Mencuci Pakaian Putih yang Benar Agar Bebas Noda

Banyak orang percaya bahwa pakaian putih gampang banget terkena noda sehingga warnanya berubah menjadi kekuningan bahkan cenderung keruh. Pada dasarnya nggak sulit untuk membuat pakaian berwarna putih bisa terlihat selalu putih dan bersih. Akan tetapi, akibat salah saat proses mencuci dan juga perawatannya, pakaian putih menjadi lebih mudah berwarna keruh. Nah, berikut aku kasih tips cara mencuci baju putih agar selalu cerah dan tak bernoda. Baca sampai habis, ya!

Pisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna

Saat mencuci pakaian berwarna putih, pastikan untuk memisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna lainnya. Cuci pakaian putih di bak terpisah. Make sure juga untuk menggunakan air yang bersih dan bening buat nyucinya.

pakaian putih
Credit: Pinterest


Gunakan detergen yang tepat

Usahakan untuk memilih sabun yang memang ditujukan untuk membuat pakaian tetap putih dan noda yang ada pada pakaian terangkat dengan baik. Pastikan menggunakan detergen yang tak hanya bisa buat pakaian kamu bersih, tapi juga pilih detergen yang wangi supaya kamu nggak perlu pake pewangi pakaian biar aromanya tetap wangi dan segar.

Gunakan cairan pemutih pakaian

Sesekali, cobalah untuk merendam pakaian putih dengan cairan pemutih. Agar cairan pemutih nggak merusak pakaian, sebelum memasukkan pakaian ke dalam air berisi cairan pemutih, make sure untuk mencuci pakaian putih dengan detergen terlebih dahulu. Kalau udah agak bersih, masukkan cairan pemutih. Rendam pakaian kira-kira 5-10 menit aja, terus cuci lagi pakaian putih tersebut dengan detergen. Cuci seperti biasa dan bilas dengan air bersih.

Soklin Royale
Credit: royalebysoklin

Gunakan pewangi dan pelembut

Selalu gunakan pelembut pakaian agar pakaian menjadi awet lembut. Salah satu pewangi pakaian terbaik yang bikin pakaian menjadi lembut dan wangi adalah Royale Soklin. Pewangi ini mempunyai berbagai varian dengan aroma khas parfum mewah yang bisa dipilih sesuai selera. Pakaian menjadi segar dan wangi sepanjang hari. Beragam varian mewah Royale Soklin selengkapnya bisa dicek di royalebysoklin.com

Mengeringkan baju putih

Biar pakaian putih tetep awet dan nggak gampang rusak serta warnanya tetap cerah, keringkan pakaian putih yang selesai dicuci di tempat yang teduh. Pakaian putih cukup dikeringkan di tempat yang berangin, nggak perlu dipanas-panasin di bawah sinar matahari secara langsung. Usahakan untuk nggak mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari langsung karena hal ini bisa membuat pakaian mudah rusak dan kainnya lebih mudah rapuh.

Itu aja tips-tips dari aku untuk menjaga pakaian berwarna putih biar tetap terawat dan bagus. Semoga bermanfaat, ya.

See you on my next post!

14 komentar:

  1. Wah makasih ya tipsnya! Agak cukup ribet ya kalau cuci pakaian warna putih, jadi berkali-kali gitu nyucinya. Tapi gakpapa deh demi tetap mentereng putih dan bersih ya kan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa. Memang agak effort dalam proses cucinya. Tapi, worth it laah sama hasilnya yaaa, Kak.

      Hapus
  2. pakaian putih tuh peer banget mba, walau sudah pakai pencuci pakaian khusus pakaian putih tapi tetap kekuningan karena air di daerahku ga bagus hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, air juga jadi faktor utama perubahan warna pakaian putih ya ternyata, Mbak. Emang tricky banget nih kalo ngurus baju-baju yang warna asalnya putih.

      Hapus
  3. aku juga lagi pakai royale soklin mba, suka banget dengan wanginya awet banget, karena aku tuh malas banget angkat jemuran jadi kadang tuh wl sudah kering tapi bisa 2 sampe 3 hari bajunya masih di jemuran sampe pas mo nyuci lagi baru nurunin baju2 itu.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkk, agak reluctant ya mbak buat nurunin baju-baju dari jemuran, wkwkkk

      Hapus
  4. Makasih tipsnya kak. Ngomong2 ttg royale so klin, dia ada varian apa aja ya? Teus aromanya yg recommended yg mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak banget, kak. Bisa dilihat di website-nya Soklin Royale. Kalau yang recommended sih ini tergantung selera yaaa.

      Hapus
  5. Yang tantangan tuh kalau baju putihnya juga ada beberapa aksen warna.
    Tapi kalau pewangi, tanpa ragu memilih Royale So Klin. Karena wanginya tahan lama dan mebuat baju selalu segar.

    BalasHapus
  6. kemarin aku rendem pakai pemutih trus baunya gak ilang-ilang sampai sekarang hahaha padahal udah direndem pewangi ada lagi sejam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kok kalo pemutih baju tuh baunya lumayan tajem ya, mbak. That's why, butuh pewangi juga buat menetralisir aromanya.

      Hapus
  7. emang deh paling males kalau baju putih kena noda. susah banget ngilanginnya. punya baju putih tuh harus extra hati-hati bersihinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrrrr banget, Teh. Beberapa hari yang lalu kaos putih suamiku juga kena percikan kopi, ngilanginnya effort jugaaa.

      Hapus