Mencoba Resep Dessert Box ‘Blubuk-Blubuk’ yang Viral dan Hits

Sudah hari ke berapa kamu melaksanakan social/physical distancing atau Work From Home (WFH) akibat pandemi Covid-19, guys? Hari ke sekian pun semoga masih tetap enjoy everything di rumah dan semangat selalu dalam menjalani hari, ya. Aku yakin kita semua bisa melewati semua ini dengan sebaik-baiknya.

Well, selama isolasi mandiri ini aku sering banget melihat resep-resep cemilan unik yang dibuat oleh netizen-netizen kreatif di media sosial. Aku sama sekali nggak mencari resep-resep itu, guys. Sebagai pengguna aktif social media yang obviously setiap hari melakukan aktivitas scrolling, video atau foto tersebut berseliweran begitu saja di timeline media sosialku, terutama Twitter dan Instagram. Hmm, tentu saja hal ini bikin aku tertarik.
cemilan praktis homemade
Oreo Milk Bath

Salah satu menu cemilan yang viral adalah dessert box atau oreo milk bath. Aku awalnya melihat video salah seorang warganet yang kocak abeessss dalam melakukan tutorial pembuatan cemilan ini. Video singkat sekitar satu menit tersebut menggambarkan tahap-tahap pembuatan dessert box disertai dengan voice-over yang menggelitik. Nggak heran sih video yang beredar tersebut sampe ditonton ribuan orang (atau bahkan jutaan?). Soalnya emang bener-bener lucu!

Dilihat dari videonya, langkah-langkah pembuatan dessert box yang dilakukan ini cukup mudah. Aku langsung berniat untuk mengeksekusinya juga! Tapi, aku beri sedikit modifikasi dalam bahan-bahan yang disertakan. Sooo, berikut resepnya, guys:

Bahan-bahan:
  1. Oreo Double Stuf (137 gram isi 14 keping)
  2. Susu UHT Indomilk Full Cream Plain (250 ml alias satu cangkir)
  3. Susu UHT Ultramilk Low Fat High Calcium Coklat (150 ml alias setengah cangkir)
  4. Keju cheddar Kraft Quick Melt (dipotong sesuai selera)
  5. Tepung maizena
  6. Roti tawar klasik
  7. Susu kental manis Frisian Flag Vanilla 
  8. Agar-agar putih Satelit (1 sachet)
  9. Coklat Silverqueen
Dessert Box
Kayak gini hasilnya kalo udah jadi 😁

Langkah-langkah pembuatan:
  1. Pisahkan Oreo (biskuit dan cream-nya). Remukkan biskuit, uleg kasar aja, nggak usah lembut-lembut. Setelah itu, susun remukan Oreo di bagian dasar wadah (box). Setelah itu, letakkan roti tawar di atasnya.
  2. Letakkan susu UHT Indomilk Full Cream Plain di panci. Nyalakan kompor dengan api sedang, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Sembari susunya dimasak, masukkan agar-agar putih dan cream dari Oreo yang dipisahkan di awal tadi. Aduk rata. Setelah itu, masukkan tepung maizena sebanyak 2 sendok makan, aduk rata. Kemudian, masukkan potongan keju cheddar. Aduk rata sampai berbunyi ‘blebek-blebek’. Ya, itu tandanya sudah mendidih, guys. Segera matikan kompornya. Tunggu ‘adonan’ dalam panci tersebut agak dingin, ya.
  3. Setelah lumayan agak dingin, masukkan ke dalam box tepat di atas susunan roti tawar. Atur agar permukaannya rata. Setelah itu, bisa dimasukkan ke dalam kulkas dulu agar ‘adonan’ tersebut sedikit mengeras.
  4. Tahap terakhir adalah membuat lapisan paling atas, yaitu krim coklat. Prosesnya hampir sama dengan pembuatan ‘adonan’ sebelumnya. Baca terus sampe abis, okeeeeee?!
  5. Letakkan susu UHT Ultramilk Low Fat High Calcium Coklat 150 ml ke dalam panci, masak dengan api sedang. Masukkan susu kental manis sebanyak 1 sendok makan, tepung maizena sebanyak 1 sendok makan (biar nggak terlalu padat hasilnya nanti), dan 3 bagian/potongan coklat Silverqueen. Aduk rata sampai ‘blebek-blebek’ (lagi).
  6. Setelah matang, matikan kompor. Biarkan ‘adonan’ ini sedikit lebih dingin. Setelah itu, tuangkan ‘adonan’ krim coklat ini di box, lebih tepatnya di atas ‘adonan’ krim sebelumnya. Ratakan ke seluruh permukaan.
  7. Bagian paling atas bisa dihias dengan lempengan biskuit oreo. Optional sih. Terserah saja, sesuai selera.
cemilan homemade
Oreo Milk Bath (tampak samping)

Tada!
Seperti inilah hasilnya. Gampang banget, ‘kan?
Untuk segi rasa menurutku ini sih enak. *memuji bikinan sendiri wkwkwk* 😂😂😂
Nggak terlalu manis dan nggak hambar juga. Teksturnya juga enak, kayak perpaduan roti yang lembut dan krim coklat yang lumer. Cocok banget lah buat cemilan di sela-sela waktu senggang, apalagi pas masa-masa WFH gini. Yha khaaannnn????

Cobain bikin juga, yuk!

24 komentar:

  1. wahh saya tertarik untuk mencobanya, thanks infonya kak

    BalasHapus
  2. AKu tertarik sama namanya ((Bulubuk-BUlubuk))) :D
    Bikinnya lumayan gampang. Kayaknya anti gagal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwkkkk, soalnya aku lihat di video TikTok-nya gitu, kak. Pake kata-kata itu: blubuk-blubuk. WKkwkwkkkk

      Hapus
  3. Tertarik buat coba, buatnya simple lagi, dimasa seperti ini saya yang gak suka lama- lama didapur jadi betah coba coba buat cemilan simple

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super simpel dan gampang dibikinnya, kak. Ga perlu ribet dan ga pake lama.

      Hapus
  4. Kok namanya unik yah "Blubuk-Blubuk"
    Sepertinya seger dan lembut yah rasanya. 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwkkk, istilah aja kak biar unik gitu kedengerannya, hihiiii

      Hapus
  5. aku udah nyobain ini sama ponakanku dan mereka ketagihan duhhh duuuhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asikkkkk! Enak berarti itu, mbak. Hihiii~
      So happy keponakan2nya sukaaaa.

      Hapus
  6. Bisa di coba ini di rumah. Secara g ada kerjaan begini butuh aktivitas berarti

    BalasHapus
  7. bahan-bahannya mudah ya mba dicari dan cara bikinnya juga lumayan mudah, bisa lah aku cobain di rumah resepnya kaka, untung udah mau buka puasa ya jadi lihat ini udah tinggal nunggu bentar lagi bukanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuuu, mbak. Bahan-bahannya gampang banget didapet.

      Hapus
  8. Aku ngiler banget liatnya. Pengen cobain bikin ahhh, cara bikinnya juga ga terlalu susah. Terima kasih sharing resepnya ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukkk dibikin juga, kak. Buat temen ngemil di sela-sela minum teh ato kopi, nih.

      Hapus
  9. bahannya sederhana. pengen bikin juga ah. tapi tunggu lebaran deh bikinnya, puasa ini aku mendadak males banget ke dapur. aku catet dulu resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Gampang banget ini resepnya, langsung bisa disontek dan anti gagal.

      Hapus
  10. Bikinnya gampang ya. Sudah nyimpen resepnya juga cuma masih males eksekusinya haha.. Padahal enak buat menu buka, tapi gorengan masih mengalahkan segalanya hehe

    Terima kasih resepnya Mbak, semoga deh dalam waktu dekat dicoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak. Yuk ah dicoba bikin juga. Biar nggak penasaran sama hasil bikinannya sendiri, Mbak. Hehe

      Hapus
  11. DessrtD box blubuk blubuk..tapi aduh enaknya lihat penampakan nya.. rasa pengen nyomot aja . Mau coba bikin ah. Tks resepnya mba :)

    BalasHapus
  12. WFH sukses bikin semua jadi chef hehe.. aku belum pernah cobain bikin nih.. kayaknya menarik kalo dicobain.. anam2 pasti suka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwkkkk, iyaaa nih, kak. Aku juga jadi rajin bikin cemilan dan masakan selama WFH ini, hihiii~

      Hapus