Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Zaman sekarang memiliki penghasilan melalui blog atau website sudah bukan hal yang asing lagi. Sudah banyak orang yang berfokus menjadi penulis digital alias blogger. Duduk manis sembari menatap layar gadget dan menuliskan kalimat demi kalimat memang terdengar mengasyikkan, ya? However, apakah sungguh semudah itu dan seenak kelihatannya?
Gimana caranya, ya?
Di sebuah kesempatan, Ketua Kumpulan Emak Blogger (KEB) chapter Solo, Mak Ety Abdoel, membagikan kisahnya. Beliau sharing tentang cara mendapatkan uang dari kegiatan blogging. Kira-kira apa aja, nih? Simak paparannya di bawah ini, yaaa! Sudah kurangkum semua.

ety abdoel
Ety Abdoel - Ketua KEB Solo

How to make money from blogging?

money from blog
How to make money?
  1. Set up your blog. Pilih tema blog, pilih judul domain, pilih platform (biasanya blogspot atau wordpress). Blog yang termasuk TLD (Top Level Domain) berpeluang besar untuk mendapatkan job. 
  2. Make a great content. Sertakan foto dan video. Jangan memplagiat karya orang lain. Buat tulisan yang organik. 
  3. Find your readers. Sebuah blog di-hire oleh brand karena ada pembaca yang berminat membaca postingan di blog yang bersangkutan. 
  4. Build engagement. Share tulisan di blog ke seluruh social media, seperti Instagram, Facebook, Twitter. Kuasai SEO. Penting! Sering-sering juga berinteraksi dengan pembaca blog: membalas komentar-komentar yang ada di postingan blog. 
  5. Content is the king. Sebagai pegiat penulis digital, konten adalah hal yang penting dan menarik.

How to monetize your blog?

cara dapet duit dari blog
Cara memonetisasi blog
  1. Adsense. Ada proses pendaftaran, verifikasi, review 1, review 2, barulah diterima. 
  2. Affiliate. Mudahnya, ini merupakan komisi dari brand yang menitipkan link di postingan blog. 
  3. Sell digital & physical product. Menjual e-book dan template blog (digital product), menjual T-shirt dan mug (physical product). 
  4. Service. Menjadi konsultan, pengajar, content writer. 
  5. Sponsored post. Ada dua macam: review dan content placement. Jangan lupa untuk membuat laporan (report) setelahnya. 
  6. Competition. Lomba blog, guys. Tantangannya lebih tinggi, tapi cuannya juga tinggi. Huehehehehee 😎

How to get sponsored post?

sponsored post itu apa
Cara mendapatkan sponsored post
  1. Direct. Cantumkan e-mail di blog agar brand dapat menghubungi secara langsung untuk urusan kerja sama. 
  2. Agency. Sekali saja para blogger masuk dalam database yang ada di suatu agency, kesempatan untuk mendapatkan job dari berbagai brand pun berdatangan. 
  3. Group/community. Inilah manfaatnya silaturahmi, gangs.
Anyway, untuk menjadi seorang blogger nggak bisa cuma simsalabim tralala instan begitu saja. It takes time. Minimal dalam waktu 3 bulan dan sudah memiliki 10 postingan, seseorang baru bisa disebut sebagai blogger. Yang penting, setelahnya harus konsisten dan tetap mencintai aktivitas utama yang dilakukan, yaitu menulis.

Tips & Trick

  1. Level up your ability. Upgrade kemampuan fotografi, video, dan menulis (of course). 
  2. Join community. 
  3. Media kit.
Seperti itulah materi sharing session yang disampaikan oleh Mak Ety Abdoel, guys. Semoga bermanfaat, yaaa. 😁
Aku suka banget kalo ikutan event yang membahas tentang optimasi blog seperti ini. Semacam dapet nutrisi ekstra lah pokoknya selain dari baca-baca. Yeaaahhh, intinya, aku tetep haus akan ilmu dan selalu siap untuk mengosongkan gelas setiap belajar hal baru.


See you on my next post!

18 komentar:

  1. banyak banget yang nanya hal serupa di IG aku mbak :) sepertinya ini yang menyebabkan banyak orang ingin menjadi blogger hahahaa padahal jadi blogger itu ga mudah loh, merangkak dari nol, dari ga ada yang baca sampai bisa mengumpulkan pageview yang lumayan dan dipercaya brand :)

    BalasHapus
  2. Aku paling sering ya dapat duitnya dari dua yang terakhir. Moga para bloger makin semangat meningkatkan kualitas ya

    BalasHapus
  3. Sebenarnya kalau mau dipelajari serius dan konsisten bikin kontennya bisa menghasilkan uang ya mbak. Paling senang deh aku kalau acara ada workshopnya gini jadi banyak belajar juga soalnya.

    BalasHapus
  4. Workshop yang seru. Alhamdulillah jadi blogger bisa menghasilkan ya mba. Kalau aku double agent nih blogger + anak ahensi. Jadi kerasa banget di aku suka dukanya dari 2 profesi ini. Dari dapet kerjaan blog sampai ngasih kerjaan blog hihi

    BalasHapus
  5. Awal saya menulis blog gak kepikiran blog bisa menghasilkan uang, zaman dulu masih sepi job untuk blogger hehe. Eh seiring berjalan waktu,menulis blog bisa menjadi lahan mendapatkan uang tambahan :D makin semangat nulis

    BalasHapus
  6. Pertama kali aku menulis karena suka aja, kalau bisa menuangkan pikiran dari mereview produk dan nggak terpikir sih kalau ternyata bisa menghasilkan uang.. tapi Alhamdulillah dikit2 ada yg mau ksh fee karena suka dengan hasil tulisan kita :')

    BalasHapus
  7. Content is a king, kalau content menarik insyaallah banyak yang baca ya mba, great articel btw! 😘

    BalasHapus
  8. Iya memang membangun blog itu berat, belum lagi konsistensinya yah.. Berat juga lho, tapi orang tau enaknya aja hehe

    BalasHapus
  9. Jadi blogger itu sekarang aja baru kelihatan enaknya. Dulu awal2 mah juga siapalah kita. Blogger masih sepi dan belum dilirik brand. Diundang pun cm jadi pelengkap penggembira bawa pulang goodie bag 😂. Sekarang sudah lebih naik kelas dan bisa sejajar dengan wartawan media konvensional. It was a long journey. Dr cara monetize di atas yg baru aku dapat dr sponsored post kebanyakan. Sedangkan adsense dan affiliate belum jalan 😟

    BalasHapus
  10. Seru banget nih bahasannya gimana cara mendapatkan uang dari blog. Jadi makin semangat bikin konten baru

    BalasHapus
  11. Waah seru dan bermanfaat banget nih pembahasannya, dan bener banget content is a king apalagi kalo Seo-nya mantep duh juara deh

    BalasHapus
  12. Wah seru acaranya mbak, dapat banyak insight monetasi blog yaaa.
    Zaman sekarang ya ngeblog emang gak cuma buat menyalurkan aspirasi tapi juga untuk mendapatkan penghasilan. Sah2 aja sih, tapi sebaiknya tetep selang seling jg biar pembaca gak lari hehe :D

    BalasHapus
  13. Sekarang banyak banget yang mencoba jadi blogger instant dan juga influencer instant kalo di Instagram, semoga pada semangat semua ya buat yang baru mulai...Karena aku yakin yang udah pada lama ngeblog juga masih tetep belajar terus

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah aku udah merasakan nih dapat uang dari blog dan keasyikan sampai sekarang asal selalu professional yaa.

    BalasHapus
  15. Yang tidak boleh dilupakan juga adalah kebahagiaan saat menuliskan kata-kata ke dalam blog. Kadang orang lebih tertarik ngebahas soal cuan dari blog, padahal di balik itu ada perjalanan batin seseorang terkait dengan postingan yang mengawali langkahnya di blog.

    BalasHapus
  16. Jadi kebahagiaan tersendiri ya bisa mendapatkan penghasilan dari hobi ya, Alhamdulillah ya

    BalasHapus
  17. Nah, aku suka banget sama topik optimasi blog ini, karena kenyataannya optimasi blog memang tidak semudah membalikkan telapak tangan ya. Perlu komitmen. Langsung kusimpan nih mba untuk dibaca-baca ulang. Thanks a lot!

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah saya udah pernah merasakan mendapat uang dari ngeblog, tapi ya tetep aja saya masih butuh ilmu utk belajar agar konten bisa lebih baik dan menarik

    BalasHapus