Langkah Optimasi Blog Supaya Cetar Membahana

Berkecimpung di dunia blogging mengharuskan kita untuk melakukan berbagai upaya agar performa blog bekerja optimal, either dalam hal SEO, tata kalimat, dan tampilan blog. Keseluruhan hal tersebut tentu saling berpengaruh. Aku sendiri masih banyak belajar untuk mengembangkan blog pribadiku ini. So, aku selalu excited setiap memperoleh ilmu baru terkait dengan optimasi blog.

Beberapa waktu lalu, Natur Hair Care menyelenggarakan Blogger Gathering di Bong Kopitown Jogja. Aku beruntung sekali bisa join di event ini. Selain mendapatkan info menarik mengenai produk-produk Natur Hair Care yang teruji kualitasnya, seperti Natur Shampoo, Natur Hair Tonic, dan Natur Hair Mask, aku juga memperoleh wawasan penting mengenai optimasi blog yang diisi langsung oleh expert-nya, yaitu Indah Juli Sibarani.

Anyway, aku bikin videonya juga, loh, tentang keseruan acara ini. Aku unggah di Youtube Channel-ku. Bisa klik tautan di bawah ini, ya.
💛💛💛💛💛

Indah Juli Sibarani, atau yang lebih akrab disapa Mak Injul, adalah seorang pendiri komunitas blogger yang terkenal di Indonesia dengan nama Kumpulan Emak Blogger (KEB). Beliau diberi julukan Makpuh karena tergolong sudah ‘sepuh’ dalam hal per-blogging-an. Wah, sudah pasti pengalaman beliau di dunia blog amat banyak, ya! Luckily, beliau bersedia untuk berbagi pengalaman dan tips & trik di event spesial kali ini! Woohoo!

Apa sih optimasi blog itu?

Actually, hampir semua blogger – orang yang menulis artikel di blog – memiliki satu tujuan yang sama dalam bermain blog: konten blog berhasil masuk dalam halaman pertama di situs pencarian Google. Yup! Page one is the goal.
Kenapa?
Kalau artikel kita bisa masuk dalam daftar pencarian di halaman pertama Google, itu berarti makin banyaklah kesempatan kita mendapatkan banyak click karena orang-orang akan cenderung membuka artikel yang kita buat tersebut. Selain itu, tulisan kita berarti amat direkomendasikan sebab (bisa jadi) banyak orang yang benar-benar butuh informasi yang disampaikan melalui artikel yang kita buat.
Alasan kedua, tidak lain dan tidak bukan yaitu perkara cuan, uang. Kita nggak memungkiri dong pastinya kita berharap bahwa hasil kerja keras kita dalam menulis dapat berbuah duit. Bisa memiliki penghasilan melalui nge-blog adalah impian. And, of course, untuk bisa meraih itu semua diperlukan kredibilitas.

8 cara optimasi blog

Ada banyaaaakk sekali cara untuk mengoptimalkan kinerja blog kita. Bervariasi. Namun, kali ini Mak Injul hanya merangkumnya menjadi 8 cara, antara lain:

  1. Product review
  2. Paid job/blog berbayar/sponsored post
  3. Adsense
  4. Afiliasi
  5. Banner ads
  6. Pay Per Click (PPC)/Cost Per Mile (CPM)
  7.  Text link ads/in text ads
  8. Popup ads
natur beauty gathering
Mak Injul 😎

Lalu, apa aja sih yang harus dipersiapkan?

Yang namanya nge-blog tentu saja harus mempersiapkan konten. Konten adalah kunci. Artikel-artikel yang kita buat adalah kunci utama dalam dunia blogging. However, bikin konten tuh nggak sekadar nulis doang. Kita harus memperhatikan tata caranya.
  • Tema blog/niche. Dalam satu blog alangkah baiknya difokuskan untuk satu niche saja, misalnya beauty, otomotif, techno, travel, dan kuliner. Jangan ‘gado-gado’ alias jadi satu.
  • Organik. Perbanyak artikel yang organik. Artinya, tulisan yang tersaji merupakan hasil murni pemikiran dari penulis, bukan promosi terselubung.
  • Konsisten. Ini nih yang lumayan sulit. Konsisten dalam membuat konten yang berfokus pada satu niche memang gampang-gampang susah. Kita kerap tergoda untuk membuat konten lain. Tapi, menurutku nggak apa-apa juga. Asalkan artikel kita mayoritas tetap berfokus pada niche yang sudah menjadi identitas blog kita. Selain konsisten dalam isi artikelnya, kita juga harus konsisten perihal waktu. Harus rajin memposting artikel. Kalau perlu dijadwal. Jangan sampai blog kita terbengkalai dan being abandoned dalam waktu yang cukup lama. Bisa-bisa dilupakan oleh Google, loh. Oh, no!
  • Loading blog. Sebisa mungkin kecepatan loading blog jangan melebihi 4 detik saat membuka homepage. Karena hal ini sangat mempengaruhi performa blog kita di mata Google.
  • Template. Upayakan template yang kita gunakan itu SEO-friendly, tidak menyusahkan para pembaca, simpel tapi menarik, dan tidak ‘berat’ sehingga membuat loading-nya lama. Kurang-kurangi aja pernak-pernik yang dianggap lucu tapi malah memperberat tampilan blog.
Kemudian, berangkat ke postingannya (artikel). Artikel yang baik harus memenuhi beberapa kriteria di bawah ini:
  • Judul. Tanpa judul, artikel ibarat badan tanpa kepala. Horor sekali. Judul juga penentu artikel kita dilirik atau tidak, loh. Tapi, jangan sampai membuat judul yang clickbait. Judul harus tetap mencerminkan isi dari artikel. Jangan membohongi pembaca hanya karena ingin postingannya dikunjungi!
  • URL & permalink. Tautan ini juga penting. Jangan sampai ketika postingan sudah terbit, url-nya bukan mencerminkan judul postingan, melainkan beberapa kalimat awal paragraf dalam postingan.
  • Meta search. Ternyata meta-description ini penting banget! Dia akan menampilkan ‘ringkasan’ isi postingan kita saat muncul di halaman pencarian Google. Maka dari itu, jangan pernah lupa (dan enggan) untuk membubuhkan keterangan di kolom meta-description. Akan tetapi, keberadaan kolom meta-description ini bergantung pada template blog yang kita terapkan. Ada beberapa template yang tidak menyediakan kolom meta-description ini, loh. Jadi, kita juga harus cerdik memilih template blog.
  • Heading. Hmm, ini adalah bagian yang kerapkali tidak aku perhatikan. Heading ini berfungsi untuk mempermudah mesin pencari dan meng-index blog kita. Selain itu, teknik tag heading ini juga akan mempermudah para pembaca yang datang ke blog kita dalam memahami informasi yang kita berikan melalui postingan itu. Ternyata, sepenting itu ya penggunaan heading ini dalam tulisan.
  • Image/gambar. Sudah pasti lah yaaaaa kita harus menyematkan gambar minimal satu di dalam artikel. Gambar ini berfungsi sebagai ilustrasi dan tentunya mempermudah para pembaca dalam memahami konten. Besides, adanya gambar akan membuat artikel kita tampak menarik, ‘kan? 

Inti dari optimasi blog

“Kuncinya: pembaca. Pembaca adalah pembeli. Pembeli adalah raja, ratu, yang harus dilayani. Kita harus mengerti cara berpikir pembaca.”
natur hair care
Utamakan pembaca 💛
Begitulah pesan Mak Injul. Kita sebagai penulis hendaknya menomorsatukan kebutuhan para pembaca.
Mereka butuh informasi apa aja, sih?
Mereka butuh kabar apa, sih?
Mereka butuh tulisan apa, sih?
Jadi, kitalah yang harus menyesuaikan diri dengan pembaca karena tulisan kita akan dibaca oleh mereka. Kita menulis/menyebarkan info tuh untuk orang lain, untuk pembaca, bukan hanya untuk diri kita sendiri sehingga kita harus mengupayakan sebaik mungkin supaya tulisan-tulisan kita dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca.

Apa yang harus kita lakukan?

Ada dua aspek yang harus diperhatikan, yaitu dalam hal writing dan branding.
Dalam hal writing, kita harus memperhatikan:
  1. Tema/topik
  2. Kata kunci/keyword
  3. Post quality/unik-bermanfaat
  4. Google friendly/irrisistible
  5. SEO on page
  6. Indexing
  7. SEO off page   
Dalam hal branding, kita harus memperhatikan:
  1. Konsistensi
  2. Quantity
  3. Quality
  4. Promosi
  5. Networking

3 program utama yang harus kita lakukan

  1. Strategy: membangun kedekatan dengan pembaca, konsisten, tidak pernah puas menggali ide, dan mencari kata kunci.
  2. Content: jangan sampai menduplikasi konten (copy-paste), pelajari SEO, dan harus selalu up to date.
  3. Personal branding: etika, komitmen, sharing, networking
beauty blogger jogja
Terima kasih, Natur Hair Care.
Seperti itu kiat-kiat dalam optimasi blog ala Mak Injul. Aku pribadi seneng banget dan berterima kasih sekali kepada Mak Injul & Natur Hair Care yang udah menyelenggarakan event ini. Semoga suatu saat bisa berkesempatan untuk mendulang ilmu lainnya di occasion yang berbeda. Aku selalu siap mengosongkan gelas!

2 komentar: