3 Hal yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pandemi Covid-19

Masa pandemi akibat Covid-19 masih berjalan, bahkan hingga memasuki bulan ramadhan. Imbauan untuk physical distancing, quarantine, bahkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pun sudah digaungkan oleh pemerintah. Hal ini membuat silaturahmi setiap hari kita menjadi sedikit terhambat. Namun, bukan berarti karena hal ini terjadi, lantas kita menyerah begitu saja dan hanya diam di tempat. Bukan. Justru kita harus stay happy, live a life, dan tetap produktif seperti anthem unik yang baru-baru ini beredar dengan tajuk “Ramai Sepi Bersama”.

Sebagai warga negara yang baik, sudah semestinya kita mematuhi aturan yang berlaku. Demi kebaikan kita semua dan demi memutus rantai penyebaran virus berbahaya ini. Berada di rumah aja memang membosankan sih kalau kita nggak tahu cara yang tepat untuk menyiasatinya. Apalagi akses informasi zaman sekarang bisa dengan mudah diperoleh hanya dengan mengandalkan gawai dan internet, loh. Seharusnya rasa boring itu bisa dihempaskan dengan mudah. Malah nggak jarang kita jadi ngerasa waktu berlalu begitu cepat!
im3 ooredoo
Di rumah? Netflix-an aja!


Ada 3 hal yang bisa kita lakukan di rumah selama masa pandemi ini which is bertepatan dengan momen bulan ramadhan. Ketiga hal ini nggak jauh-jauh dari kebutuhan dasar di masa kini, yaitu gadget dan internet. Apa aja?

Membuat aneka menu untuk berbuka puasa

Sekarang nggak perlu repot untuk menyajikan menu praktis dan ta’jil untuk berbuka puasa di rumah. Kita bisa loh bikin sendiri bermodalkan resep-resep yang dibagikan di internet, either melalui video di Youtube atau artikel yang bisa dibaca.
setup roti tawar
Hasil streaming resep di Youtube

Belakangan ini aku lagi suka bikin cemilan-cemilan gitu, di samping rutin memasak menu harian. Malah suamiku excited banget tiap aku berkreasi dan menyajikannya. Langsung lahap begitu saja dan katanya sih semua bikinanku tuh enak. Wuihhh, seneng dong yaaa kalo suami ngasih compliment kayak gitu, beb? Hihiii~

Mulai dari menu cemilan sederhana, seperti salad buah, smoothies bowl, dan potato cheese stick, sampai yang lumayan ribet bikinnya, seperti donat, oreo milk bath, dan regal dessert box, itu semua resepnya udah bertebaran di internet. Jadi, gampang banget buat disontek dan dipraktikkan sendiri di rumah tanpa harus beli keluar atau pesan antar.

Menonton film di Netflix

Di samping melakukan ibadah harian secara rutin, seperti salat sunnah dan membaca Al-Qur’an, kita juga boleh beristirahat atau cari hiburan, kok. Misalnya: tidur, membaca buku, membaca artikel di internet tentang update info terkini, atau scrolling media sosial untuk mengetahui kabar dari kawan-kawan kita. Selain itu, nonton film juga bisa menjadi alternatif hiburan di kala senggang.

Beberapa waktu yang lalu, suamiku ngajakin nonton drama Korea berjudul Itaewon Class yang ditayangkan di Netflix. Ia tertarik banget, pasalnya konten yang ada di drama ini lebih condong ke arah bisnis, lika-liku perusahaan, dan ketimpangan sosial. Banyak hal yang bisa dibahas dari drama ini. Drakor tuh nggak cuma seputar kisah cinta yang menye-menye, guys. Wkwkk~ 😂
netflix
Nonton Kingdom 2 di Netflix

Ada yang bergenre horor thriller juga, loh. Judulnya Kingdom 2. Itu juga udah kami tonton lewat Netflix. Untung banget kuota IM3 Ooredoo masih banyak jadinya bisa puas banget nonton drama ini walaupun nontonnya dikit-dikit, nggak secara marathon. Bulan puasa, nih. Bagi waktu. Harus bisa menyeimbangkan porsi waktu untuk ibadah dan hiburan.

Melakukan video call bersama orang terdekat

Lagi di rumah aja bukan berarti terus nggak bisa bersilaturahmi, guys. Somehow, apa pun yang terjadi, tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi meski di tengah pandemi. Kita masih bisa bersilaturahmi secara virtual, kok. Hari gini gitu looohhh~

Kemarenan aku dan suami abis melakukan video call juga. Udah hampir sebulan nggak ketemu sama mertua dan kakak ipar, rindu rasanya. Alhasil, video call jadi solusi ampuh buat ngobatin kangen. Bisa mendengar suara dan melihat wajah beliau meskipun hanya lewat smartphone, bercanda, ngobrol-ngobrol ringan, lumayan cukup melegakan. Silaturahmi tetap terjaga walau raga tidak berjumpa.
Kalo kangen, video call aja.

Bukan rahasia lagi bahwa melakukan video call kayak gini tuh butuh modal kuota yang nggak sedikit. Apalagi kalau video call-nya cukup memakan waktu lama. Wah, pasti kebutuhan kuota yang tersedia juga harus memenuhi, dong. Untung IM3 Ooredoo menyediakan paket Freedom Kuota Harian.

Paket Freedom Kuota Harian ini bisa membantu kita untuk tetap #SilaturahmiSetiapHari dengan orang terdekat. Nggak cuma bisa video call, loh. Kuota lain yang included di paket ini juga memungkinkan kita melakukan kegiatan lain, seperti browsing dan streaming video.
Dengan harga Rp74.900,00 kita bisa mendapatkan 28 GB kuota dan bisa kita bagi-bagi untuk berbagai kegiatan, misalnya:
  • 1 GB untuk video call orangtua/mertua/saudara
  • 1 GB untuk video call temen-temen
  • 1 GB untuk meeting-up bersama komunitas secara online
  • 1 GB untuk chatting lewat social media, at least menanyakan kabar atau lainnya
  • 1 GB untuk streaming drama Korea di Netflix
  • 1 GB untuk berselancar di internet demi kebutuhan selama Work From Home (WFH) 
Banyak banget benefit dari paket Freedom Kuota Harian IM3 Ooredoo ini. Harus dimanfaatkan sebaik mungkin dong, ya. Anyway, IM3 Ooredoo bener-bener concern banget loh sama kondisi saat ini dalam against Covid-19. Sebisa mungkin kita harus stay sane, stay happy, stay calm yaa, guys. Kita memang sedang quarantine di rumah, tapi harus bisa tetap produktif. Bekerja dari rumah dan bisa menghasilkan karya tuh amazing banget, loh. Hal ini terbukti dari kolaborasi para musisi bersama IM3 Ooredoo dalam menciptakan anthem yang epic banget. Ada Yura Yunita, Kunto Aji, Sal Priadi, dan Baskara Putra (Hindia) yang menyumbangkan suara emasnya dalam lagu ini.

Lirik yang tercipta nih deep banget tapi dibawakan dengan suasana hati yang ceria. Representasi sempurna dari situasi yang sedang kita hadapi, ‘kan? Kita sedih karena nggak bisa ketemu keluarga/saudara/teman, nggak bisa mudik ke kampung halaman, nggak bisa tarawih ke masjid, nggak bisa buka puasa bersama di luar rumah, nggak bisa bakti sosial di panti, tetapi kita harus tetep kuat, harus menerima keadaan ini dengan lapang dada, harus bisa menjaga suasana hati biar tetap bahagia.

Stay happy, stay healthy!

29 komentar:

  1. Sama mbak, kalau nggak bikin menu untuk berbuka puasa ya pastinya video call ama orang2 tersayang. Kangen banget dengan mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pandemi ini bener-bener menguji kerinduan kita semua ya, Mbak...

      Hapus
  2. selama kondisi pandemic ini aku lagi seneng banget nyobain berbagai resep masakan yang belum aku cobain nih hjihihi , lagi seneng masak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bangettttt, beb! Aku super rajin banget masak sendiri nih selama di rumah aja. Nyobain berbagai menu baru.

      Hapus
  3. Sayang aku udh berpaling dari IM3 karena sering banget kecolongan pulsa ketika paket habis atau sebagainya huhu eh ditinggal dia jd membaik sebel!

    BalasHapus
  4. hampir semuanya aku coba mba Ell tapi lebih seringnya melakukan video call dengan keluarga atau teman, lebih seru, kalau nonton film aku jarang dan masak juga hampir ga pernah sekali-kali aja, kalau teleponan sama vicall sering hampir tiap hari heheh, wah ada m3 paket murah juga ya tapi belom nyobian niy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuihhhh, mantaaaapssss nih, Mbak Mei!
      Semangat selalu menjalin silaturahminya yaaa lewat telepon dan video call..

      Hapus
  5. Suamiku jg pake oredoo nih. Ktnya kuota ga abis2 🤭

    BalasHapus
  6. Selama pandemi dan di rumah aja memang ngandelin banget kuota internet yang jaringannya kuat, biar bisa online terus dan belajar serta bekerja di rumah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali, Mbak. Apalagi nih kan sekarang anak-anak sekolahnya juga di rumah. Otomatis semua kegiatan pembelajaran berpusat di rumah dan pastinya butuh koneksi internet yang stabil agar tetap terhubung dengan baik.

      Hapus
  7. Belum pernah nyobain yg IM3 oredoo ini kak, bagus ya networknya...jujur yg aku pake skrg kadang2 masih putus2

    BalasHapus
  8. Sama banget nih, aku pun selama masa pandemi ini yang dikerjakan masak, baking, nonton Netflix, update konten sama video call sama keluarga dan teman-teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata kegiatan kita sama ya, Mbak. Hihiii~

      Hapus
  9. Wah aku belum nonton nih Kingdom 2. Jadi pengen nonton juga. Di masa sekarang ini, kuota internet memang penting banget yah karena di rumah terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuota internet yang melimpah dan koneksi internet yang stabil adalah kunci, Mbak. Heheee :))

      Hapus
  10. Video call udah pasti yang kulakukan mba krn kakak dan bapakku jauh so andelin kuota deh VC bersama mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuu, Mbak... Yang penting silaturahim tetap terjaga yaaa meski sedang di tengah pandemi.

      Hapus
  11. Aku juga mbak jadi banyak waktu buat Netflix-an. Btw aku pun nonton Itaewon Class. Hehe.

    Walaupun terasa berbeda Ramadan kali ini, masih tetep bisa silaturahmi lewat video call ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Itaewon Class, trus lanjut ke serial yang lain di Netflix yaaa, Mbak. Hihiiii~

      Hapus
  12. Ngeliat kaka Elliza selalu ceria, jadi ikutan happy.
    Tips agar tetap bahagia di masa pandemi ini wajib. Karena kalau kepikiran sedikit, bisa menurunkan daya tahan tubuh.
    Serem banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhhh, bener banget nih, Oennie. Stay happy and stay healthy adalah kunci utama saat ini, deh.

      Hapus
  13. Aku juga selama di rumah aja jadi rajin belajar baking dengan modal nonton youtube. Tentunya kualitas jaringan sangat mempengaruhi ya, suka kzl kalau jaringan aku lemot huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiiii, aku baking juga lewat tutorial di Youtube, Mbak. So convenient!

      Hapus
  14. Samaan nih mbaak kita, jadwal video call sama ayah ibuk di rumah gak boleh lewat pokoknya. Untuk pelepas rindu karena ramadhan dan lebaran kali ini gak bisa pulang ke rumah huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, Kak. Sebisa mungkin tetap jaga komunikasi dengan baik karena itu hal yang utama.

      Hapus
  15. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus