Raiku Beauty Brightening Series [REVIEW]


Skincare lokal belakangan ini bener-bener lagi gencar. Mulai dari satu rangkaian basic skincare, sampai merambah ke perawatan khusus jerawat dan anti-aging. Skincare yang akan aku ulas kali ini lebih mengarah ke basic skincare, tapi mengutamakan sisi brightening-nya. Wah, kayak apa tuh?
So, basicly, satu rangkaian produk perawatan wajah yang aku pakai ini merupakan skincare dasar yang umumnya digunakan semua orang setiap hari. Mulai dari pembersihan (adanya cleansing product), kemudian penyegaran dengan menggunakan toner, dilanjutkan dengan penambahan hidrasi kulit untuk menjaga kelembaban kulit. Nah, tapi di sini istimewanya, produk-produk yang aku pakai ternyata memberikan efek cerah (brightening) di wajah! Jadi, nggak salah kalau satu rangkaian skincare yang mau aku bahas ini dinamakan Raiku Brightening Series.
Anyway, kenalan dulu, yuk, sama Raiku Beauty!
Raiku Beauty Brightening Series
Raiku Beauty adalah brand perawatan kulit yang baru belakangan ini rilis di Indonesia. Sebagai brand lokal, tentu nama Raiku Beauty terdengar asing di telinga. Aku awalnya mengira ini adalah brand asal Jepang. Namun, ternyata aku salah sangka. Wkwk~ 😂
Lagian, beberapa brand lokal pun kerapkali menggunakan nama-nama yang terkesan asing dan jauh dari nama yang terdengar ke-Indonesia-an, gitu. But, in the end, it doesn’t even matter. Apalah arti sebuah nama, kalau kata pepatah sih gitu.
👀
Kembali ke Raiku Beauty.
Brand ini lebih mengutamakan keunikan dan kecantikan yang tidak bisa didefinisikan hanya dengan satu standard. Secara filosofis, brand ini mengangkat rasa percaya diri dan apresiasi diri sebagai sebuah kekuatan yang akan mengunggulkan kecantikan sejati tiap-tiap individu yang ditampilkan secara sederhana. Aku setuju dengan konsep Raiku Beauty ini. Sebagai manusia, tentu kita mengharapkan diri kita bisa memiliki value yang bermanfaat dengan cara yang sederhana tanpa berbelit-belit. Secara performa pun, sama halnya. Kita mampu tampil maksimal dan eye-catchy dengan cara yang sederhana tanpa harus terkesan lebay dan norak, of course. Sementara itu, Raiku Beauty sendiri dapat me-reveal-nya melalui sebuah produk.
Rangkaian produk perawatan wajah dari Raiku Beauty ini cukup sederhana. Langkah-langkah yang diterapkan pun tidak ribet dan tidak banyak. Kita bisa mengefektifkan waktu untuk melakukan hal lain tentunya, tanpa harus meninggalkan ritual skincare kita. However, hasil yang kita dapatkan tidak sesederhana steps yang dilakukan dalam pengaplikasian skincare ini. Hasilnya 80% sesuai dengan klaimnya. Amazing!
Lalu, produk apa sajakah keluaran Raiku Beauty yang benar-benar bisa mencerahkan kulit? Well, di sini aku akan mengulas satu per satu dalam rangkaian skincare yang dikemas dalam seri Brightening Series. Tulisan ini akan sangat panjang karena mencapai lebih dari 1800 kata. Bagi kamu yang kurang tertarik untuk membaca, bisa skip dan langsung klik tautan di bawah ini untuk menonton videoku mengenai review Raiku Beauty di Youtube Channel-ku. Enjoy, guys~

Raiku Cleansing Cream
Krim pembersih yang dapat membantu membersihkan wajah dari sisa kotoran, minyak, dan makeup dengan lembut. Mengandung Chamomile Extract dan Vitamin E yang dapat membantu menjaga kelembaban dan membuat kulit tampak lebih cerah.
Raiku Beauty Cleansing Cream
Dengan berat bersih sebesar 60 gram, produk ini datang dengan tekstur campuran antara gel dan creamy. Aku sebut teksturnya seperti lelehan lilin yang lembut, berwarna bening sedikit keruh (hah what?). Yaaaa, pokoknya seperti warna lilin putih yang meleleh itu, loh.
Begitu diratakan di seluruh wajah, produk ini langsung bisa melting dan dengan mudah menghapus sisa makeup dan kotoran yang ada di wajah. Nggak ada bau yang aneh dan nggak ada rasa yang aneh di wajah. Wajahku tetep aman tanpa rasa perih. Muka juga nggak greasy sama sekali. Tapi, khusus untuk area mata dan bibir (yang biasanya banyak tertimpa produk makeup yang sifatnya matte) harus dibersihkan dengan makeup remover.
Harga produk ini sebesar 68K.
Ingredients: Aqua, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Cetearyl Alcohol, Dimethicone, Ricinus Communis Seed Oil, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Cetearyl Glucoside, PEG-20 Stearate, Caprylic/Capric Triglyceride, Allantoin, Triethanolamine, Chamomile Recutita Extract, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Cross Polymer, BHT, Benzotriazolyl Dodecyl p-Cresol, Glucose.

Raiku Cleansing Foam
Pembersih wajah yang membersihkan wajah dengan lembut secara menyeluruh. Mengandung Rice Extract yang dapat membantu membuat kulit tampak lebih cerah dan menjaga kelembaban kulit.
Aku setuju dengan klaim di atas. Wajahku tetap lembab sekalipun telah dibersihkan dengan sabun cuci muka ini. Hasil akhirnya kesat tapi lembab, nggak ada rasa ketarik. Muka juga terlihat lebih cerah dan segar.
Raiku Beauty Cleansing Foam
Tekstur produk ini hampir sama dengan Raiku Cleansing Cream, hanya saja produk ini akan menghasilkan busa ketika ditambahi air kemudian diusap-usapkan di wajah. Produk ini nggak berbau dan nggak bikin wajah perih. Yang ada wajah malah jadi seger rasanya.
Harga produk ini dibandrol sebesar 68K dengan berat bersih sebanyak 60 gram.
Ingredients: Glycerin, Aqua, Stearic Acid, Sodium Laureth Sulfate, Propylene Glycol, Cocamidopropyl Betaine, Myristic Acid, Potassium Hydroxide, Sodium Cocoyl Alaninate, Cocamide DEA, Acrylates Copolymer, Sodium PCA, DMDM Hydantoin, Oryza Sativa Bran, Inositol, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Fragrance.

Raiku Brightening Toner
Toner yang dapat mengangkat sisa kotoran dan makeup dengan mudah. Mengandung Niacinamide dan Rice Extract yang dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya, dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.
Peringatan: Toner ini mengandung bahan aktif AHA. Gunakan selalu pelembab yang mengandung SPF pada siang hari.
Raiku Beauty Brightening Toner
Langkah selanjutnya setelah wajah selesai dibersihkan yaitu mengusapkan toner. Cara pakainya bisa dengan dua cara: 1) ditepuk-tepuk dengan telapak tangan yang sudah ditetesi oleh toner, 2) ditepuk-tepuk dengan menggunakan kapas yang sudah ditetesi oleh toner.
Kalau aku sih lebih suka langsung pake tangan aja, ya.
Produk ini bertekstur air dan cepet banget meresap di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket atau greasy. Tampilan wajah pun nggak mengkilap gitu, kok. Wajah tetap terasa lembab. Nggak ada bau aneh-aneh juga.
Satu botol toner ini berisi sebanyak 100 ml dan dibandrol dengan harga 98K.
Ingredients: Aqua, Butylene Glycol, Methylpropanediol, Glycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Niacinamide, Inositol, Imidazolidinyl Urea, Propylene Glycol, Allantoin, Panthenol, Menthyl Safflowerseedate, Disodium EDTA, Sodium Lactate, Triethanolamine, Oryza Sativa Bran, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilla Recucita Extract, Tocopheryl Acetate, Tromethamine

Raiku Brightening Serum
Mengandung Niacinamide dan Rice Extract yang dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya, dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.
Peringatan: Serum ini mengandung bahan aktif AHA. Gunakan selalu pelembab yang mengandung SPF pada siang hari.
Raiku Beauty Brightening Serum
Serum berukuran 30 ml ini cukup kecil tapi kaya manfaat. Teksturnya seperti air tapi lebih kental. Tapi, ajaibnya, produk ini ketika diratakan dan diusapkan di atas permukaan kulit langsung bisa berubah seperti air dan mudah sekali menyerap ke dalam kulit. Nggak ada bau aneh-aneh dan nggak terasa perih. So far, wajahku aman-aman saja sampai dengan tahap penggunaan serum ini. Wajah terlihat glowing secara alami dan tampak cerah, plus nggak ada rasa lengket di wajah.
Satu botol brightening serum ini seharga 148K.
Ingredients: Aqua, Niacinamide, Glycerin, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Inositol, Cyclohexasiloxane, Phenoxyethanol, Allantoin, Oryza Sativa Bran, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Imidazolidinyl Urea, Propylene Glycol, Menthyl Safflowerseedate, Triethanolamine, Hydrogenated Polydecene, Sodium Lactate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Panthenol, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Chamomilla Recucita Extract, Tromethamine, Dimethiconol, Cyclotetrasiloxane.

Raiku Brightening Morning Cream
Mengandung Niacinamide dan Rice Extract yang dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya, dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.
Raiku Beauty Brightening Morning Cream
Aku setuju dengan klaimnya. Wajahku bener-bener selalu terlihat tampak lebih cerah dan nggak kusam sepanjang hari. Produk ini sudah mengandung SPF 15. Akan tetapi, aku tetap selalu mengaplikasikan sunscreen dengan minimal SPF 30 PA ++ kalau keluar rumah. Produk ini tersedia dalam wadah berbentuk tube dengan berat bersih sebesar 40 gram. Tekstur produknya creamy banget, tapi masih tetap mudah di­-blend. Wajah jadi makin glowing tanpa rasa lengket dan greasy. Poin plusnya lagi: produk ini nggak bikin produk-produk makeup di atasnya (primer, foundation, contour cream, powder, blush) bergeser. It keeps them stay in place instead.
Produk ini dibandrol dengan harga 98K.
Ingredients: Aqua, Butylene Glycol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glycerin, Acrylates Copolymer, Cyclopentasiloxane, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Niacinamide, C-12-15 Alkyl Benzzoate, Silica, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Inositol, Cyclohexasiloxane, Titanium Dioxide, Hydrogenated Polydecene, Phenoxyethanol, Caprylic/Capric, Triglyceride, Oryza Sativa Bran, Allantoin, Imidazolidinyl Urea, Triethanolamine, Chamomilla Recucita Extract, Sodium Lactate, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Menthyl Safflowerseedate, Disodium EDTA, Dimethicone/ Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Fragrance, Dimethiconol, Cyclotetrasiloxane.

Raiku Brightening Night Cream
Mengandung Niacinamide dan Rice Extract yang dapat membantu meratakan warna kulit dan membuat warna kulit tampak lebih cerah. Safflower dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya, dan AHA akan membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan tekstur kulit.
Raiku Beauty Brightening Night Cream
Produk ini hampir sama dengan Raiku Brightening Morning Cream dengan berat bersih sebesar 40 gram. Harganya pun sama yaitu 98K. Tekstur dan efeknya hampir sama dengan morning cream. Bedanya terletak pada kandungan SPF yang nggak ada di dalam produk ini. Yha kan buat bobok, shayyyy, malem hari pula~
Ingredients: Aqua, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Niacinamide, Acrylates Copolymer, Cyclohexasiloxane, Sodium Polyacrylloyldimethyl Taurate, Aluminum Starch Octenylsuccinate,Inositol, Oryza Sativa Bran, Caprylic/Capric Triglyceride, Hydrogenated Polydecene, Phenoxyethanol, Allantoin, Zinc Oxide, Imidazolidinyl Urea, Menthyl Safflowerseedate, Triethanolamine, Chamomilla Recucita Extract, Dimethicone Crosspolymer, Trideceth-10, Sodium Lactate, Disodium EDTA, Dimethicone/ Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Cyclotetrasiloxane, Dimethiconol.
💙
Overall, kesimpulannya aku suka dan cocok menggunakan satu rangkaian Brightening Series dari Raiku Beauty ini. Sejauh ini aku telah menggunakan produk-produk Raiku Brightening Series ini selama dua minggu. Wajah jadi terlihat lebih cerah, warna kulit mulai merata, beruntusan berkurang (dalam arti tekstur wajah mulai bisa diperbaiki), terjaga kelembabannya tanpa ada rasa lengket. Hanya saja, kalau aku sedang keringetan parah, atau kondisi lingkungan sedang humid-humid-nya, wajahku tetap saja bagaikan kilang minyak. For a note, my skin type is normal to oily.
Seluruh produk Raiku Beauty ini nggak ada bau aneh-aneh tapi tetep ada baunya (you know what I mean?). Kalo aku sih lebih suka ada sedikit wewangian bunga yang segar gitu. Tapi, balik lagi, ini hanya masalah preferensi.
Harga produk Raiku Beauty ini juga cukup terjangkau, mengingat ini juga brand lokal. Untuk Brightening Series dengan total 6 produk, cukup merogoh kocek sebesar 578K. Kalau brand lain yang lebih high-end, harga segitu cuma bisa dapet satu produk, loh. Itupun biasanya masih kurang, wkwk, mengingat harga produk dari high-end brand itu per produk bisa mencapai satu juta. Sooo, yeaaahh~
Kekurangan yang ada dalam produk ini adalah produknya belum tersedia secara bebas di toko-toko kosmetik atau di store gitu. Ordernya masih secara online via WhatsApp, LINE, Tokopedia, dan Shopee. Kalau mau lihat-lihat profil dan berbagai produk yang dirilis oleh Raiku Beauty, bisa cek aja akun Instagramnya di @raikubeauty.
Satu lagi kekurangan produk ini: apparently produk ini kurang cocok digunakan bagi pemilik kulit sensitif, walaupun klaimnya semua produk Raiku Beauty ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit (all skin types). Ada beberapa temanku yang mengalami beruntusan atau jerawatan setelah menggunakan salah satu produk dari Raiku Beauty. Barangkali, ada yang sensitif terhadap salah satu ingredients yang ada di dalamnya. Bisa jadi alergi glycerin, atau nggak bisa dekat-dekat dengan niacinamide, atau lainnya. Banyak faktor penentu. Jadi, kita nggak bisa nge-judge produk ini bagus atau tidak dari satu-dua orang saja. Bisa jadi di dia cocok, di aku enggak. Atau, bisa jadi di aku cocok, di dia enggak. So, once again, perihal skincare ini memang cocok-cocokan, netizen. Jangan lupa untuk selalu baca ingredients-nya. Dan, tentunya, kenali jenis kulit kita masing-masing agar kita tidak salah langkah dalam mengonsumsi produk perawatan wajah demi kesehatan kulit.
So far, di aku Raiku Beauty ini cocok dan hasil akhirnya bagus seperti yang sudah aku paparkan di atas.
Segini dulu ulasan dariku mengenai Raiku Beauty Brightening Series. Jangan lupa mampir di postinganku yang lain untuk menambah insight tentang produk skincare dan makeup dari berbagai merek. See you on my next post!

40 komentar:

  1. kalo buat orang jawa seperti saya, merk ini terasa gimana gitu. hihhihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya, kak. Agak aneh. Semacam muka-mukain muka sendiri. 😂😂😂

      Hapus
  2. Aku malah kaget pas baca brandnya mbak..

    Di Jawa raiku itu artinya wajahku, tapi konotasinya agak kasar sih. Hehehehe

    Sayang banget belum tersedia di toko ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heum, mbak. Awalnya aku kira juga artinya 'wajahku'. Wkwk 😂😂😂
      Ternyata sama sekali enggak.

      Iya, betul. Belum available di toko-toko terdekat, jadi agak susah juga kalo pengen beli. Harus online. 😔

      Hapus
  3. Penasaran banget sama brand ini :D

    Love,
    deniathly.com

    BalasHapus
  4. Iya kak emang sebagus itu aku juga ada review produk ini di blogku. Mampir ya kak ^^ hehehe tapi untuk serumnya diwajahku sih malah break out huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sayang banget yaaa kak. :(
      Serumnya malah jadi favoritku nih

      Hapus
  5. Ini emang bagus ya beb , akujuga pakai series brighteningnya , but aku lebih suka ke serum sama cleansing seriesnya kepake banget di wajahku . Serumnya bikin glowingg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga cocok pake serumnya. Memperbaiki tekstur wajah sih kalo di aku.

      Hapus
  6. Raiku dadi resik, apik rek.. Walah jadi ke bahasa jawaan.. Btw aku pakai juga produk ini bikin pipi kenyel yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw jadi kebawa boso jowo yo mbak 😂😂😂
      Di aku sih Raiku ini cocok, muka jadi lembab dan kenyal.

      Hapus
  7. Sepertinya kita sama..akupun juga udh cobain raiku selama 7hari..alhamdulilah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Progresnya baik kan mbak? Di aku cocok nih Raiku. Kulit jadi makin sehat.

      Hapus
  8. ku udah nyobain raiku yang brightening seriesnya, dan cleansing seriesnya juga, suka banget sama packagingnya yang cakep, udah gitu travel friendly dan gampang dibawa kmn2 karna ga terlalu besar hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul. Travel friendly banget. Hemat tempat dan produknya yakin aman ga tumpah2 deh. Hehe

      Hapus
  9. wah raiku benar-benar lagi banyak dibicarakan sama orang. aku pengen coba yang anti-aging nih. maklum udah usia butuh anti-aging ..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga penasaran sama yang seri Anti-Aging, beb. Tapi aku masih perlu baca-baca review-nya lagi untuk meyakinkanku wkwkwkw

      Hapus
  10. Aku juga pake produk ini nih hehe dan yaa paling suka sm toner dan serummya gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nyaman banget dipakenya beb. Favorit banget toner dan serumnya Raiku ini.

      Hapus
  11. aku juga pake brightening series dan cinta banget kakak..
    wajahku jadi super kenyal kayak bayi, packagingnya juga mengalihkan duniaku banget..
    super cute

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, samaan. ❤
      Hasilnya bagus banget ya di wajah, beb. Kulit jadi improve banget, progresnya bagus. ❤

      Hapus
  12. Favorite aku dari produk raiku adalah cleansing foamnya. Benar-benar membersihkan make up aku yang tebal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, beb. Sabun cuci mukanya enak banget dipake. Seger di wajah.

      Hapus
  13. masih banyak ya yg review ini ternyata hehe aku cocoknya skincare korea/jepang doang:( mostly lokal gak cocok buat dry skin aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kita kontras banget tipe kulitnya beb 😂
      Iya juga sih, kalo produk korea/jepang lebih banyak yang menghidrasi kulit yaaa

      Hapus
  14. Aku kmren smpet pake ini 2 mingguan dan ngerasa cocok sama serumnya tapi skrg lg berhenti nih, kayaknya ada yg salah sama skincare lain jadi harus ada yg di stop biar tau mana yg salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beb, harus pinter-pinter yang mengidentifikasi. Moga segera pulih kondisi kulitnya ❤❤

      Hapus
  15. Aku pakai nih cleansing seriesnya sampai sekarang hehehe. Enaak ga bikin mata perih hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kulit lembut banget dan nggak bikin perih ya beb. Super enak. ❤❤

      Hapus
  16. Aku beneran serasa dihantui raiku sih akhir-akhir ini karena banyak banget yg review dan jadi bikin mupeng parah pengen cobain juga. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((((dihantui)))))
      😂😂😂😂😂
      Patut dicobain beb ❤
      Recommended banget soalnya

      Hapus
  17. Aku kemarin pakai rangkaian anti aging series nya dari raiku beauty ini sekarang malah jadi penasaran sama yang brightening seriesnyan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kebalikan ya mbaaakk. Aku kepengen cobain yang seri Anti Aging-nya wkwkwke 😂😂

      Hapus
  18. Harganya terjangkau banget ya.
    Aku belum pernah cobain Raiku sih, tp tertarik sama hydrating mask nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hydrating mask-nya aku belom pernah cobain juga, beb. Wah jadi penasaran 😂

      Hapus
  19. aku juga udah coba raiku beauty, tapi aku coba yang anti-aging series-nya. lembap banget kulitku setelah pake ini. sukaaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAaaah, makin penasaran aku sama seri Anti Aging-nya, beb ❤❤❤

      Hapus
  20. Sering banget nih di review para beauty blogger. Jadi penasaran pengen banget aku cobain Raiku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patut dicobain beb ❤
      Recommended banget nih ❤

      Hapus