Purbasari Influencer Academy 2018 at Yogyakarta – Amazing Experience


Hotel Santika Premiere Yogyakarta menjadi saksi keseruan acara Purbasari Influencer Academy (PIA) 2018 yang dihelat pada Sabtu, 3 November 2018. Acara ini merupakan ‘kuliah’ untuk para influencer dalam menapaki jenjang karir sebagai seorang influencer atau sosok yang membawa pengaruh di kalangan masyarakat, either di dunia maya atau di dunia nyata. Namun, influencer yang ditekankan di sini lebih fokus di bidang fashion & beauty.
credit: Purbasari Indonesia
Aku merasa beruntung bisa turut serta di acara ini karena begitu banyak pengalaman berharga sekaligus bekal yang sangat berguna di masa yang akan datang. Satu hari serasa bukan waktu yang cukup untuk mencerna semua ilmu yang diperoleh kala Sabtu itu yang bisa dibilang seharian penuh karena acara berlangsung pukul 08.00-15.30. Meanwhile, aku sendiri berangkat pukul 07.00 dan pulang sampai rumah sekitar maghrib, sebab aku menempuh perjalanan yang cukup jauh. Yekan Klaten ke Jogja enggak deket, buk. Untung aja naik motor sehingga bisa menembus kemacetan Jogja dengan lihai dan cekatan, huahahahaaaa~ *apaan sih ell*
Sebelum masuk ke venue, para peserta dipersilakan untuk berfoto di photobooth terlebih dahulu kemudian di-posting di Instagram. Berhubung memang dasarnya suka foto-foto, para peserta langsung gercep berpose lah yawww!!
Contohnya kayak begini 😁
Lalu, bisa bersiap untuk masuk ke ruangan dan menikmati acara demi acara~
💞
Acara dipandu oleh dua MC yang sangat kocak dan bersemangat! Suasana selama acara tuh jadi cair dan menyenangkan. Nggak terasa bosan sama sekali. Seneng banget malah! Seperti inilah urutan acaranya:
  1. Pembukaan
  2. Sambutan
  3. Writing Class
  4. Photography Class
  5. Ishoma
  6. Makeup Class
  7. Games, Challenge, Best Photo, Best Dress
  8. Penutup

Pembukaan
Bersyukur sekali bisa dipertemukan di acara spektakuler ini, mengingat hanya peserta terpilih saja yang bisa join. Aku sendiri merasa sangat beruntung bisa berkumpul dengan peserta VIP yang bekerja sama dengan komunitas Jogja Bloggirls. Duduknya di jejeran paling depan sehingga bisa memperhatikan materi dengan seksama. Di bagian Pembukaan ini, dua pemandu acara menjelaskan tata urutan acara yang berlangsung kala itu. Penyampaiannya santai, nggak terlalu serius apalagi sepaneng. Karena apparently menyenangkan sekali kalau acara dilaksanakan dengan suasana santai dan ceria seperti ini. Menjadi pribadi yang menyenangkan itu tidak sulit. Cukup dengan bersikap santai, komunikatif, dan ceria, suasana yang cair dan mengeluarga bisa terbangun.

Sambutan
Sambutan pertama diberikan oleh pihak Purbasari, selaku penyelenggara acara Purbasari Influencer Academy 2018. Dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan dari komunitas Jogja Bloggirls. Lalu, ada pula sambutan oleh Kapolsek Keraton Jogja, seorang polwan yang eksentrik dan inspiratif. Sungguh menyenangkan bisa bertemu dengan orang-orang yang interaktif seperti mereka. Kemampuan public speaking-nya udah nggak bisa diragukan lagi karena pastinya udah sering melakukan welcoming speech di mana-mana. Satu pelajaran untukku: perdalam dan asah kemampuan public speaking. Aku masih kerapkali nervous tiap kali berbicara di depan umum. Harus mulai dibiasakan untuk membangun rasa percaya diri agar bisa menyampaikan kalimat dengan baik dan lancar sebagai bagian dari public speaking.

Writing Class by Anunk Aqeela
Di sesi ini aku merasa seperti ada di kelas ESQ. Banyak pesan dan quotes menarik yang disampaikan oleh Anunk Aqeela. Beliau adalah seorang fashion designer dan entrepreneur, serta menggeluti bidang kepribadian sebagai seorang trainer. Kelas semacam ini penting, loh! Sebab sangat berkaitan erat dengan personal branding sebagai seorang influencer atau public figure. Nah, bab personal branding-lah yang ditekankan oleh beliau di sesi ini.
PIA 2018 - Anunk Aqeela
Definisi personal branding menurut Anunk Aqeela:
“Kualitas spesifik individu yang dikenal, dipercaya, dan diikuti oleh masyarakat luas atau beberapa pihak tertentu.”
Untuk bisa dikenal oleh banyak orang, tentu ada satu atau beberapa hal yang melekat pada diri seorang influencer sehingga bisa dijadikan sebagai identitas atau ciri khas. Hal itulah yang dinamakan passion. Menurut Anunk Aqeela, passion adalah sesuatu yang dilakukan berulang kali tanpa bosan. Beliau memberi contoh dirinya sendiri yang memiliki passion dalam menjahit. Beliau suka memilih kain, mengukur kain yang akan dijahit, membentuk pattern, menjahit dan memberi aksen di sana-sini. Dan, itu semua dilakukannya tanpa bosan.

Begitu pun layaknya seorang influencer. Kalau memiliki passion di bidang tarik suara, ia akan berlatih menyanyi setiap hari, setiap saat, tanpa bosan. Aku sendiri memiliki passion di bidang makeup dan blogging. Oleh karena itu, aku suka melakukan kreasi makeup kemudian membagikannya di media sosialku. Selain itu, aku juga dipercaya untuk merias orang lain, sehingga aku pun memberanikan diri untuk menjadikannya official sebagai seorang Make Up Artist (MUA). Menulis juga merupakan passion-ku. Aku tidak pernah menemukan rasa bosan ketika menulis. Lalu, aku tuangkan dalam bentuk postingan di blog pribadi. Honestly, aku sudah mulai mengenal dunia blogging sejak 2008. Namun, aku baru mulai aktif dan ‘serius’ di dalamnya beberapa tahun terakhir. Sangat disayangkan memang. Tapi, semua sudah berlalu. Ya, sudahlah.
Ke depannya yang terpenting adalah harus tetap semangat and keep grinding! Seperti pesan Anunk Aqeela, “Jalan terus, usaha terus, berinovasilah!”

Photography Class by Natasha Estelle
Zaman sekarang semua orang gemar membagikan foto-fotonya di media sosial, entah potret diri, lingkungan sekitar, hewan peliharaan, dan lainnya. Namun, alangkah baiknya bila hasil foto itu memiliki taste yang menjadi ciri khas fotografi masing-masing. Di kelas ini aku mempelajari semua hal tentang fotografi. Adalah Natasha Estelle yang menjadi pembicara. Banyak sekali portofolio beliau yang membuktikan bahwa beliau adalah seorang fotografer profesional yang sudah tentu expert di bidangnya. Beliau pun sudah menggeluti dunia fotografi sejak masa sekolah. Jadi, banyak asam garam yang telah dilalui olehnya.
PIA 2018 - Natasha Estelle
Sebenarnya pemaparan oleh beliau ini cukup jelas dan mudah dipahamii. Hanya saja, banyak istilah-istilah fotografi yang belum pernah kudengar sebelumnya. Well, aku memang zero knowledge banget nih tentang dunia fotografi. That’s why masih banyak istilah yang aku belum paham. Natasha Estelle lebih banyak memaparkan tentang tips dan trik dalam taking picture. Lebih ke tekniknya. Dan, tentu saja media yang digunakan adalah kamera. Padahal aku belum punya kameraaaaaaa. *menangis di pojok kamar*
Tapi, jangan sedih. Beliau juga memberi pemaparan tentang teknik pengambilan gambar dengan menggunakan kamera smartphone, kok. 
*bernapas lega*
*menari bahagia*
Ada dua tips dari Natasha Estelle dalam mengambil gambar dengan menggunakan kamera smartphone:
  1. Lighting-nya disesuaikan. Mau redup ataupun terang, sesuaikan saja. Tergantung tujuan pengambilan gambar.
  2. Gunakan reflektor warna putih atau hitam. Keduanya akan memberikan efek di gambar dan mempengaruhi lighting. Kalau menggunakan reflektor warna hitam, cahaya akan terserap/teredam dan itu akan memberikan efek ‘bayangan’ di tepian objek.
Hasil flat-lay photo-ku 😁

Natasha Estelle juga menanggapi perihal hasil-hasil foto yang tampak monoton. According to her, monoton bukanlah sesuatu yang dihindari. Justru itu bisa dijadikan trademark atau ciri khas hasil pemotretan seseorang. Saran dari beliau, perbanyak practice agar bisa mengembangkan taste yang dihasilkan dari foto yang diambil. Karena pada akhirnya, taste-lah yang berbicara pada suatu foto.
Kenapa Photography Class ini juga diadakan di acara PIA 2018? Seorang influencer erat kaitannya dengan potret diri dan apa pun mengenai dirinya di masyarakat. Di masa kini, media sosial menjadi sarana yang bagus dalam menampilkan personal branding. Untuk mendukung semua itu, diperlukan ilmu yang mumpuni juga dalam bidang fotografi. That’s why wawasan mengenai fotografi ini sangat penting dan menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari seorang influencer.

Ishoma
Sudah tengah hari, saatnya istirahat sejenak. Waktu istirahat ini bisa dialokasikan untuk makan dan sembahyang. Aku selalu sangat mengapresiasi suatu pihak penyelenggara acara yang tepat waktu dalam memberikan kesempatan untuk istirahat, makan, dan sembahyang tentunya. Sometimes, ada beberapa penyelenggara yang tidak memperhatikan hal ini sehingga ada kalanya ketika sudah memasuki waktu sembahyang (atau makan siang) acara masih tetap berlanjut. Ini tentu akan bikin gelisah. Selain karena kelaparan (wohhh yha jelas apalagi aku ini tipikal mudah muring-muring kalau lagi laper wkwkwk 😂😈), fokus jadi terpecah akibat gelisah takut-takut keburu kehabisan waktu salat. Lagipula, setelah pikiran diforsir sejak pagi, harusnya siang diberi jeda untuk break sejenak.
 Purbasari top dalam hal ini. Jeda istirahat bisa jadi sarana untuk menyegarkan pikiran, memulihkan tenaga, dan menikmati santap siang. I deeply appreciated it. *standing applause*
Seluruh peserta dipersilakan untuk menikmati santap siang di Restoran yang masih menjadi bagian dari Hotel Santika Premiere. Berbagai menu disediakan dan komplit! Mulai dari snack, makan besar berupa lauk dan sayur, pecel, pudding, es dawet, cake, buah-buahan, dan banyak lagi. Aku nggak sempet ngicipin satu per satu karena lambungku cuma satu dan kapasitasnya sungguh sempit. Diisi makanan sedikit aja langsung kenyang (padahal 3 jam kemudian laper lagi). But, it’s okay. As long as mengikuti sunnah Rasul dan memiliki gaya hidup sehat, itu sudah cukup. *omong opo ell?*
Selanjutnya, bagi yang mau sembahyang, ada mushola yang letaknya nggak jauh dari venue. Cuma sepelemparan batu lah. Sudah disediakan mukena juga. Tempatnya bersih. Oh, iya. Tempat untuk berwudhu pun tertutup dan terpisah sesuai gender. Love! 💙
Jeda waktu istirahatnya pas banget. Nggak kelamaan dan nggak kecepetan. Acara dimulai lagi sekitar pukul 13.00.

Makeup Class by Inivindy
Ini merupakan sesi penting juga bagiku, mengingat aku juga berkecimpung di dunia makeup sebagai Make Up Artist (MUA). Banyak sekali bekal ilmu yang ditransfer oleh Inivindy kali ini. Komplit, banyak banget. Nggak tanggung-tanggung, bahkan Inivindy membuka sesi tanya-jawab ketika proses makeup sang model sedang berlangsung.
Terpampang nyata di layar 😎
Beberapa ilmu yang aku peroleh:
  • Cara menggunakan contour cream yang tepat.
  • Bedak dengan shade gelap bisa digunakan sebagai contour powder.
  • Cara bikin alis yang tepat.
  • Cara mengaplikasikan foundation atau BB cream agar terlihat halus.
  • Eyeliner pen milik Purbasari adalah eyeliner terawet dan warnanya hitam legam.
  • Trik jitu mengaplikasikan eyeshadow untuk kelopak mata kanan dan kiri yang berbeda.
  • Makeup hack: menggunakan lipstick sebagai cream blush.
  • Dan banyaaaaakkk banget
PIA 2018 - Inivindy
Dari Inivindy juga aku juga jadi tahu beberapa produk rekomendasi beliau yang amat bagus kualitasnya, yaitu eyebrow pencil, pen eyeliner, lip cream, lipstick metallic, dan BB cream. Seluruh produk tersebut sudah diakui oleh Inivindy sebagai produk terbaik, lebih-lebih untuk ukuran local brand. So amazing!
💛
Hasil makeup-ku dengan coach dari Inivindy
Di samping itu, beliau memberikan tips dalam membuat video yang diunggah di Youtube. As you guys know, Inivindy juga seorang beauty vlogger dan beauty blogger, nggak cuma MUA. Lalu, beliau juga memberikan pencerahan dalam menanggapi haters. Yeah, dalam segala hal, pasti ada dua jenis orang yang memberikan reaksi, baik atau buruk. Kuncinya ada di diri kita. Oleh sebab itu, cara-cara dalam menanggapi semua hal itu harus dikuasai.
👊
Ternyata menjadi seorang influencer itu tidak mudah, ya. Ada banyak hal dan kesiapan yang harus dikuasai. Tenang saja. Seiring berjalannya waktu dan seiring dengan kita mengembangkan diri, semua hal tentu dapat kita lalui dengan baik.

Games, Challenge, Best Photo, Best Dress
Ada banyak games dan challenge, antara lain:
  • Menyebutkan shade warna lipstick Purbasari.
  • Menyebutkan shade lip cream favorit Inivindy.
  • Menirukan gaya Inivindy ketika memberikan opening di video Youtube-nya.
Kemudian, di sini juga diumumkan para peserta yang berhak memenangkan best photo (challenge saat di sesi Writing Class dan Photography Class). Namun, sayang, ada salah satu peserta yang hadiahnya ditunda dulu penyerahannya dikarenakan ia terpaksa meninggalkan acara lebih dulu (kerabatnya ada yang meninggal, RIP). Tapi, sesi tetap berlanjut.

Ada salah satu peserta yang memenangkan best dress dan benar-benar mewakilkan penampilannya yang totalitas banget. Ala-ala vintage gitu dengan poni melengkung dan tahi lalat palsu.
Then, ada peserta yang berhasil memenangkan hadiah berupa ringlight! Ia menang dalam makeup class karena makeup-nya unik. Nuansa pinkish dengan alis warna pink itulah yang bikin dia hoki. So, foto before-after-nya kelihatan manglingi banget. Wahhhh, selamat!
Penutup
Acara ditutup dengan foto bersama. Rasa syukur tetap melimpah atas suksesnya keseluruhan rangkaian acara dengan baik. Bener-bener seru, inspiratif, banyak ilmu yang diperoleh, banyak hadiah, dan ini semua gratis! Sungguhlah Purbasari ini baik sekaliiiiiii!! 💖💖💖💖💖

So far nggak ada brand lokal lain yang seberani Purbasari yang sanggup menyelenggarakan acara dengan skala besar seperti ini. Anyway, acara ini berlangsung di beberapa kota di Indonesia, antara lain Surabaya, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Jakarta, dan kali ini Yogyakarta. Bahagia banget rasanya bisa joined di acara bergengsi ini!
Salah satu hal lagi yang membuatku merasa beruntung adalah aku berkesempatan untuk foto bareng beauty blogger junjunganku, yaitu Inivindy! Mo nangis rasanya pas bisa lihat langsung, berdiri di samping Inivindy, berpelukan, dan foto bareng. Hwaaaaa!!! *terharu parah* 😭😭😭
Terharuuuu bisa foto bareng Inivindy 😭😭😭 I'm your biggest fan, Mbak Vindy!!!!!
Lalu, aku juga dimintai tolong oleh panitia penyelenggara untuk memberikan testimoni atas acara PIA 2018 ini. Wah, aku bersedia banget! Namun, sayang, namun, karena aku terlalu excited dan heboh dan bahagia dan senang dan riang gembira dan sebagainya, aku belibet juga dalam berkata-kata. Udah ngomongnya cepet, ribet banget pula, intonasinya nggak jelas. Huhuuuu, malu aslinya! (biasanya malu-maluin padahal) Yaudahlahyaaaaaaa~
Acara berakhir dan saatnya pulang. Alhamdulillah.
Aku mendapat goodie bag dari Purbasari berupa satu bedak (Oil Matte Control Compact Powder) dan dua lip products.
Isi goodie bag
Aku sudah memberi ulasan mengenai compact powder ini di postinganku sebelumnya. Kalau mau baca, bisa klik aja di bawah ini:


Terima kasih, Purbasari! Aku rasa terima kasih saja tidak cukup, tapi aku tidak sanggup lagi untuk mengatakan hal lain selain terima kasih, beribu terima kasih. 💙
Purbasari telah memberiku pengalaman berharga dan menjadi wadah yang tepat bagi para influencer agar bisa behave dalam berinteraksi serta mempertahankan eksistensi di dunia maya dan nyata.
Sukses terus, Purbasari! Jaya selalu sebagai brand lokal berkualitas! Semoga bisa segera mendunia dengan produk-produk yang terkenal ke seluruh penjuru dunia!

Purbasari, thank you. I love you. 💖

36 komentar:

  1. Seru banget bisa ke acara ini. Waktu itu telat liat bannernya jadi ga bisa ikutan huhu sedih akutu next time deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga next time bisa ikut ya beeeebb ❤❤❤
      Aku pun pengen ikutan lagi. Seru banget acaranyaaa. Nagih banget! ❤❤❤

      Hapus
  2. Whaaaa seru bangeeet, waktu diBandung aku tdk ikut gara2 ada suatu hal jd bentrok waktunya huhu . Btw produk2 purbasari ini lumayan juga yaa untuk daily dan ukuran fondi yang murah banget tapi hasilnya masih flawless aku sukak bgt beeb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuuu sayang banget yaaaa :(
      Semoga next time bisa ikutan ya beb ❤
      Produk-produknya Purbasari ini ternyata emang sebagus itu, beb. Aku juga suka BB cream dan lipcream-nya. ❤

      Hapus
  3. waaaah ada vindy, favorit banget sama beliau, dan baik banget mau follback IG aku yang cuma remahan ini <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, mbak Vindy emang humble banget, ramah, baik banget ❤❤❤
      Terharu banget bisa ketemu dan foto bareng huaaaaaa 😭😭

      Hapus
  4. wahhh asik banget ya..
    aku juga sempat ikut PIA di bandung dan acaranya super seru banget ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaaaannn~
      Seru banget!! Pengen bisa ikutan lagi kalo next event diadakan lagi ❤❤

      Hapus
  5. Ini vindy ramaaah ya.. kalau kumpul bareng para beauty influencer memang pasti seruuu dan heboh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru bangetttt! Pecaaaahhh pokoknya, mbak!! ❤❤❤
      Pengen banget mengulang momen itu lagi rasanya. ❤

      Hapus
  6. Ku baru tau purbasari ada academy nya ku juga mau ikutan... ini bakalan ada di setiap kota gitu kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kota-kota besar, beb. Kayaknya baru tahun ini diadakan event academy gitu. Semoga next event bakalan lebih sering dan kesebar di berbagai kota. ❤

      Hapus
  7. Mbaa, tulisannya lengkap dan detail bangett. Jadi berasa ada di acaranya. Hehehe. Aih senangnya dapat banyak ilmu daari Vindy ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwuwuwwww, makasih mbaaakk *sending lotta kisses* 😘😘😘😘😘
      Seneng banget banget banget bisa ketemu mbak Vindy 😍😍😍 Mo pingsan rasanyaaaa 😂😂

      Hapus
  8. Before After beda ya mba. Artinya seluruh kosmetiknya coverage di wajah. Acara kemarin di Jakarta aku pas agi liburan sama keluarga jadi ngga bisa ikutan deh. Nyesel juga deh ih, karena itu seru banget pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga next time bisa ikutan ya, mbaaaak ❤❤❤
      Acaranya super bermanfaat banget ❤❤❤

      Hapus
  9. Purbasari tu memang berkembang banget sekarang produknya ya, bagus bangeet dan harganya itu lho affordable, seru banget ya beb acaranya ingin juga deh ikutan acara gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga next time bisa ikutan ya beb ❤❤❤

      Hapus
  10. iri deh sama kamu kamu yang bisa dateng ke acara ini, kayaknya super seru dan banyak ilmuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga next time bisa ikutan juga ya beb ❤❤❤
      Acaranya seru banget dan banyak benefit-nya. ❤❤❤

      Hapus
  11. Eventnya seru banget ya, duh pengen ikutan juga event Purbasari, berharap Ada juga di Palembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga next time diadakan juga di Palembang ya mbak. Aku pun pengen ikutan lagi kalo besok diadakan di Jogja hehe :)

      Hapus
  12. Padahal Eny pengen banget ikut ini... Tapi sayang kemaren kota tujuannya blm ada Banjarmasin hiks
    Moga tahun depan ada deh yaaa

    Enychan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Banjarmasin. Semoga next time bakalan diadakan di sana juga ya beb. ❤

      Hapus
  13. Rangkaian acaranya seru bangettt ya Mba, aku juga pernah coba produk BB Cream nya, jadi penasaran mau coba produk lainnya dari purbasari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus-bagus banget mbak produknyaaaa ❤❤❤❤
      Patut dicobain satu per satu memang ❤

      Hapus
  14. Seru banget acaranya, yang aku pengen cobain dari Purbasari itu bedaknya yg keluaran terbaru. Asli banyak yg bilang bagus, makanya mau cobain, mana harganya murah juga lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedaknya yg oil control matte udah aku review juga loh beb di sini. ❤
      Sebagus itu beneran gak boong. ❤

      Hapus
  15. Seru banget acara ini ada kelas menulis dan fotografi nya. Aku baru tau tentang perlunya reflektor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heum, mbak. Ternyata reflektor sepenting itu. 😂

      Hapus
  16. Lengkap amaaat ilmunya mbak. Makasih udah sharing :D Andai kelas ini ada di Bogor, aku pasti ikuuut! Ketemu inivindy jugaaa hehehe. Seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mbaaak ❤
      Wah, semoga bisa ikutan ya mbak. Unforgettable banget pokoknya, dan berkesan bangettttt 😍😘

      Hapus
  17. udah berkali-kali baca cerita blogger tentan acara purbasari academy ini, bikin pengeeen, sayang banget aku ga bisa ikut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga next time bisa ikutan ya beb. Dan rasakan keseruannya. ❤❤❤

      Hapus
  18. Cantik bebh make up nya.. seru banget deh acara purbasari yang di jogja, jadi kangen sama jogja. Cuma kok di kotaku belum ada ya, atau nggak kebagian kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next time mungkin, beb. Semoga bisa ikutan juga yaaa ❤❤❤

      Hapus