Investasi untuk Pemula bersama BukaReksa - Aman, Mudah, dan Terjangkau


Literasi finansial sudah seharusnya digalakkan saat ini, mengingat kemajuan zaman dan pergerakan roda perekonomian terus berkembang dan progresif. Mau tidak mau, kita harus dapat berjalan beriringan mengikuti irama globalisasi. Membicarakan bab keuangan dan penghasilan sejatinya bukan hal yang tabu lagi. However, apparently literasi finansial ini belum sepenuhnya dipahami oleh semua kalangan. Ada beberapa orang yang masih merasa ragu dan malu to be open-minded about this financial thingy. Merasa asing sehingga tidak butuh untuk mengetahui dan menindaklanjutinya menjadi akar dari keengganan bergerak. *well, okay, bahasanya sudah mbulet*
Seminar Reksadana
Beberapa waktu yang lalu, PT BNP Paribas Investment Partners dan Bukalapak menyelenggarakan Seminar Reksadana – Produk Investasi Aman, Mudah, dan Terjangkau di Hotel Alila Solo. Acaranya dibuka untuk umum (siapa pun bisa join) dan gratis. Tentunya ini sangat valuable dan dapat membuka mata masyarakat mengenai pentingnya berinvestasi di masa kini. Bagi netizen yang masih having zero knowledge about those things seperti aku, acara ini of course menambah wawasan dan menyadarkanku untuk keeping an eye perihal investasi. Selama ini, banyak orang yang menganggap investasi itu hanya dilakukan oleh kalangan tertentu (orang berduit a.k.a. konglomerat) atau orang-orang yang sudah lanjut usia demi menghadapi masa tua (udah pensiun, udah nggak kerja). But, salah besar! Investasi itu justru harus dilakukan sejak dini.
💲
Ada dua pembicara yang dihadirkan di Seminar kali ini, yaitu Vivian Secakusuma (Manajer Investasi BNP Paribas) dan Hafizh Asri (Investment Solutions Manager Bukalapak) dan dimoderatori oleh Solihin (Kepala Pengembangan Kebijakan Investasi). Kedua pembicara sama-sama memperkenalkan profil dari masing-masing perusahaan dan memberikan insight tentang reksadana.
💰

Mengenai BNP Paribas dan BukaReksa
PT BNP Paribas sendiri merupakan salah satu manajer investasi terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak 1992. Berbagai penghargaan pun sudah disabet oleh BNP Paribas selama tahun 2018 ini, antara lain Asset Management Company of the Year 2018, Islamic Asset Manager of the Year 2018, dan Best Islamic Product 2018. Kredibilitasnya sudah tidak bisa diragukan lagi, indeed. Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terdapat 90 manager investasi, salah satunya adalah BNP Paribas.
Then, Bukalapak kini juga bukan sekadar e-commerce biasa. Bukalapak merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang menjadi perpanjangan tangan para investor untuk berinvestasi melalui BukaReksa. Proses yang mudah dan sederhana menjadi jargon utama BukaReksa. Dalam waktu kurang dari 5 jam, terhitung dari proses awal registrasi, kita sudah bisa melakukan transaksi dimulai dari dana minimum sebesar Rp10.000,00!
Bayangin, dong. 10K biasanya buat beli gelato satu scoop, ini malah bisa buat investasi reksadana. Wagelaseh! Plus, BukaReksa ini diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nggak perlu khawatir lagi kalau kita berinvestasi di BukaReksa. Dijamin aman dan duitnya tetap jadi milikmu. Don’t have any anxiety issues, please.
Dalam pemaparan Vivian dan Hafizh, keduanya sama-sama menyebutkan tentang perbandingan reksadana vs tabungan, serta penjelasan lebih lanjut mengenai ‘high risk, high return’ alias ‘high gain, high risk’. Yeaaaahhh. Sudah hukum alam sih sebenernya bahwa makin tinggi yang dihasilkan, makin tinggi pula risikonya. Kalau mau enaknya sendiri semacam pengen dapet duit banyak dengan risiko yang minim, itu hanya mimpi, Ferguso.
💱
Reksadana sendiri banyak keuntungannya ketimbang menyimpan duit secara konvensional dengan cara menabung di bank. Nilai tabungan cenderung turun karena tergerus oleh inflasi dan biaya administrasi bank.
Yah, actually dari perbandingan di atas terlihat sisi plus dan minus-nya (((Karena di dunia ini tidak ada yang sempurna))). Secara risiko, jelas investasi (reksadana) berisiko tinggi. Tapi, untuk jangka panjang investasi (reksadana) lebih menjanjikan karena nilai bisa bertambah.
👜
Lalu, kenapa harus memilih BukaReksa?
Nice question! Ada beberapa pertimbangan why we should take part of it. Berdasarkan pemaparan Hafizh, ada lima alasan kita harus memilih BukaReksa sebagai jalan untuk berinvestasi.
  1. Imbal hasil yang menarik dan likuid.
  2. Investasi yang ekonomis.
  3. Minim risiko.
  4. Tidak ada biaya transaksi.
  5. Kemudahan bertransaksi.
Ada satu kalimat yang langsung mengguncangkan isi kepalaku:
“Masa depan harus dipersiapkan sejak dini, salah satunya melalui investasi.”

Sebagai generasi millennials yang hidup di era post-modernism, investasi bukanlah hal tabu. Investasi sudah semestinya diterapkan sejak dini. Literasi finansial sudah harus dimapankan sejak dini. Keseimbangan hidup dengan perekonomian yang stabil adalah kunci kesejahteraan. *omong opo to, ell? -_-*
Eh, tapi iya, loh. Kalau kita minim pengetahuan tentang keuangan, zero insight tentang finansial, buta informasi tentang perekonomian, bagaimana kita bisa mengatur cara yang tepat dalam mengelola keuangan?
Padahal banyak sekali tujuan/target/kebutuhan yang tentunya harus kita penuhi di masa yang akan datang. Hidup jangan sesembrono itu, Rosalinda. That’s why kita perlu tahu pentingnya berinvestasi.
💰💰💰💰💰

Tips Investasi dari BNP Paribas
Vivian memaparkan beberapa tips dalam berinvestasi. Ada lima hal, sebagai berikut:
  1. Tentukan tujuan dan jangka waktu investasi.
  2. Tentukan profil risiko.
  3. Pahami produk investasi yang dipilih.
  4. Pastikan produk investasi yang dibeli aman dan diawasi oleh OJK.
  5. Monitor kerja investasi.
Poin nomor 4 sangat jelas dan BukaReksa sangat recommended untuk dipilih sebagai jalan untuk berinvestasi karena aman dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Bersama dengan #BloggerSolo
Sudah lebih dari 150.000 investor bergabung bersama BukaReksa. Kamu kapan?

2 komentar:

  1. Aku baru tau ada bukareksa. Penasaran dong jadinya. Brb bikin akun :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba, makcin. Ntar abis itu kasi tau aku yaaaaaakkk.
      wkwkwkwkwkk~

      Hapus