[REVIEW] Natur Shampoo Ginseng Extract

Kita semua tentu udah nggak asing lagi dengan merek Natur. Brand lokal kebanggaan negeri ini udah malang-melintang di dunia per-haircare-an selama bertahun-tahun. Produknya juga sudah teruji klinis dan mendapat izin edar dari BPOM, serta udah ada cap halal dari MUI. Wah, paket komplit, yaaa! Serasa aman banget buat mengonsumsinya.

Produk perawatan rambut yang aku ulas kali ini adalah shampoo dengan ekstrak ginseng. Kandungan utama berupa ginseng ini berfungsi untuk menjaga kekuatan akar rambut agar rambut nggak gampang rontok. Well, rambut rontok merupakan keluhan mayoritas dari kita, ‘kan? Begitu pula aku. Nah, kira-kira shampoo ini bisa bekerja sesuai dengan klaimnya nggak yaaa? Baca ulasan lengkapku ini sampe abis, zheyenkkk!
shampoo natur
Natur Shampoo Ginseng Extract

Packaging
Bentuk kemasannya botol berleher dengan tutup flip top. Warnanya hitam dengan sentuhan warna gold. Botol ini terbuat dari plastik, jadi nggak perlu khawatir pecah. Pada bagian depan botol ini terdapat keterangan berupa tanda produk telah teruji klinis dan gambar ginseng tentunya. Ada juga keterangan nama, varian, dan fungsi shampoo ini. By the way, ada tiga macam ukuran shampoo ini, antara lain dengan isi 80 ml, 140 ml, dan 270 ml. Bisa disesuaikan dengan selera ya kalau mau beli. Yang paling kecil itu travel friendly banget, loh. Gampang dibawa-bawa dan nggak makan tempat.

Tekstur
Produk dengan berat bersih 140 ml ini bertekstur gel tapi agak liquidy sehingga mudah untuk diaplikasikan ketika keramas. Warna produknya bening kecoklatan. Cara pakainya gampang sekali, zheyenggg. Kalau belum tahu, sini ku ajarin. Simak tutorialnya di bawah ini:
  1. Tuangkan produk secukupnya di telapak tangan.
  2. Letakkan di atas rambut yang sudah dibasahi.
  3. Pijat-pijat kulit kepala secara merata hingga produk menghasilkan busa.
  4. Diamkan sejenak, bisa disambi dengan merenungkan masa depan dan memikirkan alasan Doraemon menyukai dorayaki.
  5. Bilas rambut sampai bersih.
  6. Done!
Hasil akhir setelah keramas tentu saja rambut rasanya kesat dan bersih tanpa ada rasa berminyak sama sekali di tiap helaian rambut yang basah.
ekstrak ginseng shampoo natur
Menuangkan shampoo di telapak tangan

Aroma
Aku sedikit terkejut karena ku pikir shampoo Natur ini baunya masih seperti jamu (just like the last time I used this shampoo several years ago). However, apparently shampoo ini wangi bangetttttt! Segar, wangi bunga, sama sekali nggak ada bau jamu-jamunya babar blas! Good job, Natur! Inovasi yang mantap sekali! Makin nyaman aku pakenyaaaa.

Varian
Untuk produk berupa shampoo, Natur memiliki 5 varian shampoo:
  1. Natur Shampoo Ginseng Extract, berfungsi untuk merawat kekuatan akar rambut.
  2. Natur Shampoo Aloe Vera Extract, berfungsi untuk memberikan nutrisi ke rambut dan membantu menjaga kesuburan rambut sehingga rambut tampak sehat dan lebat.
  3. Natur Shampoo Tea Tree Oil, berfungsi untuk mengurangi ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala.
  4. Natur Shampoo Olive Oil & Vit E, berfungsi untuk menutrisi dan merawat kilau rambut agar tampak sehat dan cantik bercahaya, melindungi rambut dan cocok untuk rambut yang mengalami kerusakan akibat pewarnaan rambut.
  5. Natur Shampoo Moringa Oleifera + Sweet Almond Oil, berfungsi untuk melindungi rambut kusam akibat paparan sinar matahari, merawat, dan menutrisi tiap helai rambut. Tidak menimbulkan reaksi sensitif atau alergi pada kulit kepala kering.
Nah, varian shampoo yang aku pakai yaitu Natur Shampoo Ginseng Extract yang berguna untuk mengurangi kerontokan rambut.
ginseng extract natur shampoo
Tekstur Shampoo Natur

Hasil Pemakaian Shampoo
So far, aku sudah mencoba shampoo ini kurang lebih selama seminggu dan aku pakenya cukup dua hari sekali. Jadi, selang-seling gitu. Hari ini keramas, besok tidak keramas, lusa keramas, besoknya lusa tidak keramas, dan seterusnya (kayak puasa Daud, bro). Well, rambutku memang masih mengalami kerontokan, tapi lumayan lah berkurang. I don’t know this is just sugestiku atau gimana, yang jelas setelah aku pake ini rambutku rontoknya berkurang. Nggak separah sebelumnya. But, sayangnya aku nggak bisa memberikan bukti berupa foto rambut since I am a woman with hijab.

Ingredients
Vitex trifolia fruit extract, Moringa oleifera leaf extract, Sodium Laureth Sulfate, Swertia japonica extract, Morus alba extract, Water, Cocamidopropyl Betaine, Thuja orientalis extract, Eclipta prostata extract, Cocamide DEA, Lauryl Glucoside, Propylene Glycol, Angelica dahurica extract, Crataegus oxyacantha extract, Cyclotetrasiloxane, PEG-200 Hydrogenated Glyceryl Palmate, Phenoxyethanol, Fragrance, Panthenol, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Olive Oil PEG-7 Esters, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Panax ginseng extract, Cyclopentasiloxane, Imidazolidinyl Urea, Methylparaben, Sodium Chloride, Dimethiconol, Allantoin, Citric Acid, Glutamic Acid, Lysine HCI, Propylparaben, Sodium Benzoate, TEA-Dodecylbenzenesulfonate, Potassium Sorbate.
💛💛💛💛💛
Beberapa pros yang aku suka dari Natur Shampoo Ginseng Extract ini yaitu:
  • Wangi!
  • Rambut kesat, bersih ketika masih basah.
  • Rambut mengembang ketika sudah kering.
  • Helaian rambut terasa lebih halus ketika diraba.
  • Harganya terjangkau, sekitar 30K untuk shampoo ukuran 140 ml.

Con-nya hanya satu: rambut terasa sedikit lepek di hari berikutnya (hari di mana aku tidak keramas). Perhaps ini karena aku berkegiatan dengan frekuensi mobilitas yang cukup tinggi sehingga memproduksi banyak keringat. Jadinya, ngaruhnya di tampilan rambut yang sedikit lepek. Apalagi, rambutku tertutup hijab ketika di luar rumah. But, it’s okay’cause this is a normal thing.

Segitu dulu ulasan dariku mengenai Natur Shampoo Ginseng Extract. Tertarik buat nyobain produk dalam negeri ini?

28 komentar:

  1. saya pakai shampoo natur juga mbak, yang ginseng buat rambut rontok :) dulu baunya ga enak karena jamu2 itu, sekarang enak karena udah ganti formula jadi wanginya floral

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mbak. Wanginya seger banget sekarang. Tampaknya pihak Natur mempertimbangkan dengan matang beberapa keluhan dari customer-nya yaaa perihal aroma shamponya. :))

      Hapus
  2. Aku suka wangi shampo natur yg ginseng ini, kl rambut lg sering rontok atau patah ini ampuh banget. Entah kenapa, kulit kepala jg jd bersih banget dan seger abis pakai ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rambut bener-bener kesat gitu rasanya ya beb. Nggak ada minyak-minyaknya sama sekali pokoknya. Kayak super bersih gitu. :))

      Hapus
  3. Dari jaman dulu, natur udah paling terpercaya sebagai perawat rambut terkemuka nan terpercaya. Rambut tebal nan sehat bukan lagi impian kalau udah kenal Natur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu pertama kali pake Natur nggak suka karena baunya kayak jamu, mbak. Tapi terus baru kemaren nyoba, eh ternyata wangi. Jadi suka sekarang, kwkwkwk..

      Hapus
  4. Sudah banyak improvement berarti ya mba. Aku juga sudah lama ngga pakai produk ini. It looks great for the hair

    BalasHapus
  5. Ginseng memang dipercaya bagus buat mengatasi kesehatan kulit kepala dan rambut. Terutama buat kerontokan

    BalasHapus
  6. natur andalan banget deh untuk rambut rontok dari dulu, karena extra gingsengnya memang bagus yah untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

    kalau untuk lepek mungkin karena belum benar-benar kering mbak rambutnya sudah pakai hijab, jadi setelahnya agak lepek rambutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bisa jadi ya mbak. Aku jarang pake hair dryer soalnya setelah abis keramas.

      Hapus
  7. Ak pakai natur tp yg hair tonic nya, shampoo nya malah belum cobain haha. Next time deh cobain shampoo nya jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, malah hair tonicnya duluan ya beb nyobanya, hihiiii. Cuss buruan cobain juga shampoonya, beb. :)

      Hapus
  8. Samaan doonk...aku juga pakai Natur yang Ginseng.
    Berharap masalah rambut rontok teratasi dengan mudah.
    Alhamdulillah~
    Makin berkurang rambut rontoknya pas nyisir.

    Happy bangeett~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahhh, such a nice review, mbak.
      Berarti cocok banget yaaa pake Natur.
      ^^,

      Hapus
  9. Baca info tentang Natur ini lumayan banget nih, jadinya bisa mengurangi kerontokan rambutku.. Makasih banyak hehe

    BalasHapus
  10. Ku lagi coba pakai Natur Shampoo yang ginseng. Kalau di aku, hari ketiga rambutnya lepek.

    BalasHapus
  11. Aku sudah coba semua varian shampoo nya Natur mba. Suka sama wangi nya dan dalam 14hari kerja sudah ada perubahan pada rambut aku. Love

    BalasHapus
  12. Ini salah satu sampo favorit aku. Rambutku yang rontok jadi kuat. Duka dengan wangi herbalnya yang seger. 👌

    BalasHapus
  13. aku juga sekarng lagi pake natur yang gingseng, soalnya rambut lgi rontok banget niih, semoga makin sehat rambutnya hehehe

    BalasHapus
  14. Sekarang wangi sampo natur enak ya, nggak bau herbal banget, kalau dulu rambut sempat kering pakai natur sekarang udah nggak, enak deh pakai natur rambut rontok berkurang

    BalasHapus
  15. Wah jd shampoonya baunya udah enakan yaaa. Keren berarti Natur ya. Selama ini kalau kualitas produknya dalam merawat rambut udah gak bisa diragukan lagi, cuma masalah baunya, tp skrng udah lbh baik ya

    BalasHapus
  16. IYa sekarang wangi shampoo nya better dibandingkan dulu yah, heheh. Dulu kurang suka sama bau nya tapi sekarang suka dan pake lagi soalnya rambut rontoknya lumayan parah nih.

    BalasHapus
  17. Super cucmey buat rambutku yg rontok nih mba walau udah d potong pendek tetep aja rontok, untung ada Natur

    BalasHapus
  18. Aku juga pake ini Dari dulu buat rambut Ku yang rontok , aku lebih cocok natur ketimbang shampoo yang lain nya kalau buat urusan rambut rontok

    BalasHapus
  19. Natur tuh andalan aku banget mba. Nggak mudah rontok. trus wanginya natural :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru dua minggu pake ini nih, mbak. So far aku juga suka. :)

      Hapus