih bercahaya. Waaah, siapa sih yang nggak tertarik dijanjiin kayak gitu? Xixixiiii...
serum vitamin c
ERHA TruWhite Activator C Serum
Produk yang aku gunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kusamku ini adalah ERHA TruWhite Activator C Serum. Umumnya dia dikenal sebagai serum Vitamin C. Lalu, gimana hasilnya? Baca terus sampe abis, yaaaa.

Berkenalan dengan Erha Truwhite Activator C Serum

Produk ini merupakan sediaan keluaran dari ERHA Dermatology. Awalnya klinik ERHA berdiri di Jakarta pada tahun 1999. Seiring berjalannya waktu, ERHA berinovasi dengan mengembangkan pelayanan, menciptakan produk-produk dengan formula terbaik, dan meningkatkan kapasitas dengan cara menggunakan teknologi yang mutakhir. Salah satu hasil inovasi dari ERHA adalah sebuah terapi ERHA TruWhite – Brightening Program. (2)
ERHA Clinic
However, aku nggak melakukan terapi tersebut. Yang aku butuhkan adalah produk harian yang bisa digunakan di rumah untuk mengatasi kulit kusam. Akhirnya kucobalah ERHA TruWhite Activator C Serum sebagai bagian dari ERHA TruWhite Activator Series.

Packaging

Kemasan ERHA TruWhite Activator C Serum ini sleek banget. Simpel, elegan, dan kelihatan luxurious gitu. Produk ini tersedia dalam bentuk botol dengan aplikator berupa pump. Poin plus banget! Aku suka dengan produk yang ada pump-nya karena amat memudahkanku dalam mengontrol sebanyak apa produk yang mau aku pakai. Warna kemasannya cokelat tua dan hitam. Yet, keterangan yang ada di sekeliling botol tertulis di atas stiker putih, jadi kelihatan kontrasnya. Tutup botolnya cukup kokoh, berwarna hitam dan transparan sehingga kita bisa melihat pump-nya.
ERHA Day Cream & ERHA C Serum
Keterangan-keterangan yang ada di body botol ini antara lain:
  • Nama produk
  • Isi produk (20 mL)
  • Klaim produk
  • Cara pakai
  • Nomor BPOM 
  • Expire date 
  • POA 1 bulan
erha21
Ada segelnya
Meanwhile, dus wadah produk ini berwarna putih yang memuat berbagai keterangan yang cukup lengkap tentang produk ERHA TruWhite Activator C Serum ini. Bagian atasnya terdapat stiker hologram yang menandakan bahwa produk ini masih tersegel.

Tekstur dan aroma produk

Tekstur produk ini gel tapi cukup watery. It really glides smoothly on my skin. Cepet banget meresap di kulit, nggak makan waktu lama. Warna ERHA TruWhite Activator C Serum ini putih agak bening. Aromanya menyegarkan, nggak menusuk sama sekali, nggak ada wangi bunga, dan nggak ada bau kimia. I personally love both the scent and texture.
erha serum vit c
Tekstur ERHA TruWhite Activator C Serum

Cara pakai

Aku menggunakan produk ini sesuai dengan anjuran yang tertulis, sebagai berikut:
Gunakan secara teratur pada pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan pelembab wajah.
Yup! Aku menggunakannya secara rutin dua kali sehari, pagi (morning skincare routine) dan malam (night skincare routine).
Cukup satu pump
Caranya: aku keluarkan produknya di telapak tangan, cukup satu pump, kemudian aku ratakan ke seluruh wajah sambil di-massage lembut. ERHA TruWhite Activator C Serum ini cepet banget meresap di kulit sehingga aku nggak perlu waktu lama untuk move on ke langkah skincare selanjutnya. Biasanya setelah mengaplikasikan ERHA TruWhite Activator C Serum, aku lanjutkan ke pemakaian pelembab (moisturizer).



Anyway, aku bikin video tutorial pemakaian ERHA TruWhite Activator C Serum ini sekaligus review-nya di Youtube Channel-ku, loh. Kindly check it out, guys!

Klaimnya seperti apa?

TruWhite Activator C Serum dengan Active Whitening System membantu mencerahkan kulit wajah dalam 7 hari. Dengan kandungan Vitamin C dan Peptides membuat kulit lebih sehat, cerah, dan bercahaya.
Sudah teruji secara klinis.
In my opinion, klaim yang dinyatakan oleh ERHA TruWhite Activator C Serum ini benar adanya. Aku sudah membuktikan selama 7 hari pemakaian bahwa wajahku bener-bener terlihat lebih cerah dan terjaga ke-glowing-annya. Yang membuatku yakin untuk mencoba dan merasa aman ketika mencobanya adalah adanya klaim ‘sudah teruji secara klinis’.
Tujuh hari pemakaian ERHA TruWhite Activator C Serum
Well, seluruh dermatologiest yang ada di perusahaan yang menaungi ERHA adalah para ahli yang sudah paham betul perkara masalah kulit dan solusinya. Sebelum sampai ke tangan konsumen, para ahli tentu menguji terlebih dahulu perihal keamanan dan keberhasilan produk ini dalam mengatasi permasalahan kulit kusam. And, yeah, finally setelah aku coba, hasilnya sungguh memuaskan.

Hasilnya memuaskan? Seperti apa?

Aku mendokumentasikan hari demi hari saat aku rutin menggunakan ERHA TruWhite Activator C Serum, mulai dari hari pertama sampai ketujuh. As I said above, video lengkapnya bisa ditonton di Youtube Channel-ku, gangs.

Hari pertama hingga ketiga masih berjalan biasa. Mulai hari keempat, aku notice banget ada progres di wajahku: terasa sedikit licin, terlihat glowing, selalu lembap, dan jerawat kempes. I’m so surprised! Nggak nyangka ternyata ERHA TruWhite Activator C Serum ini juga membantu mengurangi kinerja jerawat yang aktif. However, klaim yang menyatakan bahwa ERHA TruWhite Activator C Serum mampu mencerahkan kulit kusam itu totally correct. Bener-bener stay true!
Hari keempat menggunakan ERHA TruWhite Activator C Serum
Akan tetapi, sensasi wajah terasa sedikit licin itu membuatku penasaran. Biasanya, wajah kalau licin itu bakalan sulit menerima makeup. I mean, makeup itu bisa ‘geser’ kalau wajah dalam kondisi licin akibat perawatan. Nah, akhirnya aku mencoba untuk membuktikan whether produk ini beneran bikin makeup bisa ‘geser’ atau enggak.
Hari keenam pemakaian ERHA TruWhite Activator C Serum
Pada hari keenam, bertepatan dengan aku menghadiri sebuah event di kota Solo, aku tentu saja pakai makeup lengkap dong, wkwkwk. 😂😂😂
Such a heavy makeup I thought, karena aku mengaplikasikan base makeup, foundation, concealer,bedak tabur, dan bedak padat, di atas produk ERHA TruWhite Activator C Serum yang aku pakai. Yahhhh, pokoknya dempul banget lah bagian complexion-nya walaupun keseluruhan makeup look-nya itu natural/flawless, wkwkwkwk! 😂😂😂

TAAAAPIIIIIII, ternyata makeup-ku masih utuh dan tetap aman, tetap stay in place, nggak bergeser sama sekali, nggak luntur!!! Akhirnya mitos kulit licin karena perawatan itu terpatahkan! Iya, memang, sensasi sedikit licin itu ada. Tapi, throughout the day wajah tetap terlihat bagus-bagus aja. Malah, selalu terlihat lebih cerah, nggak ada kusam lagi. Stay true!
Makeup masih awet dong ❤
Finally, masuk ke hari ketujuh, hari terakhir percobaan skincare dengan menggunakan ERHA TruWhite Activator C Serum. I’m proudly said that produk ini bener-bener bekerja dengan baik 
sesuai klaimnya: mencerahkan wajah dalam waktu 7 hari.

Komposisi

Ingredients: Aqua, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Trehalose, Dicaprylyl Carbonate, Dipropylene Glycol, Sodium Palmitoyl Proline, Nymphaea Alba Flower Extract, Ethoxydiglycol, Glycerin, Propanediol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Xanthan Gum, Caprylyl Glycol, Glyceryl Caprylate, Phenylpropanol, Palmitoyl Sh-Octapeptide-24 Amide, Glycolic Acid, Lactic Acid, Polyvinyl Alcohol, Palmitoyl Sh-Tripeptide-5 Norisoleucyl Sh-Nonapeptide-1, Citric Acid, Sodium Citrate, Bisabolol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Silica, Butylene Glycol, Isoceteth-10, Ethylhexylglycerin, Panthenol, BHT, Sodium Hyaluronate, Disodium EDTA, Phenoxyethanol, Sodium Metabisulfite.

Diproduksi oleh PT Genero Pharmaceuticals, Jalan Industri Selatan 1B Blok KK No.1-2 Kawasan Industri Jababeka II, Cikarang, Bekasi 17550 – Indonesia.
day cream erha
ERHA TruWhite Activator Serum & Day Cream
Komposisi utama dalam produk ini adalah Aqua, jadi nggak heran kalau produk ini cepet meresap di kulit karena water-based. Sementara itu, produk ini memiliki kandungan Active Whitening System yang berguna untuk mencerahkan.
Thank God, produk ini bekerja sesuai dengan yang aku mau. Aku ingin wajahku cerah, brighter, bukan menjadi putih. Since my skintone is tanned, aku lebih concern untuk menjaga elastisitas kulit dan kecerahan wajah. Wajah cerah dengan wajah putih itu beda, loh. And, ERHA TruWhite Activator C Serum menjawab permasalahan kulit wajahku yang kusam dengan memberikan hasil wajah cerah selama satu minggu.

Anyway, produk ini juga ada peringatan terbakar matahari:
Produk ini mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan khususnya kemungkinan kulit terbakar. Gunakan tabir surya, dan batasi paparan sinar matahari selama dan seminggu sesudah menggunakan produk ini.
ERHA TruWhite Activator Day Cream
Setelah mengaplikasikan ERHA TruWhite Activator C Serum, aku selalu melanjutkan dengan moisturizer dan sunscreen. Moisturizer di kala pagi yang aku pakai yaitu ERHA TruWhite Activator Day Cream SPF 25 PA++. Ini berguna banget biar wajah nggak jadi kemerah-merahan akibat terkena paparan sinar matahari. Setelah pake moisturizer ini pun masih aku timpa lagi dengan menggunakan sunscreen dengan merek lain. Aman-aman aja, kok. Nggak ada reaksi negatif apapun. Malah, aku merasa wajahku makin terlindungi dan kinerja skincare jadi makin optimal.

Kesimpulan penggunaan produk

  • Wajah cerah & glowing dengan ERHA TruWhite Activator C Serum
  • Dapat mengatasi kulit wajah kusam dengan ERHA TruWhite C Serum
Rate: 9/10 🌼

Berapa harga ERHA TruWhite Activator C Serum?

Sebotol ERHA TruWhite Activator C Serum ini dibandrol 180K. Bisa didapatkan di ERHA Clinic dan di ERHA Apothecary. For your information, ERHA Clinic sudah memiliki 19 cabang yang tersebar di Indonesia. Meanwhile, ERHA Apothecary sendiri udah memiliki 36 cabang yang tersebar dan biasanya dapat dijumpai di mall-mall. Produk-produk ERHA bisa dibeli tanpa resep dokter, loh. Karena sifatnya OTC (Over The Counter). Makin mudah, yaaaa.
erha di mall
ERHA Apothecary
Info lebih lanjut, bisa kepo-in aja Instagram account ERHA di @erha.dermatology dan juga website-nya di www.erha.co.id dan erhastore.co.id.

Anyway, beberapa warganet di Instagram sempat mengirimiku direct message dan bertukar kisah juga loh tentang ERHA ini. Seperti ini:
cocok ^_^
ada yang penasaran pengen beli juga ^_^
waaahh, ada yang udah jadi pengguna ERHA loh ^_^
kalo yang ini super penasaran banget :)))
yuhuuuu, makin penasaraaann :))
Nah, daripada penasaran, mendingan kamu juga pake ERHA TruWhite Activator C Serum juga, yaaaa! Nanti kita bisa sharing bareng-bareng tentang pengalaman menggunakan produk ini, guys!

See you on my next post!
Referensi:
(1) kbbi.web.id

87 komentar:

  1. Aku pernah treatment pakai produk Erha mba. Dan aku suka banget karena cocok. Aku pakai yang truwhite juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahhh, produk-produk ERHA ternyata sebagus itu ya, mbak. Aku pun cocok banget ini pake ERHA TruWhite Activator C Serum dan Day Cream. Stay True banget, deh!

      Hapus
  2. Kalau licinnya karena lembab bukan berminyak malah jadinya bagus banget buat make up ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Ternyata malah bikin makeup awet. ❤
      Wajah juga kalo disentuh kenyal gitu loh. Berasa sehat banget. ❤

      Hapus
  3. Wah jadi penasaran sm day cream nya deh. Kalo serum nya aku kurang cocok sm vit C nih

    etherealpotato

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soon aku bakal review ERHA TruWhite Activator Day Cream, beb. :*

      Hapus
  4. Aku rencana mau repurchase lagi c serum erha truwhite activator ini, selain cocok di kulit ku, ku melihat kulit ku jadi bright. Suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuihiiiiii, cocok banget ya beb berarti. Aku juga kayak ketagihan nihhhh pake ERHA TruWhite Activator C Serum ini.

      Hapus
    2. Harganya juga terjangkau untuk ukuran serum nya, love banget sama erha. Brb cobain day cream nya juga

      Hapus
    3. Betul, beb. Nyandu banget pake serumnya ERHA TruWhite Activator ini emang. Xixixiiii

      Hapus
  5. Aku pengen nyobain serumnya ini deh, kemarin habis pulang dari Klaten sempat lupa pakai sunscreen dan kulit muka malah kusam deh, sedih akutuuuuhhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cusss langsung cobain juga mbaaakk biar wajah ceraaahh merona :)

      Hapus
  6. Ternyata beneran efektif ya serumnha erha ini. Hasilnya kelihatan setelah pemakaian teratur.

    BalasHapus
  7. Aku itu lemah sama serum dan essence. Jadinya kalo lihat salah satunya, pasti aja mupeng. Dan C Serum dari Erha ini salah satu yang kepengen banget aku coba. Udah cocok sama produk-produknya bikin percaya kalo yang ini juga bakalan cocok. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahhh, pengguna setia ERHA nih mbak Nia. :)

      Hapus
  8. Kayaknya dulu pernah nyobain serum ini dan lumayan cocok, tapi berhenti sebentar karena hamil trus sampai sekarang belom pernah pake lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ERHA TruWhite Activator C Serum ini bisa dipakai untuk bumil dan busui loh, mbak. :)

      Hapus
  9. Aku belum pernah menggunakan produk ini ya Mbak jadi buat penasaran nih untuk nyobain juga

    BalasHapus
  10. Mamahku dan adikku udah nyobain beberapa produknya dari Erha ini, emang efek k kulit mereka pada bagus. Ak jd pengen nyobain yg truwhite activator serum C ini deh, glowing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuuu, mayoritas emang pada cocok pake produk-produknya ERHA, mbak.
      Aku juga surprised nihhh, ternyata ERHA TruWhite Activator C Serum ini cocok di kulitku.

      Hapus
  11. serumnya bagus banget ya beb, kalo diliat dr hasil perkembangan dimuka mu, dia efek mencerahkan tp gak memutihkan kayak pemutih gitu. pengen cobain deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, beb. Efek yang mencerahkan ini yang aku cari. Aku ngga punya rencana sama sekali buat memutihkan kulit. Yang aku butuhin ya kulit cerah tanpa kusam. Dan, bisa banget dicapai dengan menggunakan ERHA TruWhite Activator C Serum ini, beb.

      Hapus
  12. Aku makin jatuh cinta nih sama perawatan kosmetiknya Erha. Baca-baca reviewnya semua menarik. Dulu pernah make cuma sebentar banget, karena hamil saya hentikan. Saya kira bumil gak boleh make kosmetik wkatu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skincare dari ERHA ini aman untuk bumil dan busui, mbak. ;)

      Hapus
  13. Aku juga cucook beb suka deh ya sama c serum sama sunscreenn nya, gak ninggalin white cast dan kulit lembap tapi gak bikin oily

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bangettt, beb. Ahhh, iyaaa, ngga bikim whitecast! :)

      Hapus
  14. Aku sempat ngalamin wajah kusam, mba. Dan ini bikin aku nggak pede. Tapi kalau ada produk Erha kayak gini, wajah kusam bakalan bye bye jauh-jauuhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Anti kusam nih karena pake serum vitamin C-nya ERHA.

      Hapus
  15. Pas banget aku lagi cari info soal vitamin C, inget umur hehe, erha bisa jadi pilihan nih

    BalasHapus
  16. Kok aku pengen coba hahaa. Udah keracun di postingan IG mbak. Ya ampun serumku yang belum abis kudu kuapain huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkkwkkkkk, cussssss cobain juga mbakkkk :)))

      Hapus
  17. aku belum pernah coba produk Erha mbak :( padahal pengen aku tu, kayaknya aku juga butuh serum dnegan vit c gini biar nggak kusam, seharian naik motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh, pas banget, mbak. Kudu cobain ERHA TruWhite Activator C Serum ini. Terus dilanjutkan pake ERHA TruWhite Activator Day Cream. :)

      Hapus
    2. untuk krim malamnya ada juga nggak mbak yang seri truwhite ini? biar sekalian satu seri gitu ceritanya :)

      Hapus
  18. Vitamin C emang biasanya andalan banget buat mencerahkan kulit. Tapi aku pribadi belum pernah nyoba produk Erha juga sih hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukkk cobain, beb. ERHA ini recommended lohhhh~

      Hapus
  19. PAO nya cepat banget satu bulan aja. Tapi produknya bisa dipakai habis sebelum satu bulan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. I guess bisa habis dalam sebulan, beb. Soalnya dipakai setiap hari. :)

      Hapus
  20. Seneng bgt ya klo pake skinker dan cocok. Pnasarn sma serum vit c nya erha ini. Soalnya dikamu bneran kliatan bgt makin cerah hasilnya.

    BalasHapus
  21. Iyaaa aku suka banget nih serumnya. It works super well on me too! Jadi pede ga usah keluar rumah tanpa bedakan hihi. #emakemaklyfe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh, iya mbak. Aku pun sekarang kalo keluar2 rumah nggak makeupan berat. Nggak pake bedak. Cuma pake lipstick. :))

      Hapus
  22. Ini kelihatan banget ya mba hasilnya, memang lebih cerah glowing dan termasuk dalam waktu yang singkat, curious

    BalasHapus
  23. Waa jelas perbedaannya lho kak. Jadi mau nyoba juga deh buat serum dari Erha yg activator ini, karena terkadang kulitku mudah kusam juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhhh, ERHA TruWhite Activator ini bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasi kulit kusam, mbak. :)

      Hapus
  24. Irit banget ya yang Activator C Serum, cukup 1 pump untuk dioleskan ke wajah dan bisa cepat menyerap ke kulit. Penting nih buatku yang pengin memudarkan kekusaman wajah biar tampil glowing selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Skin goals-nya jadi bisa dicapai, deh. :)

      Hapus
  25. Aku belum pernah menggunakan produk-produk dari Erha ini tapi yang buat aku penasaran itu adalah tes DNA nya itu loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohhh, yang tes DNA pake alat dari ERHA itu ya, mbak. Ku juga penasaran ihhh. :))

      Hapus
  26. Makin penasaran deh sama Erha Truwhite Activator C Serum ini, soalnya beberapa temenku pada bilang mereka cocok dan kulit mereka lebih cerah setelah pakai ini. Mupeng jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhhhh, iya kan mbaaakkkkkk. Cucok meong bangetttt serum dari ERHA ini.

      Hapus
  27. wah review produknya erha nih bagus bagus ya jadi penasaran pingin cobain juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukkkk segera cobain rangkaian ERHA TruWhite Activator, mbak. :)

      Hapus
  28. Aku belom pernah coba Erha ini tapi sempet kepikiran mau coba soalnya store-nya ada di deket rumah loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh, pas banget mbak. Daripada penasaran, segera cobain aja mbak. Hihiiii~

      Hapus
  29. Aku bbrpa kali pake yg ada kandunga vit c nya tp suka ga cocok, tapi liat ini jadi tertarik pngn nyoba. Gimana atuh :"))

    BalasHapus
  30. Tambah mupeng nih sama erha truwhite activator C serum ini, karena banyak yang bilang hasilnya bagus dan cocok, huhuhuh. Di kulitku juga mudah2an cocok yah.

    BalasHapus
  31. pengen nyobain erha serum vit c ini. dari bberapa waktu yang lalu sering banget yang review ini, jadi kepo aku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cusss cobain serum vitamin C dari ERHA ini, mbak :)

      Hapus
  32. Dulu sebelum nikah pernah pakai serum ini juga dan memang bagus, aku stop karna hamil, jadi pingin lanjut coba lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw ERHA boleh dipake selama hamil dan menyusui loh, mbak. Karena klaimnya aman untuk bumil dan busui. :)

      Hapus
  33. Serumnya pas banget ya buat menghalau kulit dari kekusaman ya kak. Jadi mau coba deh, secara gampang banget kusam akutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mbak. Bisa bikin wajah cerah dehhhh~

      Hapus
  34. Mba mantap sekali keliatan perubahannya jadi pengen beli deh dan cobain hahah semudah itu aku tergoda liat yang beginian :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixxiiii, langsung capcussss beli dan cobain ERHA TruWhite Activator, mbak :))

      Hapus
  35. mbak, kandungan vitamin C di produk Erha ini berapa persen ya? Pengen deh beli yg mudah didapat tanpa harus pesan online, kebetulan serum yg kupakai skrg habis. Mudahan nanti kalau pakai ini cocok ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibeli di klinik ERHA dan ERHA Apothecary tanpa resep dokter, mbak. :)

      Hapus
  36. Betul banget sih katanya serum yang mengandung vitamin c itu bagus untuk mencerahkan kulit, duh jadi penasaran pengen nyobain ERHA TruWhite Activator C Serum ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera cobain mbak biar ga penasaram lagi sama ERHA TruWhite Activator C Serum iniii, hihiiii

      Hapus
  37. berarti selain kudu wajib rutin bersihkan wajah, saya juga kudu nyoba produk erha ini biar bs jauh2 dari kulit wajah yg kusam.. uch!

    BalasHapus
  38. aku lumayan sering lewat klinik Erha tapi belum pernah coba produknya deeh.. inii bisa dibeli bebas tanpa resep dokter kan yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, beb. Cobain aja produk yang relatif aman dipake, misalnya pelembab gitu. :)
      ERHA TruWhite Activator Day Cream juga bagus lohhh, recommended.

      Hapus
  39. Makin semangat nabung buat beli Erha, ku pengen banget wajah nggak kusam lagi. Penasaran lihat hasil yang dirimu pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixiiii, iya mak. Untung ERHA ngga mahal2 amat yaa mak, jadi ngga terlalu menguras kantong. :))

      Hapus
  40. Aku belum pernah menggunakan produk dari Erha ini jadi penasaran juga sama hasilnya untuk mengatasi kulit kusam

    BalasHapus
  41. Saya juga pakai Erha TruWhite C Serum ini, dan ketagihan deh karena bagus hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asikkkkk, sebagus itu yaaa mbak hasilnyaaa setelah pake ERHA TruWhite Activator C Serum ini.

      Hapus