[Review] Frudia Vitamin Booster – Toner Asal Korea Super Lembap

Banyak di antara kita yang masih menganggap remeh peranan toner. Dulu aku pun begitu, fellas. Tentunya saat aku masih benar-benar belum mengenal skincare dan segala tetek-bengeknya. Setelah keluar dari zona ke-jahiliyah-an, akhirnya kini aku mengerti juga hal-hal yang berkaitan dengan perawatan wajah-tubuh-rambut walaupun masih paham secuil saja. Better late than never, huh?
toner korea frudia
Frudia

Nah, kali ini aku akan membahas salah satu produk perawatan wajah berupa toner yang lagi hits, nih. Namanya adalah Frudia. Tapi sebelum berkenalan lebih dalam tentang dirinya *tsaaaaahhhhh*, alangkah lebih baik apabila kita mengetahui definisi toner terlebih dahulu.


Apa itu toner?

Menurut Wikipedia, toner adalah sebuah lotion atau cairan pembersih wajah yang bertujuan untuk menyusutkan tampilan pori-pori. Cara pemakaiannya pun bermacam-macam, bisa dengan menggunakan kapas berbentuk lingkaran, disemprotkan ke wajah, atau sekaligus dalam pemakaian masker wajah (yang mengandung komposisi toner).

According to me, menurut pengalaman pribadiku, penggunaan toner ini sedikit-banyak lumayan mempengaruhi kondisi wajah. So, produk ini tentu memiliki peranan yang penting juga untuk merawat kulit wajah, guys. Selain berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah (setelah dibersihkan dengan menggunakan sabun wajah/facial foam/face wash), toner juga berfungsi untuk membantu kinerja produk skincare yang diaplikasikan setelahnya. Agar hasil dari penggunaan serangkaian skincare ini lebih paripurna gitu, dehhhhhh.

Kenalan dulu sama Frudia

Frudia merupakan jenama dari Korea. As you guys know, Korea merupakan salah satu kiblat dalam dunia skincare. Produk-produknya sukses besar di pasaran internasional. Skin goals ala orang-orang Korea pun kerap dijadikan sebagai tujuan utama para perempuan dan laki-laki Indonesia yang melakukan perawatan rutin.
frudia brand korea
Frudia toner
Toner keluaran dari Frudia ini dinamakan sebagai vitamin booster. Poin plusnya, toner ini mendapat predikat sebagai the winner of Reddot Award 2016. Wah, kabar yang menjadi angin segar, ya!

Produknya kayak gimana, sih?

Toner ini lumayan besar dengan volume sebanyak 195 ml dan tersedia dalam bentuk botol berwarna kuning yang cantik banget. Tutupnya berwarna putih dan ada pelindung di bagian atas botol. Anyway, dusnya juga berwarna kuning. Ada seal pelindungnya juga yang menandakan bahwa produk tersebut belum pernah dibuka (it means literally new). Pada dus, terdapat berbagai keterangan produk yang tertulis dalam bahasa Inggris dan Korea. Yang bisa kubaca tentu saja pada bagian yang berbahasa Inggris, ya. Qu tydac bisa membaca aksara Hangul.

Tekstur produk ini cair, seperti toner pada umumnya. Cairannya berwarna bening kekuningan dan ada aroma jeruknya. Menyegarkan. Karena ini water based, produknya cepet banget meresap di kulit.
toner pencerah wajah
Tekstur toner Frudia

Cara pakai

Ada berbagai cara untuk mengaplikasikan produk ini seperti yang sudah aku utarakan di atas. Bisa menggunakan kapas atau langsung ditepukin di wajah. Nah, kalau aku sendiri sih lebih suka dengan cara:

  1. Letakkan produk di telapak tangan sebanyak 1-2 tetes.
  2. Gosok-gosok sebentar (di kedua telapak tangan) kemudian di-tap-tap ke seluruh wajah dan leher.

Selain irit kapas, tentu ini nggak bakalan boros produk. Lebih efisien, guys.
Aku menggunakan produk ini sehari sebanyak dua kali, yaitu pada pagi (morning skincare routine) dan malam (night skincare routine).

Hasil setelah menggunakan Frudia

Aku udah menggunakan produk ini selama dua pekan. Di aku sih lumayan cocok karena bisa membuat kulitku menjadi glowing, kenyal, dan lembap. Ditambah lagi, toner ini bisa mencerahkan kulit wajah juga. Anyway, itu memang aku pakenya cukup sebanyak maksimal dua tetes, ya. Karena jenis kulitku tuh normal to oily sehingga aku pakenya ya kira-kira aja. Kalo kebanyakan bisa timbul bruntusan, guys. However, kalo buat kalian yang punya jenis kulit kering, bisa pake produk ini beberapa tetes bahkan bisa di-layer.
brand skincare korea
Source: @frudiaindonesia
Produk ini bener-bener bisa melembapkan kulit. Dia memiliki kandungan aktif berupa Citrus Unshiu Peel Extract 86,44% dan Niacinamide 2,0%. Nggak heran yaaa produk ini bisa bikin kulit terlihat lebih cerah sekaligus bisa melembapkan kulit. Pokoknya mencegah kulit dehidrasi, deh.

Inactive ingredients: Methylpropanediol, 1-2-Hexanediol, Glycereth-26, Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Betaine, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Panthenol, Phenoxyethanol, Octyldodeceth-16, PEG-6 Methyl Ether, Ethylhexylglycerin, Glycerin, Diphenyl Dimethicone, Disodium EDTA, Fragrance, Triethylhexanoin, Water, Hydrogenated Lecithin, Polyglyceryl-10 Oleate, BHT, Coco-Caprylate/Caprate, Prunus Armeniaca (Apricot) Kernel Oil, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Citrus Paradisi (Grapefruit) Seed Oil, Mangifera Indica (Mango) Seed Oil, Punica Granatum Seed Oil, Solanum Lycopersicum (Tomato) Seed Oil, Tocopherol.

Harganya berapa?

Toner ini berada di range harga sebesar 252K. Lumayan pricey yaaaa. Tapi, ini worth to try banget karena hasilnya bagus dan botolnya gedaaayyy. Bisa dipake untuk waktu lama, nih.

Belinya di mana?

Produk ini bisa ditemukan di SOGO dan SEIBU. Kalo mo beli secara online, cek aja di Shopee dan Tokopedia, guys. Kalo mo lihat-lihat produk keluaran Frudia lainnya, bisa cek di Instagramnya (@frudiaindonesia).

Segini dulu review dari aku, yaaaa. Tertarik buat nyobain, guys?

17 komentar:

  1. Toner baru dari korea nih. Emang produk korea canggih2 yah. Jadi penasaran aku tapi lumayan menguras kantong yesh.

    BalasHapus
  2. Liat kemasannya aja seger banget yak, kebayang pas ditemplokin ke muka 🤣 kayaknya adem gimana gt

    BalasHapus
  3. ada kandungan aprikotnya masa gemes :3 tapi aku takut pake produk vitamin c huhu masih awet enggak kak sampe skrg? msh stabil?

    BalasHapus
  4. Aku selalu tertarik sama produk Korea karena bahan2nya tuh mostly aman buat kulit 🤗

    BalasHapus
  5. Produk Korea itu bagus-bagus ya, aku jarang banget sih pakai produk dari Korea, tapi penasaran juga sama Frudia ini..

    BalasHapus
  6. ya ampun...pakai dikit ajah secara rutin efeknya nyata yak. bikin hemat loh, cm beberapa tetes doank. harganya memang agak mehong tp sesuai kualitas

    BalasHapus
  7. oh ini tuh toner beb, ku kira macam essence atau serum gitu loh, pacakging nya beda dari toner pada umumnya, lucu deh.

    BalasHapus
  8. Kalau toner memang enak karena bikin seger ya mba.. aku belum pernah nih pakai yang merk ini

    BalasHapus
  9. Aku kira harganya bakal di atas 300rb loh kak, soalnya isinya lumayan banyak.. duh jadi penasaran deh pengen coba ��

    BalasHapus
  10. Browsing-browsing ini kemarin, penasaran pengen coba kebetulan dah mau habis tonerku, dan imut kemasannya hehehe

    BalasHapus
  11. harganya lumayan mba tapi kalau lihat hasilnya untuk 2 pekan udah keliatan glowing aku jadi minat deh pengen cobain hehhee

    BalasHapus
  12. lagi banyak banget nih yang pake produk Frudia Vitamin Booster Toner ini yaaa, aku jadi kepo dan penasaran banget deh pengen cobain juga, warna kemasannya juga menarik banget, kuning hehehe

    BalasHapus
  13. Saya juga baru aja nyobain serum Frudia ini yg varian pomegranate memang sebagus itu untuk kulit kering

    BalasHapus
  14. Jaman dulu, taunya toner tuh ya lanjutannya susu pembersih. Sekarang ternyata toner juga berlaku untuk produk-produk yang ditujukan sebagai awalan skincare. Lagi seneng juga nih nyobain toner, terutama yang ada vitamin Cnya gitu.

    BalasHapus
  15. Frudia toner ya mba, aku baru tahu. Keliatan banget berkualitas produknya, dari segi harga dan botolnya. Apalagi hasil setelah pemakaiannya.

    BalasHapus