[REVIEW] Mineral Botanica Original Loose Foundation

Bedak tabur merupakan barang yang wajib ada di meja rias orang yang bersahabat dengan kulit berminyak. Gimana enggak? Bedak tabur berfungsi juga sebagai ‘kuncian’ untuk mendapatkan hasil riasan yang tidak mengkilap atau istilahnya matte. Orang yang memiliki jenis kulit normal to oily sudah pasti akrab dengan produk makeup yang bernama bedak tabur.
bedak tabur mineral botanica
Mineral Botanica Loose Foundation

Biasanya bedak tabur yang diaplikasikan di wajah tuh sifatnya gampang banget ilang kayak gebetanmu. Selain itu, coverage-nya juga kurang. Sebagai solusi atas permasalahan tersebut, Mineral Botanica meluncurkan salah satu produk bedak tabur sekaligus alas bedak. Alih-alih diberi nama loose powder, produk ini malahan disebut sebagai original loose foundation. Jadi, ini adalah foundation yang dikemas dalam bentuk bedak tabur.

Hah?

Iya, beneran.

Penasaran? Simak ulasanku sampai habis, ya!

Packaging
Dikemas dengan dus warna hitam yang elegan, bedak ini juga tampak mewah. Nggak ‘rame’, nggak berisik gitu. Tutupnya berwarna hitam, wadah bedaknya transparan dan terbuat dari plastik. Terdapat separator agar puff bedak dapat terpisah dari produknya. Anyway, puff-nya juga lembut banget, berwarna putih.

Tekstur
Bedak yang aku punya ini shade-nya Beige. Ada tiga shades yang tersedia, if I’m not mistaken. Beige adalah shade tergelap. Well, di aku emang lebih gelap satu tingkat sih dari kulit asliku. But, it’s still good enough. Masih bisa kepake. Teksturnya lembut banget. Nggak ada partikel shimmer sama sekali. Haluuusss gitu hasilnya di wajah.
original loose foundation mica
Tekstur bedak Mineral Botanica
Aroma
Wanginya lembut banget seperti bunga. Nggak terlalu mengganggu, kok. Buat yang sensitif dengan bau-bauan, produk ini masih tergolong aman. Meskipun aman, jangan sekali-sekali menghirup bedak ini dari dekat, ya. Sayangi paru-paru Anda dan jaga kesehatan jiwa Anda!

Coverage
Tampilan wajah yang tadinya mengkilap (setelah sederetan skincare diaplikasikan di wajah) menjadi matte begitu bedak ini diulaskan. Bener-bener matte! Coverage-nya medium, sedang-sedang saja. Mungkin karena teksturnya yang powdery ini yaaaa, jadinya untuk segi coverage nggak bisa full. Flaws di wajah masih terlihat. Barangkali kalau sebelumnya udah pake concealer, segala bekas jerawat itu bisa ter-cover,ya. Somehow, bedak ini bagus buat meratakan tone kulit. Aku suka banget! Ini dipake setiap hari pun rasanya enteng. Dan, yang jelas sih ini efektif untuk memangkas waktu dandan, apalagi kalau lagi buru-buru. Favorit!

Ketahanan
Aku pernah menggunakan bedak ini (tanpa foundation) dan hasilnya makeup masih lumayan on hingga 8 jam. Kondisi wajahku saat itu normal, nggak berminyak banget, dan aku juga nggak beraktivitas yang berat-berat, seperti olahraga, naik gunung, atau berdebat dengan pacar. Cukup terkejoed juga aku, beeebbb! Wajahku masih flawless. Oh, iya. Kondisinya nggak se-matte seperti di awal pengaplikasian bedak ini, ya. Udah mulai berubah menjadi glowing manja, like glowing from within gitu deh. Nggak too much. I guess bedak ini juga punya oil control yang baik, walaupun nggak ada klaim yang menyatakan hal tersebut.
loose foundation mineral botanica
Puff-nya empuk
bedak tabur bercoverage mineral botanica
Bagian belakang produk
Harga
Since this comes from a local brand, harganya tentu nggak menyusahkan kantong pelajar, ya. Untuk bedak dengan netto sebesar 15 gram, produk ini harganya 55K. Mineral Botanica ini juga menerapkan no animal testing, loh. Salut!

Ingredients
Mica, Talc, Titanium Dioxide, Cellulose, Squalane, Isopropyl Myristate, Dimethicone, Isononyl Isononanoate, Hydrogen Dimethicone, Magnesium Stearate,  Hydrolyzed Adansonia Digitata Extract, Aluminum Hydroxide, DMDM Hydantoin, Methicone Copolymer, Phenoxyethanol, Butylated Hydroxytoluene, Oryza Sativa Bran Oil, Tocopherol, Tocopheryl Acetate, Methicone, Fragrance, Ethylhexylglycerin.
Main contain: Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499
wadah bedak tabur mineral botanica
Wadah yang transparan memudahkan dalam melihat sisa produk
Untuk merangkum semua paparanku di atas, aku akan menyebutkan secara singkat pros dari bedak tabur ini, ya. Sekaligus ini merupakan klaim yang dinyatakan oleh Mineral Botanica Original Loose Foundation.
  •  Natural glow
  •  Light feeling
  •  Flawless coverage
  •  Clearer looking skin

Con-nya cuma satu: shade-nya masih terbatas banget untuk range warna kulit orang Indonesia.

Segitu dulu ulasan dariku mengenai Mineral Botanica Original Loose Foundation. See you on my next post!

Baca Juga:
Lip Cream Legendaris dari Mineral Botanica 
Mineral Botanica Juga Ada Body Care-nya, Lho! 

17 komentar:

  1. mineral botanika ini produknya bagus2 ya aku belum pernah coba produk makeup nya mbak, tapi skincarenya udah dan sejauh ini cocok2 aja

    BalasHapus
  2. aku termasuk yang jarang banget pake bedak, malah cenderung gak bisa, susah nempel gitu, alhasil aku pakai cushion aja deh

    BalasHapus
  3. baru kali ini denger loose foundation haha, oke juga nih ya tahan sampe 8 jam dan bikin flawless

    BalasHapus
  4. Unik banget konsepnya foundation dalam bentuk tabur. Aku jadi mau coba deh, karena aku ga suka pake foundie buat daily.

    BalasHapus
  5. Agak bingung pas denger namanya nih hehe ternyata ini konsepnya foundation dalam bentuk tabur ya. Jadi pengen cobain deh

    BalasHapus
  6. Bedak tabur aku kayaknya gak bisa makenya mbak, selain gak terbiasa juga sebab kulitku kan kering jadi malah jadi gak rata hihihi ada tips untuk kulit kering?

    BalasHapus
  7. Botanica ini merk fave aku buat lipsticknyaa...
    (aku lupa, dia namain apa siih? hehhe..pokonya beneran tahan lama walau badai menghadang)

    Kece banget..

    BalasHapus
  8. Belum pernah coba nih si Mineral Botanica Original Loose Foundation ini
    Salut banget sama Mineral Botanica yang no animal testing yaa

    BalasHapus
  9. Katanya ini salah satu yang bagus yaa? Aku juga suka bingung nih sama penamaan loose foundation dll. Jadi pakainya kapan? hahaha perasaanku kaya gif kelinci di atas wahahaha

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu bedak tabur bisa dipakai buat foundation juga, wah keren ya Mineral Botanica ini. Karena kan biasanya langsung hilang gitu aja tuh kalau bedak tabur.

    BalasHapus
  11. Wah mantap nih beb bedak tabur bisa buat foundie juga tapi sayang yah cuma 1 shade kurang banyak varian shade nya

    BalasHapus
  12. Aku jadi penasaran nih ada bedak tabur yang juga berfungsi sebagai foundation, Tapi sayangnya hanya ada satu shades saja ya

    BalasHapus
  13. Katanya sebagus itu soal mineral botanica ya kak? Jadi mauu banget ya ampun nyobain, karena udah terpincut sama keunikan loose powder dan fondi ini

    BalasHapus
  14. Tekstur bedaknya bagus ya mbak. Saya blm pernah mencoba sebelumnya. Kalau buat pertama pakai seperti saya, apa perlu konsultasi ke dokter terlebih dulu? Soalnya muka saya kl pertama pakai apapun kadang ada yg bikin mengelupas gitu mbak

    BalasHapus
  15. Keingetan awal pertama nyobain matte lipsticknya, boleh deh nyobain ini juga nanti

    BalasHapus
  16. aku jadi penasaran sama loose powdernya mineral botanica soalnya aku belum pernah coba nih

    BalasHapus
  17. Kalau aku pakainya yang seri acne-nya kak, yang kemasannya warna pink. Di aku hasilnya bagus dan harganya terjangkau juga untuk ukuran loose powder foundation. Yang seri original ini aku malah belum sempat icip.

    BalasHapus