Purbasari Oil Control Matte Powder Hydra Series


Beberapa pekan terakhir aku kerapkali ber-makeup minimalis, salah satunya di bagian complexion aku hanya mengulaskan bedak, tanpa foundation. Kalau bepergian pun, aku sering hanya mengulaskan bedak, mengaplikasikan lipstick, dan membentuk alis. Sudah. Waktunya jadi lebih hemat dan efektif. Tinggal tap-tap beberapa produk skincare, terus ulaskan bedak, bikin alis, dan terakhir gincu, and then done. Siap capcussssss!
Bedak Purbasari - Oil Control Matte
Produk bedak yang aku pakai pun berupa compact powder. Brand lokal satu ini tentu sudah banyak dikenal di seantero negeri. Gampang dicari di mana-mana juga. Dia adalah Purbasari Cosmetics. Meskipun kesannya si doi adalah brand yang udah sepuh (oops, sorry, Purbasari 😗), brand ini tetap berinovasi untuk mengembangkan berbagai produknya mengikuti kemajuan zaman. Salah satunya yaitu dengan mengeluarkan berbagai produk di bawah naungan Hydra Series. Yang paling termasyur dan fenomenal tentu saja produknya yang berupa lip cream.


Nah, kali ini aku akan mengulas salah satu produknya yang berupa compact powder alias bedak, senjata utama segala umat. Nggak kalah fenomenal dengan lip cream-nya, kok. Jangan lupa sediakan cemilan (popcorn, kacang rebus, chiki-chiki, kentang goreng, ayam geprek, pecel lele, bata, beling) sembari membacanya sampai tuntas, yak! Karena, as always, tulisannya bakalan panjang. However, semoga kamu tetep enjoy ya bacanya.
Packaging
Produk ini hadir dengan wadah yang mungil dan praktis banget. Gampang dibawa ke mana-mana, nggak makan tempat. Berat bersihnya 12 gram. Warna packaging dan dusnya hitam dan matte sehingga kelihatan elegan. Dus di bagian belakang memang berlubang yang memudahkan kita untuk melihat produk beserta keterangan yang tertempel di bagian dasar produk. Di bagian dusnya sendiri juga tersedia keterangan berupa komposisi, tempat produksi, dan lain-lain (dengan tulisan yang cukup kecil – menyesuaikan wadah). Tenang, masih bisa terbaca dengan baik, kok.
💕
As I said, bedak ini ukurannya kecil dengan bentuk bulat. Sudah tersedia cermin dan spons di dalamnya. Tapi, sponsnya diletakkan langsung di atas bedaknya, tidak ada separator. But, it’s okay, I don’t mind that. Cerminnya pas. Muka aku masih bisa kelihatan kalau pas becermin, wkwkwkk. 😂 Tapi, sponsnya agak kasar. But, it's okay, masih bisa dipake juga. Yang aku suka, bedak ini praktis banget dibawa-bawa. Dimasukkan ke dalam tas, pouch, bahkan di saku celana juga bisa, loh! Sangat memudahkan untuk touch-up setiap saat.

Shade
Aku punya shade Natural. Warnanya tetap bisa nyambung dan masuk-masuk aja di kulitku yang sawo matang dengan warm undertone. Meskipun shade ini undertone-nya lebih ke netral atau pinkish, di aku masih bisa tetep masuk warnanya. Nggak bikin efek kulit jadi ashy, kok.

Purbasari Oil Matte Control Powder
Coverage
Tingkat coverage bedak ini medium. Barangkali kalau di-build up, bisa jadi full coverage. Tapi, aku belum pernah mencobanya. Jadi, aku nggak bisa kasih kesaksian deh di sini.
Medium coverage saja sudah cukup bagiku. Karena aku lebih suka yang sedang-sedang saja. Dia tidak menutupi flaws di wajah, tapi bisa sedikit menyamarkan. It’s better lah. Barangkali, kalau menggunakan makeup lengkap (concealer, foundation, etc), bedak ini bisa mendapat predikat full coverage. Tapi, lagi-lagi aku belum pernah mencobanya sehingga aku tidak bisa memberikan kesaksian (lagi) di sini. Bukan apa. Aku hanya terlalu nyaman menggunakan bedak ini secara tunggal, tanpa menggunakan foundation. Karena bedak ini memang seringan dan senyaman itu. Aku sudah nyaman bersamamu seperti ini, Purbasari. *pereuusssss* 😹

Tekstur
Bedak ini halus banget.Gampang dibaurkan sekalipun dengan menggunakan aplikator berupa spons, either itu spons bawaan dari Purbasari atau beauty sponge lainnya. Paling mudah kalau dibaurkan dengan menggunakan powder brush. Wajah jadi terlihat lebih halus. Tapi, pori-pori tetap nggak tertutup. Anyway, ini karena aku hanya menggunakan produk ini secara tunggal, ya. Kalau aku menggunakan makeup lengkap (primer, foundation, contour cream, etc) tentu saja tekstur wajah jadi bisa terlihat lebih halus dan rata setelah bedak ini diaplikasikan. Anyway, bedak ini baunya cukup strong. Tapi, masih dalam taraf wajar. Layaknya bedak pada umumnya. Kalau aku sih biasa-biasa aja dengan aroma bedak seperti ini.
Tekstur Purbasari Oil Matte Control Powder
Performa
Klaim:
“Menghasilkan tampilan akhir matte sekaligus membantu melembabkan dan mengandung tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV. Hydra Series Matte Powder dapat menyempurnakan hasil make up agar lebih tahan lama sekaligus membantu mencerahkan wajah.”

Somehow, aku setuju 100% dengan klaim tersebut. Produk ini memberikan natural matte finish di wajah. Sebagai pemilik kulit normal to oily, aku jujur lebih suka tampilan akhir matte dibanding satin, apalagi dewy. Dewy finish is a big no for me. Kulit wajahku cenderung mudah berminyak di area T dan sekitar pipi. *yahhhh, itu sih hampir seluruh wajah, neng 😔*
That’s why hasil akhir matte selalu membuatku tergila-gila. Bedak ini mampu memberikan tampilan matte. Tapi, bukan dead matte. Ya kesannya matte yang natural gitu.

Wajah juga nggak terasa kaku dan nggak berat sama sekali. Jadi, tetep terasa lembab. Bedak ini juga udah mengandung tabir surya. Walaupun demikian, aku tetap selalu mengaplikasikan sunscreen sebelum menggunakan bedak ini untuk perlindungan menyeluruh.
Di packaging tertulis bahwa bedak ini mengandung Whitening + UV Filter + Natural Mosturizer + Oil Control. Bagian UV Filter dan Natural Moisturizer aku udah paparkan di atas. Untuk Whitening, well, bedak ini bisa juga mencerahkan wajah. Tapi bukan yang bikin kelihatan jauh lebih putih gitu. Tetep cerahnya alami. Sesuai dengan klaim yang sudah disebut: membantu mencerahkan wajah. Bagaimana dengan Oil Control? Lanjuuutttt simak di bawah ini, guys!

Ketahanan (Staying Power)
Bedak ini terbukti ampuh buat nahan minyak! I guarantee it! Meskipun aku hanya menggunakan produk ini secara tunggal, si doi tetep bisa membuktikan diri sesuai dengan klaim: menyempurnakan hasil make up agar lebih tahan lama.
Bedak ini aku gunakan secara tunggal dan bisa bertahan selama 4 jam. Lebih dari itu, tampilan glowing secara alamiah mulai kelihatan. Yeah, ini karena tipe kulitku emang dasarnya berminyak. Tapi, untuk performa selama 4 jam DENGAN PENGGUNAAN TUNGGAL, bedak ini kualitasnya tergolong amat bagus. Jarang loh ada bedak yang sekuat ini menahan produksi minyak di wajah. Standing applause buat Purbasari!
Riasan yang simpel dengan hanya menggunakan bedak Purbasari di bagian complexion
Di foto itu, aku kondangan dengan makeup yang simpel dan tanpa menggunakan foundation. Aku memberanikan diri dengan hanya menggunakan bedak (untuk bagian complexion). Wagelaseeeeeeehhhhhh~
Kondangan jam 12, kelar jam 3. Muka masih terkontrol banget. Nggak luntur! Bedak masih nempel sempurna. Hanya saja tampilan wajahku sedikit glowing alamiah. Siang bolong panas cetar dan humid banget kan yaaaa, alhasil produksi minyak wajah juga turut meningkat. Tapi, bedak ini mampu menahannya dengan baik. Speechless juga, sih. Kesannya kayak lebay gini. Tapi, yaaaa, gimana, yaaaa? Emang begini yang kurasakan, Ferguso!
Poin plus lagi, bedak ini nggak oxydize. Dia tetap pada warna aslinya seperti ketika pertama kali diaplikasikan. Gimana nggak makin cinta, sih???!!!! 💖💖💖💖💖

Komposisi
Ingredients: Talc, Zinc Oxide, Silica, Diisostearyl Malate, Zinc Myristate, Paraffinum Liquidum, Octyl Methoxycinnamate, Hydrogenated Polyisobutene, Dimethicone, Hydrogen Dimethicone, Metylparaben, Propylparaben, Parfum, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil.
May Contain: Cl 77891, Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499

Aku tertarik dengan adanya kandungan minyak safflower di sini. Safflower atau bisa disebut kesumba, merupakan jenis tanaman yang berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Pantas saja kulit juga terasa lebih halus setelah bedak ini diaplikasikan di wajah.

Harga
Rp20.000,00. Masih mau protes apa, nih? 💰

+++++ PROS +++++
  1. Sanggup menahan minyak
  2. Tekstur halus
  3. Harga terjangkau
  4. Mudah dicari di mana-mana
  5. Praktis dibawa-bawa
  6. Brand lokal
----- CONS -----
  1. Isinya sedikit, bakalan cepet abis (kalau aku yang pake)
  2. Nggak ada separator antara bedak dengan spons
Segitu dulu ulasan dariku mengenai Purbasari Cosmetics – Oil Control Matte Powder. Gimana pendapatmu? Comment di bawah, ya!


Thank you so much for visiting, guys!

30 komentar:

  1. Wah hasil di wajah kakak cocok ya bedaknya, cantik deh.. Kebetulan kalau di aku mungkin ga cocok soalnya jenisnya kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahhh, kalau kering aku tidak merekomendasikan produk ini untukmu, beb. Bisa retak-retak nanti makeupmu wkwkwkw

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. purbasari emang dari segi harga mah emang udah keceh dan ringan di kantong, aku juga suka pakek ini haluss lus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahhh, beneran kaaaannn. Cakep banget emang Purbasari ini. Cucok meong~

      Hapus
  4. Purbasari, murah + bagus banget produknya. Aku suka sama produk produknya tapi powdernya ini belum.nyoba padahal punya loh dr event kmren hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayok dicoba, beb. Ntar review juga yak. WKwkwkk

      Hapus
  5. Sebagus dan semurah itu yaa purbasari, suka banget liat hasilnya beb, kayak pake foundie yes. Jadi ingin melipir ke toko makeup nih beli purbasari haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coverage-nya lumayan sih, beb. Apalagi kalo komplit pake foundie sebelumnya.

      Hapus
  6. Wah kulitnya mulus banget ya mba cuma bedak ini doang. Jd makin pgn coba bedak Purbasari deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok cobain juga, Mbak. Murah harganya, di mana-mana ada. Nggak nyesel deh kalo beli. Hehe

      Hapus
  7. Ga ada udara buat sponge nya donk yah bebh kalo gitu, tapi sepertinya bagus deh bedak purbasari ini untuk oily type, ku mau coba juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk tipe kulit oily, ini recommended banget, beb! Tapi buat yang dry skin, aku tidak menyarankan. Ntar pecyahhhhh~

      Hapus
  8. OMG.. cuma 20 ribu kak?? Ini mah cuss mau beli langsung! Soalnya aku juga pengguna lipsticknya purbasari..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak. Murah meriah banget dong yaaaaa. Cusss buruan beli buat lengkapin produknya Purbasari.

      Hapus
  9. Aku pun suka banget sama purbasari teksturnya dia lembut banget dan harganya ngaco bgt murahnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kaaaakk. Nggak ngerti lagi nih sama Purbasari.
      Sebagus itu dan semurah ituuuu.
      T_T

      Hapus
  10. sukaa aku suka bedaj purbasari yang ini, terus nyobain yang bb cake powder, terus lebih suka yang itu karena coverage nya lebih tinggi..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh, boleh juga nih dicoba yang BB cake powder. Thanks sarannya, beb.

      Hapus
  11. Purbasari ini brand lokal yang sudah lama banget, karena sudah mulai banyak produk kecantikan lahir, maka purbasari semakin memperbaiki kualitas dan juga packaging nya yang sekarang menurut aku sudah ok banget. Aku suka oil control matte powder nya purbasari, dipake di muka ngga terlalu tebal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Packaging-nya udah sophisticated gitu, ya. Makin cinta sama produk negeri sendiri. :)

      Hapus
  12. Produk2 makeup dari Purbasari emang banyak yang bagus ya beb ketimbang skincarenya 😗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heum, beb. Aku lebih cocok sama makeup-makeupnya daripada skincarenya, hehehe :D

      Hapus
  13. Aku pakai produk Purbasari lipstik dan emang bagus. Mau nyoba ah yang bedak ini karena masalahku tuh kulit mudah berminyak kalau kelamaan di luar. Hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk cobain, mbak. Bedaknya emang se-amazing itu, loh.

      Hapus
  14. aku selalu suka sama purbasari sejak lulur dan scrub mandinya
    pas ada liptisk mattenya yang viral tahun-tahun kemarin juga
    eh sekarang ini udah ada ya set lengkap dengan bedaknya. makin love

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, udah legendaris banget ya mbak sejak jaman lulurnya itu. Sekarang makin komplit dan berinovasi.

      Hapus
  15. Purbasari ini hits banget saat lipstik yang matte itu viral dan menurut aku purbasari kini semakin berinovasi memberikan produk-produk sesuai kebutuhan dari wanita Indonesia dan produk yang satu ini must have product ya karena dipastikan tidak ada kilang minyak di wajah deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak. Makin cinta banget sama produk lokal satu ini.
      :)

      Hapus
  16. makasih reviewnya, termasuk merek yg cukup terkenal ya

    BalasHapus