Solusi Mata Kering: Insto Dry Eyes

Generasi milenial identik dengan kebiasaan terpapar layar gawai dalam waktu yang cukup lama. Bagi pekerja digital, misalnya para programmer, content writer, administrator, dan pegawai kantoran lain, seharian mantengin laptop adalah hal biasa. Bekerja di depan layar gawai, baik itu laptop ataupun smartphone, selama 6-9 jam dalam waktu satu hari sudah menjadi bagian dari aktivitas rutin sehari-hari.

Tidak hanya orang-orang yang identik dengan pekerjaan sebagai digital nomad, orang dengan profesi-profesi yang dulunya dianggap konvensional, misalnya guru, kini diwajibkan untuk menggunakan gadget sebagai media pembelajaran. Administrasi pembelajaran dalam bentuk elektronik dan daring sudah digalakkan sehingga segala aktivitas pembelajaran bersifat paperless. Menjadi guru di zaman sekarang bukan lagi hal yang mudah, loh. Selain harus menguasai materi pembelajaran beserta teknik dan strategi pembelajaran, guru juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi, dalam arti guru harus familiar dalam penggunaan gadget. Jadi, mau tidak mau paparan gadget sudah tidak bisa terhindarkan lagi.
Terpapar layar laptop dalam waktu lama
Studi menunjukkan bahwa mata lelah dan gejala gangguan penglihatan lainnya terjadi pada 50-90% pekerja yang bekerja menggunakan komputer (1). Tidak perlu jauh-jauh membicarakan profesi. Di masa sekarang keberadaan gadget memang sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Mulai dari bangun tidur hingga kembali lagi ke tempat tidur, jarang sekali smartphone lepas dari genggaman. Mengecek jam, mengecek jadwal di notes, membuka berbagai notifikasi chat yang ada dalam aplikasi messenger, dan scrolling media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook sudah pasti tidak akan pernah terlewatkan. Jangan lupa, kebiasaan menonton televisi atau streaming video Youtube dan kebiasaan membaca buku selama berjam-jam juga tidak absen dalam kegiatan harian kita.
insto regular
Kebiasaan berlama-lama di depan laptop

Pernahkah bertanya pada mata kita?

Setelah melalui berbagai aktivitas menarik dan bervariasi dalam waktu satu hari, tibalah saatnya untuk mengistirahatkan mata pada malam hari dengan cara tidur. Keesokan harinya, saat kita terbangun, mata kita kembali lagi bekerja untuk melakukan aktivitas yang sama seperti hari kemarin. Begitu pula hal yang terjadi lusa, pekan depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya. Seperti itulah hal yang terjadi setiap hari. Lalu, pernahkah kita menanyakan kabar mata kita?
insto tetes mata
Bagaimana kabarmu, mata?
Mata adalah salah satu organ tubuh yang vital. Setiap hari mata terpapar layar gawai dalam ukuran inch yang bervariasi. Mata semacam ‘dipaksa’ untuk terus melihat paparan layar selama berjam-jam tanpa istirahat. Sudah seharian bekerja menatap layar laptop, setelahnya kita istirahat dengan cara mencari hiburan scrolling-scrolling barang belanjaan lucu di Marketplace. Selain itu, aktivitas seru seperti membaca thread yang menghibur di Twitter juga tidak pernah ketinggalan.
Eittt, masih ada lagi. Ada video menarik yang jangan sampai terlewatkan untuk ditonton di Youtube. Apa tidak lelah?

Kita kerapkali menyangkal dan mengabaikan tanda-tanda mata lelah setelah seharian beraktivitas. Rasa capek itu tidak hanya kepala dan badan yang merasakan, loh. Mata juga bisa capek. Kita semua pasti pernah merasakan mata sepet. Aneh gitu rasanya, ‘kan? Setelah itu, kita hanya menyiasatinya dengan cara mengedip-ngedipkan mata beberapa kali. Abis itu, lanjut lagi. Anyway, mata kalau bisa bicara, mungkin dia sudah sambat: “Heiiii, udahan, dong. Capek, nih. Pengen tidur.”

Mata juga bisa mengeluh, loh!

Tubuh yang dipaksa melakukan aktivitas berat seharian, pasti akhir-akhirnya akan terasa pegal sekujur badan. Begitu pun dengan mata. Namun, kita sering mengabaikan kondisi mata pegel dan mata kering, loh. Kenapa bisa begitu? Karena kita kerapkali tidak menyadarinya.
Sebenarnya organ ini sudah memberikan beberapa indikator bahwa mata butuh istirahat saat gejala-gejala di bawah ini kita alami:
  1. Mata kering
  2. Mata sepet
  3. Mata pegel
  4. Mata perih
  5. Mata lelah
tetes mata insto
Credit: instodryeyeducation.com
Akan tetapi, berhubung kita keasyikan dalam berkegiatan, mata kita jadi terabaikan. Bermain handphone dan gadget dalam jangka waktu yang lama, berlama-lama menatap layar TV dan laptop, menyetir kendaraan dalam jangka waktu yang lama, paparan AC/pendingin udara serta membaca dan belajar dalam jangka waktu yang lama sering kali menimbulkan gejala mata kering seperti mata sepet, pegel, dan perih. (2)

Kalau mata kering, baiknya diapain, dong?

Selain mengistirahatkan mata dengan cara memandang lingkungan sekitar, ternyata mencoba untuk memberikan tetes mata dapat melegakan mata pegel, loh (3). Insto Dry Eyes bisa dijadikan sebagai alternatif dalam memberikan penanganan pertama untuk mata kering. Well, Insto Dry Eyes ini mudah dijumpai di mana-mana. Di minimarket, di apotek, bahkan di warung tetangga pun ada yang jual, kok. Aku sendiri membeli produk ini di minimarket dekat rumah. Harganya juga terjangkau, yaitu sebesar Rp14.500,00.
tetes mata
Insto Dry Eyes

Kenapa harus Insto Dry Eyes?

Tetes mata ini berguna untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata (seperti rasa mata sepet), meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderita rheumatoid arthritis, kerato conjunctivitis,  dan xerophthalmia). Selain itu, tetes mata ini juga berguna sebagai pelumas pada mata palsu.

First impression

Ketika pertama kali aku menggunakan tetes mata Insto Dry Eyes ini, yang aku rasakan: sejuk, adem. Tidak ada rasa perih sama sekali. Produk ini tidak berbau. Warnanya bening seperti air jernih. Aku meneteskan Insto Dry Eyes ini ketika mataku mulai terasa sepet. Biasanya sih karena aku sedang menulis di laptop dan melakukan research ini-itu selama lebih dari dua jam, termasuk menuliskan artikel ini. (Eh, loh, malah buka rahasia, wkwk) 😂
tetes mata insto
Meneteskan Insto Dry Eyes untuk meredakan mata kering
Aturan pakainya cukup sederhana, yaitu 1-2 tetes pada setiap mata, tiga kali sehari atau sesuai anjuran dokter. Kalau aku sih pakainya cukup sekali sehari saat mata benar-benar butuh hidrasi. Itupun hanya masing-masing satu tetes setiap mata.

Apa saja kandungan utama yang ada pada Insto Dry Eyes?

Tiap ml larutan isotonik steril mengandung Hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan Benzalkonium chloride 0,1 mg. Anyway, isi bersih Insto Dry Eyes ini sebanyak 7,5 ml. Berhubung produk ini mengandung pengawet Benzalkonium chloride, kita tidak dapat menggunakannya secara terus-menerus atau secara rutin.

Lalu, kapan waktu yang tepat menggunakan Insto Dry Eyes?

Dipakainya sesuai kebutuhan saja dan secukupnya. Penggunaan jangka panjang dan secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan selaput mata. Di packaging-nya sudah tertera sebuah peringatan bahwa tidak diperbolehkan menggunakan produk ini secara rutin dan untuk jangka panjang. Selain itu, bagi pengguna kontak lensa, kalau mau meneteskan Insto Dry Eyes sebaiknya kontak lensa dilepaskan terlebih dahulu. Kontak lensa bisa dipasang kembali minimal 10-15 menit setelah Insto Dry Eyes diteteskan ke mata.

Kemasan/packaging

Produk ini praktis banget dibawa ke mana-mana. Ukurannya mungil dan nggak makan tempat. Tutupnya berwarna biru, sementara botolnya terbuat dari plastik dan bersifat transparan sehingga kita bisa melihat isi produknya.
Dusnya juga praktis banget dengan tone warna biru dan hijau. Terdapat keterangan produk di sisi-sisinya, termasuk peringatan, indikasi, dan aturan pakai. Ada logo barcode-nya juga. Insto Dry Eyes merupakan produk keluaran dari Combiphar which is perusahaan produsen obat-obatan asal Indonesia yang telah berdiri sejak 1971 dan telah memproduksi serta memasarkan 200 merek obat-obatan (4).

Adakah produk tetes mata selain Insto Dry Eyes?

Ada satu produk lagi, bernama Insto Regular. Tetes mata ini berfungsi untuk meredakan iritasi ringan pada mata berupa mata merah, gatal, perih, dan berair. Ibuku tempo hari juga menggunakan Insto Regular ini ketika beliau mengalami mata gatal. Setelah ditetesi produk ini, matanya jadi kembali sembuh seperti sedia kala.
insto regular
Insto Dry Eyes dan Insto Regular
Berbagai informasi mengenai produk-produk Insto ini bisa dicek di website-nya, ya.
Sekarang nggak perlu bingung lagi untuk menentukan solusi mata kering yang kita alami. Cukup teteskan Insto Dry Eyes pada mata dan masalah pun teratasi.

Sumber:
(1) insto.co.id/eyeducation/mata-kering-karena-layar-komputer
(2) instodryeyeducation.com/
(3) id.m.wikihow.com/Mengatasi-Mata-Lelah-dan-Merasa-Segar
(4) id.wikipedia.org/wiki/Combiphar

38 komentar:

  1. aku pemakain insto kak, suamiku juga, apalagi suamiku, krn sehari2 pakai motor jadi harus di bekelin insto soalnya kalau kena debu atau pasri suka perih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak. Insto ini berguna banget buat mengatasi mata lelah selama perjalanan.

      Hapus
  2. Aku dr jaman baheula suka pakai insto. Kebetulan tipe mataku juga suka berair kalau kena debu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbekal tetes mata Insto ini buat keseharian ya, mbak. ;-)

      Hapus
  3. Insto ini wajib sih aku sediain di kotak obat rumah. Aku jg kadang suka tetiba kering bgt mata karena kelamaan liat laptop dan hape..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, beb. Kalo kelamaan mantengin layar laptop/smartphone, mata rasanya jadi kering. Terus solusinya pake Insto Dry Eyes ini, deh. :)

      Hapus
  4. Yang kebanyakan di depan layar bakalan ngalami mata pegel
    saaya juga sering mba, alhamdulillah ada insto ini. Jadi aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mak. Selalu sedia Insto Dry Eyes, ya! ;-)

      Hapus
  5. Matanya cantik sekali, kak. Memang harus dirawat baik2 ya biar ga kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, kak. :)
      Hihii, karena di-makeup juga itu. :p

      Merawat kesehatan mata merupakasan salah satu cara mensyukuri nikmat dari Tuhan ya, kak. :)

      Hapus
  6. Ini tuh aku banget deh mata kering, karena suka berlama-lama dengan handphone dan laptop. Dulu mikirnya jangan-jangan minusku nambah nih, ternyata pas dibawa ke optik gak nambah. Dikasih tau sama orangnya coba cek dokter dan benar deh ternyata gejala mata kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gejala mata kering itu pun ternyata solusinya cukup ditetesi Insto Dry Eyes, kak. :)

      Hapus
  7. Aku lagi sering menatap layar handphone tapi daridulu emang aku udah pakai insto jadi udah suka pake insto karena emang ngebantu ketika mataku mulai sepet banget .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuihhhh, testimoni langsung nihhh dari konsumen setianya Insto. :)

      Hapus
  8. Mata lelah memang kadang sedikit mengganggu ya mba, tapi setelah pak insto langsung kebantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung segerrrrr rasanya di mata, mbak. Hihihiii

      Hapus
  9. Insto memang kayanya obat tetes mata sejuta umat ehehe. Aku pun sedia insto dirumah. Kalo aku sedia karena aku kadang suka pakai softlens

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejuta umat :)))
      Iya nih, mbak. Harganya pun terjangkau. Gampang dijumpai di toko-toko terdekat pula.

      Hapus
  10. Sama nih kayak aku Ka, sering diem depan laptop nih karena tuntutan pekerjaan
    Duh wajib langsung ke apotek ah mau nyari Insto

    BalasHapus
  11. Baca-baca soal mata kering bikin keingetan sama diri sendiri yang suka cuekin mata perih dan kering. Padahal gak nyaman banget. Kudu nih aku juga selalu sedia Insto. Biar mata selalu segeeeer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Selalu sedia Insto Dry Eyes di kala sewaktu-waktu dibutuhkan.

      Hapus
  12. keren ini ya tipsnya. Perlu banget kita menjaga mata agar tidak kering ya, biar tetap sehat dan bahagia hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii, betul, Mak.
      Menjaga dan merawat mata sebaik mungkin adalah salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan.

      Hapus
  13. Nggak nyaman emang ya mba kalau mata kering. Menganggu juga dan untung ada insto ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapppp~
      Insto Dry Eyes bisa dijadikan sebagai solusi mata lelah, mbak.

      Hapus
  14. duh kayanya aku juga mau beli tetes mata nih, soalnya akhir akhir ini kalo naik motor tu suka kena debu dan bikin mata merah dan ga nyaman yaaa, butuh banget tetes mata buat dibawa kemana mana nih kayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cusss langsung beli dan sedia selalu Insto Dry Eyes, beb :)

      Hapus
  15. tersolutif banget dengan hadirnya Insto ini bikin mata emg gajadi kering ya mbaa. karena pake kacamata, rasanya mata mudah lelah dan berair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yappp, mbak. Solusi jitu buat mengatasi mata kering dan lelah emang pake tetes mata Insto Dry Eyes ini.

      Hapus
  16. Ini benar-benar jadi solusi dan senjata banget untuk mengatasi mata kering dan iritasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak. Kalau mata terasa sepet atau kering, tetesin aja pake Insto Dry Eyes. Jangan dikucek-kucek matanya.

      Hapus
  17. Aah...paling suka mengabaikan mata lelah kalau aku mah...
    Jadi harus lebih perhatian lagi niih...kalau mata sudah mengeluh.
    Pakai Instro Dry Eyes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuppp, mbak. Betul sekali.
      Tetes mata yang direkomendasikan memang Insto Dry Eyes ini.

      Hapus
  18. Sebenernya aku gak butuh insto, karna kalau mata capek, liat kamu aja uda auto seger. *Yhaaaa! wkwkkwkw :D

    Sejauh ini aku juga punya keluhan mata yang sering kering/pedes/sepet sih, apalagi kalau lg PP luar kota. Tp blm pernah sekalipun pakai tetes mata. Hehe kyknya bs dicoba nih nanti. Nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sa aeeeee, mas Aji niiiiii. 😂😂
      Cusss cobain juga Insto Dry Eyes-nya.

      Hapus
  19. Thanks for sharing, nice artikel,..

    BalasHapus