[REVIEW] Fontactiv One, Suplemen Makanan untuk Ibu Hamil

Seorang perempuan yang sedang mengandung diharuskan untuk mengonsumsi bahan pangan yang sehat dan bernutrisi agar kebutuhan gizi bagi diri dan janinnya tercukupi. Bahan pangan ini adalah berbagai sumber makanan harian yang biasa dikonsumsi dan bergizi seimbang seperti yang ada pada lauk-pauk dan sayur-mayur. Namun, terkadang kebutuhan nutrisi ini masih belum tercukupi sehingga dibutuhkan sebuah suplemen tambahan, baik dalam bentuk tablet atau pangan olahan.

suplemen protein
Fontactiv One

Fontactiv One merupakan produk pangan olahan untuk keperluan medis khusus sebagai manajemen diet bagi orang yang membutuhkan dukungan nutrisi, termasuk ibu hamil. Penggunaannya harus dengan resep dan pengawasan dokter loh, yaa. So, nggak bisa sembarangan, guys. Aku diresepi oleh dokter kandunganku Fontactiv One ini saat usia kandunganku memasuki trimester 2.


Bagaimana aturan minum Fontactiv One bagi ibu hamil?

Dokter kandungan menyarankanku untuk mengonsumsinya satu kali sehari, dengan takaran 1 sendok makan dilarutkan dalam segelas air hangat. Ini beda banget sih dengan aturan minum yang tertera di kaleng karena memang disesuaikan dengan kebutuhan aja, jadi nggak saklek gitu. Yang sama adalah, produk ini harus segera diminum setelah dilarutkan dalam kurun waktu maksimal 4 jam. Selain itu, setelah kaleng dibuka, produk ini hanya bisa digunakan selama 4 pekan, selebihnya udah nggak layak untuk dikonsumsi.

suplemen ibu hamil
Aturan minum Fontactiv One

Rasanya gimana? Enak?

Aku dapet sekaleng Fontactiv One dengan rasa vanila, which is rasanya mirip kayak susu vanila. Tapi, ini bukan susu, loh. Nggak ada kandungan laktosanya sama sekali. Malah produk ini punya kandungan protein dan sumber serat pangan yang baik.

Tekstur produknya memang mirip susu bubuk dan bisa larut dalam air. Adanya rasa vanila mungkin untuk menyamarkan rasa asli produk olahan pangan ini, jadi biar tetep nyaman dan enak untuk diminum. Aku biasa meminumnya di pagi hari setelah sarapan.

fontactiv one
Tekstur produk berupa bubuk

Sekaleng Fontactiv One ini memiliki berat bersih sebesar 400 gram. Di dalam kaleng sudah tersedia sendok ukur berwarna biru. Packaging luar produk ini pun didominasi oleh warna biru. Harga produk ini sekitar 130K.

fontactiv one

Apa saja kandungan nutrisi yang ada pada Fontactiv One?

Secara singkat, Fontactiv One mengandung serat (FOS), omega-3 (asam linolenat) 210mg/100g, serta 20 vitamin dan mineral. Juga mengandung seng, selenium, kalsium, dan vitamin D. Lebih lengkapnya bisa dilihat di gambar berikut yang menginformasikan nilai gizi (nutrition facts):

fontactiv one
Nilai gizi pada Fontactiv One

Ingredients:

Maltodekstrin, sakarosa, protein whey, minyak nabati (sawit, inti sawit, rapeseed, bunga matahari, oleat bunga matahari), fruktooligosakarida, 18 garam mineral (kalium klorida, natrium fosfat, natrium sitrat, kalsium klorida, magnesium sitrat, kalsium fosfat, kalium sitrat, magnesium hidroksida, kalium fosfat, kalsium hidroksida, natrium klorida, kalium hidroksida, besi sulfat, seng sulfat, mangan sulfat, tembaga sulfat, kalium iodida, natrium selenit), perisa sintetik vanila, pengemulsi lesitin kedelai, 13 vitamin (C, nikotinamida, E, kalsium pantotenat, B6, B2, B1, A, asam folat, biotin, D, K, B12), minyak ikan, antioksidan (tokoferol campuran pekat, askorbil palmitat).

fontactiv one
Komposisi Fontactiv One

Sampai sini dulu ulasanku mengenai Fontactiv One. See you on my next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar