Tips & Trik Lolos Tes Masuk S-2 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)


"Gabut banget, nih. Kuliah aja apa, ya?"
😂

Terkadang aku mendapat bisikan semacam itu ketika aku mengalami kegabutan yang HQQ, gaissss. Yha itu tidak lain dan tidak bukan karena emang akunya nganggur aja yekaaannn? Alesan baeee, heleeeeehhhh~

But, however, aku tidak akan membiarkan diriku hanya begini-begini saja tanpa melakukan suatu pergerakan which is dapat mengakibatkan tumpulnya daya kerja otakku dan lumpuhnya perasaanku. *APAAN SIH WOYYYY* 💢

So, di postinganku kali ini aku akan membahas tentang tips dan trik agar kamu bisa lolos tes masuk PTN untuk jenjang S-2. Kampus yang aku tuju di sini yaitu Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Jadi, bakalan lebih spesifik, ya. Tapi, secara umum soal-soal tes ini juga berlaku di perguruan tinggi lainnya, guys.

Buat kamu yang anti banget baca artikel sepanjang Anyer-Panarukan dan lebih memilih untuk menonton tayangan melalui video, HERE IT IS, GUYS! Aku kasih link-nya di bawah ini karena aku udah bikin juga tips & triknya berupa video. Langsung klik aja, yeeee:

Sekalian subscribe juga boleh, loh. Boleh banget, guys. Jadi ntar kalo aku upload video baru, kamu jadi bisa langsung gercep buat nonton. *pede level akut*
Jangan lupa tinggalin like dan comment, terus share juga karena pasti banyak banget orang yang membutuhkan video dengan konten yang informatif serta inspiratif seperti ini, khaaannn? *super demanding banget emang orangnya buset*

HOOOOKAAAAAYYYYYY!

Sudah cukup mukadimahnya. *Udah kepanjangan banget, Maemunaaahhh*
Sekarang langsung aja ke bagian inti.
Maka, perhatikan dengan seksama yaaaaaa, wahai para netizen yang budiman.
😎

Tes masuk ke PTN terutama di UNS untuk jenjang S-2 (Pascasarjana) ini berupa multiple choice (pilihan ganda) yang terdiri atas dua tipe, yaitu Tes Pengetahuan Umum dan Tes Bahasa Inggris.
Tes Pengetahuan Umum berisi 90 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit. Sementara, Tes Bahasa Inggris berisi 75 soal, tapi aku lupa harus dikerjakan berapa menit. 💆

Soal-soal yang ada di Tes Pengetahuan Umum terdiri atas soal:
  1. Verbal 
  2. Numerik
  3. Analitik
  4. Spasial
Nah, kita akan bahas satu per satu sekaligus aku berikan tips dan triknya dalam mengerjakan.

Soal Verbal
Soal verbal ini ciri khasnya gampang banget, ada bacaan yang paragrafnya panjang banget. Dan, soal yang ditanyakan biasanya tentang ide pokok, main idea, pokok permasalahan, ya gitu-gitu deh. Kalo nggak gitu, nanti akan ditanya tentang satu kata yang bakalan dicari definisinya. Kayak gini contohnya 👇
Contoh soal verbal
Tips:
Gunakan teknik skimming & scanning dalam membaca paragraf. Baca soal terlebih dahulu, pahami betul-betul maksud dari soalnya, kemudian baru 'baca' paragrafnya. Usahakan fokus! Jangan ngelamunin gebetan apalagi mantan!!11!!!1111!!
Sering-sering baca berita untuk memperkaya kosa kata. Biasakan diri membaca paragraf yang panjang.

Soal Numerik
Sebenernya kita udah familiar dengan soal-soal seperti ini, apalagi kita udah mengenyam pendidikan selama bertahun-tahun dan kita PASTI menjumpai mata pelajaran matematika. Hidup kita memang tidak bisa terhindarkan dari matematika, dear.
Contoh soal numerik
Actually, soal seperti itu mudah saja, bukan? Hanya soal matematika sederhana. But, kalo kamu nggak hati-hati, kamu bakalan kejeglong dan jawaban kamu bisa salah besar. Makanya, hati-hati!
Kamu harus cermat, cepat, dan tepat.
Tipsnya bakalan aku jadikan satu dengan soal analitik di bawah.

Soal Analitik
Hampir sama dengan soal numerik, soal analitik ini juga membutuhkan kekuatan logika tingkat dewa. Daya penalaran kamu harus bekerja semaksimal mungkin di sini. Sekali lagi, fokus!
Contoh soal analitik
See? Soal analitik nggak melulu berkaitan dengan angka. Tapi, kamu harus bisa menguasainya dan memecahkan permasalahannya. Kekuatan logika sangat memegang peranan penting di sini.

Tips:
Soal seperti itu sudah ada polanya. Kalaupun diganti angkanya/permasalahannya, nggak masalah. As long as kamu udah tahu polanya, kamu cepat dan teliti dalam mengerjakan, beres sudah.
Sering-sering aja latihan soal serupa supaya kamu familiar dan paham dengan cepat, serta kamu bisa menemukan titik ternyaman kamu dalam menyelesaikan soal-soal itu.

Soal Spasial
Udah tahu lah, yaaaa. Ini soal yang berisi gambar-gambar yang nantinya kamu disuruh untuk menentukan kelanjutan gambar yang tepat.
Contoh soal spasial
Tips:
Lagi-lagi, kamu harus mampu menguasai logika. Penalaran kamu kudu main banget di sini, hanya saja ini berkaitan dengan ruang. Sering-seringlah latihan menjumpai soal serupa. Latihlah otak kamu untuk menemukan jawaban dengan cepat dan tepat.

By the way, di Tes Pengetahuan Umum ini kamu juga akan menjumpai Tes Karakteristik Kepribadian sebanyak 15 soal. Isinya berupa studi kasus yang nantinya kamu disuruh menentukan solusi yang tepat atas permasalahan tersebut. Nah, masalahnya, opsi jawaban yang ada itu sifatnya betul semua, tapi berlevel. Kamu tinggal pilih aja, mana jawaban yang paling tepat menurut kamu.

Tes Bahasa Inggris
Tes ini yang jelas kamu harus punya kapabilitas yang memadai dalam bahasa Inggris, guys.*yaiyalah*
Akan ada soal berupa reading comprehension yang mana bakalan tersedia paragraf panjang dan kamu harus paham betul isi dari paragraf itu. Kemudian, ada juga soal yang berupa koreksi grammar. Lalu, ada lagi soal yang kamu diwajibkan untuk memberikan opini kamu dalam bentuk kalimat-kalimat gitu deh, dan tentunya dalam bahasa Inggris.

Tips:
Banyak baca, banyak latihan, sering nulis, pahami tenses dan grammar dengan baik.

YHAAAA INTI DARI SEMUANYA ADALAH, KAMU HARUS BANYAK-BANYAK LATIHAN. BELAJAR YANG RAJIN, RUTIN, TERATUR.
UDAH ITU AJA.

Jadi, gimana?
Siap kuliah lagi?
Good luck, guys!
💗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar