Penginapan Murah di Solo – Griya Asoka Syariah


Beberapa waktu yang lalu aku diberi kesempatan untuk staycation di salah satu penginapan yang ada di Solo, tepatnya di daerah Colomadu. Kebetulan banget, nih. Aku bener-bener lagi butuh healing dan solitude untuk menenangkan diri. *apaan sih*
Griya Asoka Syariah ini berlokasi di Jalan Tohudan, Colomadu. Rutenya kalo dari Jalan Adi Sucipto, start dari Hotel The Alana aja. Abis itu, jalan lurus ke utara sekitar 700 meter. Ada pertigaan, belok kanan (ada plang penunjuk arah, kok). Terus, ketemu, deh! Tempatnya di sisi utara jalan. Biar nggak bingung, bisa cek langsung aja di Google Map, search Griya Asoka.
Lokasinya termasuk jauh dari jalan besar. Suasananya hening, tenang, nggak berisik. Pemandangannya serba ijo. Sawah, pepohonan, rerumputan. πŸŒ³πŸŒ΄πŸŒΏπŸ€πŸƒ
Konsep penginapan ini pun homestay atau guest house gitu. Jadi, rasanya kayak lagi ada di rumah sendiri. Halamannya cukup luas, bisa menampung beberapa kendaraan, seperti mobil atau minibus. Nggak ada garasi, ya. Jadi, kalo bawa motor, ya motornya cukup diparkir di halaman. Insya Allah aman selalu. Pintu gerbang kalau malam hari juga ditutup.
Suasana di Griya Asoka Syariah
Sesampainya di sana aku disambut oleh seorang wanita paruh baya dan seorang wanita muda, sama-sama berhijab. Ramah sekali. Kemudian, aku diantar ke kamar nomor 07 yang letaknya di belakang. Kamarnya langsung menghadap taman, agak jauh dari lobby. Anyway, di ruangan depan selain ada lobby, ada pula ruang tunggu (ruang tamu) yang cozy banget. Lalu, ada pula ruang yang cukup besar, bisa digunakan untuk meeting.
Ruang tamu
Suasananya bener-bener tenang di sini, jauh dari hiruk-pikuk bising perkotaan. Sejuk, adem, rindang. Kamarnya sendiri menurut aku cukup nyaman. AC bekerja semestinya, ada lemari yang ukurannya besar sekali, ada flat TV dengan channel lokal yang digantung di dinding, ada meja dan kursi plus cermin. Aku dikasih kamar yang ada double bed, padahal aku bobok sendirian, wkwk. Kasurnya nyaman, empuk. Sprei dan selimutnya bersih. Tersedia handuk juga. Meanwhile, untuk toiletry cuma disediakan sabun batang kecil ala hotel. Overall, kamarnya rapi, penataan ruangnya bagus. Hanya saja, agak ngeres lantainya waktu aku datang.
Kamar tidur
Kamar mandinya berisi toilet duduk dan ember besar untuk wadah air. Air krannya lancar banget, jadi airnya bisa melimpah gitu. Saluran pembuangan airnya pun lancar, nggak mampet. Ada gantungan baju juga, bisa buat gantungin baju ganti dan handuk. Ada keranjang untuk wadah keperluan mandi lainnya juga. Toiletnya agak bermasalah, karena nggak bisa di-flush. Jadi, harus manual yang nyentor, coy. Yeah, ini mungkin hanya di kamar yang aku tempati, ya. Aku juga nggak tahu kamar yang lain kayak gimana keadaannya.
Kamar mandi
Zaman sekarang kurang lengkap kalau penginapan nggak tersedia koneksi internet. Tenang. Di Griya Asoka Syariah, ada wifi. Namun, sayang seribu sayang. Wifi-nya melemah kalau aku lagi ada di dalam kamar. Kalau aku pergi ke depan, terutama lobby, koneksi wifi bisa kenceng. Tapi kalau di kamar, langsung melemah. Hmmmmmm.....
Tersedia dapur umum yang letaknya paling ujung, di area belakang. Ada mushola juga, loh. Jadi, sembahyangnya bisa di mushola juga kalau lagi nggak pengen sembahyang di kamar. By the way, di dalam kamar nggak ada sign penunjuk arah kiblat. Jadi, mesti tanya-tanya dulu kalau belum tahu arah kiblatnya.
😁
Meskipun lokasinya agak jauh dari pusat kota, di sekeliling dekat Griya Asoka Syariah sudah tersedia banyak sekali tempat-tempat makan dan minimarket. Kalau pengen jajan atau beli sesuatu, nggak kesusahan lagi, deh. Di sini nggak disediakan sarapan, jadi kalau lapar ya harus keluar dari penginapan, deh.
🌳
Kamar yang aku tempati ada di harga 130K/malam dengan double bed. Ada beberapa kamar yang tersedia, serupa dengan kamar yang aku tempati, bisa untuk 1-2 orang. Kalau untuk keluarga sebanyak 4-6 orang, tersedia kamar juga, loh. Kalau tidak salah, harganya 170K/malam dengan kamar yang jauh lebih luas dan ukuran bed yang lebih besar. Gimana? Terjangkau banget, kan?
πŸ‘›
PROS
  • Suasana tenang dan sejuk.
  • Pelayanan ramah.
  • Kamar nyaman.
CONS
  • Wifi kurang lancar.
  • Toilet nggak bisa di-flush
Sekian ulasan dariku mengenai penginapan murah yang berkualitas di Solo. Kalau kamu berencana untuk menghabiskan waktu di Solo, nginepnya di Griya Asoka Syariah aja. Mau sendirian atau rame-rame, bisa banget.
See you on my next post, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar