[REVIEW] Scarlett Brightly Series, Skincare Tepat Atasi Kulit Kusam

Paparan sinar matahari, partikel debu, dan kotoran yang tak tampak oleh mata bisa menjadi faktor penyebab kulit kusam. Biasanya kulit kusam ditandai dengan rona wajah yang tidak mengkilap (nggak glowing gitu) dan tidak cerah sehingga berkesan wajah terlihat ‘kotor’. Agak gengges juga sih kalau tampilan wajah kusem gitu karena nanti pengaruhnya ke mood.

Salah satu cara supaya wajah terhindar dari kekusaman adalah telaten melakukan skincare routine pada pagi dan malam hari. Somehow, skincare adalah investasi jangka panjang. Maka dari itu, aku selalu berusaha untuk nggak skip pake skincare demi kesehatan kulit di masa depan.

Merawat kulit itu nggak perlu rumit dan repot. Aku lebih suka dengan tahapan skincare yang singkat sehingga lebih praktis dan hemat waktu. Sebenernya nggak masalah sih kalau kita pake tahapan skincare yang sempat booming beberapa waktu yang lalu semacam 10 steps skincare routine atau layering toner sampe lima kali. However, aku lebih cocok yang praktis-praktis aja. Cukup tiga langkah, antara lain pemakaian toner/essence, serum, dan moisturizer/cream. As long as bisa menutrisi kulit wajah dengan baik, itu udah cukup, kok.

scarlett whitening
Scarlett Brightly Series

Produk-produk skincare yang belakangan ini lagi aku pake adalah rangkaian Brightly Series dari Scarlett by Felicya Angelista. Ada lima produk yang aku gunakan setiap hari, yaitu facial wash, essence toner, serum, krim pagi, dan krim malam.


Scarlett Brightening Facial Wash

Facial wash alias sabun cuci muka ini aku gunakan dua kali sehari. Dari packaging-nya aja udah eye-catching banget, nih. Wadahnya transparan berbentuk silinder dengan tutup flip-top yang pastinya aman banget buat dibawa-bawa.

Produk dengan volume sebanyak 100 ml ini bertekstur gel dan berwarna merah muda mendekati bening. Ada butiran scrub yang super lembut, nyaris nggak terasa ketika diaplikasikan di wajah, dan ada rose petals-nya juga. Aromanya semerbak aroma mawar yang lembut banget tapi nggak menusuk hidung. Tetep friendly kalo diendus-endus.

facial wash scarlett
Kemasan Scarlett Brightening Facial Wash

Aku suka dengan facial wash Scarlett ini karena tipikalnya sesuai dengan yang aku mau: ada busanya, bisa membersihkan wajah tanpa residu, dan wajah tetep terasa lembap tanpa meninggalkan sensasi ‘wajah ketarik’.

Kandungan utama:

  1. Glutathione, berfungsi untuk mencerahkan kulit secara efektif.
  2. Vitamin E, bermanfaat untuk meratakan warna kulit dan mengurangi kerutan serta pori-pori yang lebar.
  3. Aloe Vera & Rose Petal, berfungsi untuk melembapkan kulit, menghilangkan kotoran/debu, dan mengencangkan pori-pori.

scarlett facial wash
Tekstur Scarlett Facial Wash

Ingredients: Aqua Demineralisata, Coconut Fatty Acid Diethanolamide, Glycerin, Rosa Canina Flower (Rose Petal), Cocamidopropyl Betaine Ammonium Salt, Niacinamide, Glutathione (Glycine), Tocopheryl Acetate (Vit E), Acrylates Copolymer, Aloe Vera Leaf Extract, Triisopropanolamine, Dmdm Hydantoin, Edta, Glass Beads.

 

Scarlett Brightly Essence Toner For Brightening

Bisa nggak sih sebuah produk menjalankan dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai toner dan essence? Jawabannya, bisa. Scarlett Essence Toner-lah solusinya. Produk dengan isi sebanyak 100 ml ini bertekstur cair dan berwarna bening. Nyaris nggak ada baunya, bahkan kayak air biasa. Namun, kalo diaplikasikan di wajah tentu saja ada bedanya karena ini bukan air biasa. Paham kan, ya? Hihiiii~

Ada beberapa kandungan aktif dalam Scarlett Essence Toner:

  1. Natural Vitamin C, memicu produksi kolagen.
  2. Glutathione, mencerahkan kulit.
  3. Witch Hazel Extract, mengencangkan pori-pori dan meredakan inflamasi.
  4.  Jeju Propolis Extract, meregenerasi kulit agar terlihat lebih halus dan kenyal.
  5. Allantoin, melembapkan dan melembutkan kulit.
  6. Niacinamide, meminimalisir pori-pori yang membesar.
  7. Grape Water, melembapkan, menyegarkan, dan menenangkan kulit.
toner murah
Essence Toner Scarlett

Kemasan produk ini juga travel-friendly karena dijamin aman. Wadahnya terbuat dari plastik berbentuk silinder dan transparan sehingga kita bisa tahu sebanyak apa sisa produk yang ada di dalamnya. Satu hal yang selalu jadi favoritku: aplikatornya berbentuk pump. Ini memudahkan banget bagiku untuk mengambil produk tanpa harus khawatir terjadi pertumpahan darah produk dan higienitas produk pun tetep terjaga.

scarlett essence toner
Aplikator yang ramah

Biasanya aku mengaplikasikan sebanyak 1-1,5 pump Scarlett Essence Toner yang kutuangkan lebih dulu di telapak tangan, baru kemudian aku tepuk-tepuk secara perlahan dan merata ke seluruh wajah. Produk ini cepet meresap di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket, tapi wajah tetap terasa lembap.

scarlett whitening
Teksturnya seperti air

Ingredients: Aqua, Glycerin, Niacinamide, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Vitis Vinifera Fruit Water, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Propanediol, Sodium Chloride, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, 1,2-Hexanediol, Hydroxyethyl Urea, Dmdm Hydantoin, Disodium Edta, Allantoin, Propolis Extract, Pentylene Glycol, Methyl Diisopropyl Propionamide, Ethylhexylglycerin, Sodium Lactate, Sodium PCA, Gellan Gum, Ascorbyl Glucoside, Caprylhydroxamic Acid, Aminomethyl Propanol, Urea, Chondrus Crispus Powder, Crocus Sativus Flower Extract, Glutathione, Agar, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, Raphanus Sativus Root Extract, Tephrosia Purpurea Seed Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Tromethamine, PVM/MA Copolymer, Sodium Benzoate, Ethanolamine, Citric Acid, Potassium Sorbate, Glycine, Fructose, Inositol Lactic Acid, 2-Aminobutanol, CI 73360, CI 77891.

 

Scarlett Brightly Ever After Serum

Serum yang booming keluaran Scarlett ini bener-bener jadi favoritku banget. Packaging-nya mungil dan aplikatornya berupa pipet. Aku bisa mengontrol seberapa banyak produk yang ingin aku pake dengan cara tetes-tetes aja dan pastinya produk tetap higienis. Anyway, aku menggunakan serum ini dengan cara aku teteskan dulu sebanyak 2-3 tetes ke telapak tangan lalu aku oleskan secara merata di wajah, bukan langsung aku teteskan di pipi/kening.

serum scarlett untuk mencerahkan wajah
Scarlett Brightly Ever After Serum

Serum dengan tekstur cair dan memiliki volume sebanyak 15 ml ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Nggak ada aroma aneh-aneh juga, malah nyaris nggak ada bau. Kombinasi Glutathione dan Vitamin C berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas, sementara itu kandungan Niacinamide berguna untuk meminimalisir tampilan pori-pori kulit yang besar.

scarlett brightly ever after serum
Tekstur serum Scarlett

Skin type-ku adalah normal to oily and thank God serum ini bekerja dengan baik di kulitku. Karena teksturnya cair banget, serum ini gampang banget meresap di kulit. Wajah juga jadi kelihatan glowing dan lebih cerah. Nggak ada sensasi lengket since this serum is lightweight.

Aplikator berupa pipet

Ingredients: Aqua, Nicotinamide, 1,3 Butylene Glycol, Lavandula Angustifolia (Lavender) Water, Ascorbyl Glucoside, Arisaema Amurense Extract, 2-Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Glutathione, Aminomethyl Propanol, Ethyl Macadamiate, Decyl Glucoside, Pentane-1,2-diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum-1, 1,2-Hexanediol, 2-Amini-1-Butanol, Tocopherol, Malic Acid, CI 16255


Scarlett Brightly Ever After Cream (Day)

Belum lengkap tahapan skincare routine kalau belum pake moisturizer alias cream wajah. Fungsinya tentu saja untuk mengunci kelembapan alami kulit. Krim ini aku gunakan di pagi hari sebagai bagian dari morning skincare routine tepat sebelum aku mengaplikasikan tabir surya dan setelah aku mengaplikasikan Scarlett Brightly Ever After Serum.

krim pagi scarlett
Kemasan day cream Scarlett

Sedikit berlawanan dengan produk-produk sebelumnya, day cream ini aromanya lumayan menusuk. Tapi, jangan salah. Justru karena tidak ada kandungan perfume di dalamnya, produk ini menjadi beraroma sedikit menyengat. However, hal ini nggak mengganggu sama sekali karena aromanya cepat hilang.

Day cream dengan netto sebanyak 20 gram ini berwarna putih dan teksturnya creamy lembut seperti lotion. Diaplikasikan di wajah pun nggak terasa ‘heavy’ dan wajah juga kelihatan lebih cerah. Glowing? Of course!

scarlett brightly day cream
Tekstur Scarlett day cream

Ada tujuh kandungan aktif yang ada pada day cream ini:

  1. Glutathione, berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan berkilau a.k.a. glowing.
  2. Rainbow Algae, meningkatkan kecerahan wajah.
  3. Hexapeptide-8, menyamarkan kerutan.
  4. Rosehip Oil, kaya akan zat asam yang mengandung lemak esensial dan antioksidan untuk penyembuhan luka.
  5. Poreaway, meminimalisir pori-pori yang besar.
  6. Triceramide, berfungsi sebagai pelembap, anti-aging, dan anti-wrinkle.
  7. Aqua Peptide Glow, meningkatkan kelembapan kulit dan kilau alami kulit.
scarlett brightly day cream
Kemasan luar krim pagi Scarlett

Ingredients: Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Squalane, Niacinamide, C13-15 Alkane, Cetearyl Alcohol, Propanediol, Glycerin, C12-15 Alkyl Benzoate, Dimethicone, Rosa Canina Seed Extract, Annona Cherimola Fruit Extract, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Phenoxyethanol, Ceteareth-33, Titanium Dioxide, Dipropylene Glycol Dibenzoate, Butylene Glycol, PEG-23 Stearate, DMDM Hydantoin, Polyacrylate Crosspolymer-6, Boswellia Serreta Oil, Steareth-20, Caesalpinia Spinosa Gum, PPG-15 Stearyl Ether Benzoate, Ascorbyl Glucoside, Ethylhexylglycerin, Ethanol, Ceteth-20, Oleth-10, Polysorbate-60, Glutathione, Caulerpa Lentillifera Extract, Aminomethyl Propanol, Pelargonium Graveolens Oil, Citrus Limon Peel Oil, Aluminum Hydroxide, Sodium Citrate, Cystoseira Tamariscifolia Extract, Sodium Benzoate, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Mastic Gum, Lecithin, T-Butyl Alcohol, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Dryopteris Filix-Mas Root Extract, Simethicone, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Citric Acid, Acetyl Hexapeptide-8, 2-Amino-1-Butanol.

 

Scarlett Brightly Ever After Cream (Night)

Malam-malam sebelum tidur aku selalu mengupayakan untuk skincare-an meskipun udah dihajar oleh kantuk. Urutannya tetap sama seperti morning skincare routine, hanya saja krim wajah yang digunakan adalah night cream dan nggak perlu pake tabir surya.

scarlett whitening night cream
Kemasan berbentuk jar

Packaging krim malam Scarlett ini hampir sama dengan day cream-nya, berada dalam wadah berbentuk jar dengan netto sebesar 20 gram. Letak pembedanya adalah dominasi warna. Kalau night cream lebih ke full pink, sementara day cream-nya ada aksen berwarna putih.

scarlett whitening
Tekstur krim malam Scarlett

Tekstur produk ini creamy tapi lebih rich dan kerasa banget lembapnya. No wonder karena ini adalah krim malam yang biasanya emang bekerja lebih ekstra saat kita tidur untuk meregenerasi kulit. Aroma produk ini juga sedikit menyengat, but it’s okay karena juga gampang hilang nantinya. Setelah produk ini diaplikasikan, wajah jadi terasa lembap banget dan glowing-nya nyata.

scarlett whitening
Kemasan luar Scarlett night cream

Ingredients: Aqua, Niacinamide, C13-15 Alkane, Squalane, Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Glycerin, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Rosa Canina Seed Extract, Isopentyldiol, Annona Cherimola Fruit Extract, Ceteareth-33, 2-Phenoxyethanol, PEG-23 Stearate, Polyacrylate Crosspolymer-6, DMDM Hydantoin, Butylene Glycol, Steareth-20, Boswellia Serreta Oil, Caesalpinia Spinosa Gum, Ascorbyl Glucoside, Ethylhexylglycerin, Ethanol, Ceteth-20, Glutathione, Titanium Dioxide, 1,2-Hexanediol, Caulerpa Lentillifera Extract, Pelargonium Graveolens Oil, Citrus Limon Peel Oil, Sodium Lactate, Sodium PCA, Aminomethyl Propanol, Phaseolus Radiatus Seed Extract, Canavalia Gladiata Seed Extract, Glycine Soja (Soybean) Seed Extract, Lens Esculenta (Lentil) Seed Extract, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Pueraria Lobata Root Extract, Lactobacillus Ferment Lysate, Sodium Citrate, T-Butyl Alcohol, Sodium Benzoate, Mastic Gum, Lecithin, Kappaphycus Alvarezii Extract, Oleth-10, Polysorbate-60, Ceratonia Siliqua (Carob) Seed Extract, Citric Acid, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Lactic Acid, Simethicone, Acetyl Hexapeptide-8, Glycine, Fructose, 2-Aminobutanol, Urea, Inositol.

scarlett brightly facial wash
Aplikator terfavorit dari facial wash Scarlett

Rangkaian skincare Scarlett ini nggak cuma untuk mencerahkan wajah aja (Brightly Series), tetapi juga tersedia rangkaian khusus untuk kulit berjerawat (Acne Series). Acne Series ini terdiri atas acne serum, acne day cream, dan acne night cream. Packaging untuk Acne Series lebih didominasi warna ungu, sementara untuk Brightly Series lebih dominan warna pink. So, lebih gampang kan ngebedainnya?

So far, aku cocok dengan rangkaian Brightly Series ini. Wajahku terjaga kelembapannya tanpa rasa lengket dan produksi minyak alami kulitku lebih terkontrol. Aku menggunakan produk-produk Scarlett ini selama dua minggu dan hasilnya wajahku kelihatan lebih cerah, nggak ada keluhan kusem-kusem lagi. Kalo dipakai lebih lama lagi, tentu kesehatan kulit wajah bisa di-maintain dengan baik.

Produk-produk Scarlett udah memiliki izin edar dari BPOM dan teruji bebas dari kandungan Mercury serta Hydroquinon sehingga aman digunakan. Harganya pun termasuk bersahabat di kantong, guys. Kalo mau beli, cek aja di sini. Atau, kalau masih kepo dengan produk-produk Scarlett lain, kita bisa lihat-lihat di social media-nya.

Sampai di sini dulu ulasanku tentang Scarlett Brightly Series, guys. See you on my next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar