Venus Cosmetic Soft Matte Lip Cream [REVIEW]


Lipstick memang identik dengan wanita. Rasa-rasanya hampir seluruh wanita di dunia ini pasti memilikinya, meskipun hanya satu warna. However, mengingat gencarnya berbagai produsen makeup yang merilis produk berupa lipstick, satu warna rasanya tidaklah cukup untuk dimiliki. Well, yeah, ini sebatas opiniku pribadi.
Venus Cosmetic Beauty Gathering
Beberapa waktu yang lalu, Venus Cosmetic mengadakan soft launching produk berupa lipcream terbaru di Yogyakarta. Aku berkesempatan untuk menghadirinya dan mendapatkan privilege berupa tiga shades lipcream dari Venus Cosmetic! So happy! Nggak sabar banget buat segera me-review-nya. Anyway, aku udah bikin ulasannya dalam bentuk video, loh. Buat yang kurang nyaman membaca tulisanku yang banyak ini (LOL), bisa langsung klik tautan di bawah ini, ya. 👇
Sekalian tolong subscribe Youtube Channel aku, okay? Danke~

Lipcream ini berjudul “Soft Matte Lip Cream”. Dari judulnya aja udah ketebak lipcream ini bakalan memberikan finish yang seperti apa. Yap! Soft matte means not dead matte. Aku setuju sih sama pernyataan itu. Karena emang beneran bukan dead matte tampilannya di bibir.
Venus Cosmetic Soft Matte Lip Cream
In my opinion, lipcream ini lebih ke arah velvety gitu. Nggak bikin efek cracky di bibir, karena produknya ikut masuk ke sela-sela permukaan bibir. Produk ini ramah banget di bibir karena bisa menjaga kelembaban bibir. Teksturnya liquidy tapi sedikit creamy, jadi pas banget. Nggak cair banget dan nggak terlalu creamy. Tipikal lipcream yang seperti inilah yang aku suka. Mudah untuk diratakan di seluruh permukaan bibir dan nggak menggumpal. Aromanya juga aku suka, ada aroma kayak es krim cokelat gitu. However, bagi sebagian orang maybe hal ini sedikit distracting, terlebih yang kurang suka dengan adanya fragrance dalam sebuah produk lipcream. But, for me it’s not a big deal.
💙
Lalu, ketahanannya gimana? Okay, jadi begini. Since produk ini tidak transferproof dan nge-set di bibir dalam waktu lama, serta lebih ke arah velvet lip product, I would say produk ini nggak terlalu awet. Tetep bakalan nempel ke gelas (kalau kita minum) dan sendok (kalau kita makan) dan baju pasangan kita kalau kita ndusel. So, ini nggak longlasting. However, kita bisa mengakalinya dengan menerapkan life hack berikut:
  1. Ambil satu lembar tipis kertas tissue lalu tempelkan di bibir yang telah diulaskan lipcream
  2. Baurkan loose powder dengan menggunakan brush di atas tissue tersebut, lakukan beberapa kali
  3. Tada! Tampilan bibir sekarang jadi lebih matte
For a note. Keawetan lipcream itu tetap bersyarat, girls. JANGAN MAKAN DAN MINUM SECARA BAR-BAR DAN JANGAN MENGGOSOK-GOSOK BIBIR.
Udah itu aja, sih. Wkwk~
By the way, lipcream ini tetap akan menyisakan tint di bibir kok. Jadi, nggak sepenuhnya hilang alias gone begitu saja. Ngilangnya secara fading dan tetap dalam taraf wajar, nggak kayak gebetanmu yang tiba-tiba ilang bagai ditelan bumi, ditenggelamkan tsunami, dan dijatuhi meteor.
Venus Lip Cream
Ada tiga warna lipcream yang aku ulas kali ini, antara lain 01 Vanessa, 06 Jamides, dan 08 Myscelia. Ketiga warna ini memiliki konsistensi tekstur dan warna yang sama, yaitu sama-sama liquidy but creamy dan warnanya sangat pigmented.
Meskipun shade 01 Vanessa dan 06 Jamides merupakan shade dengan warna nude, pigmentasinya tidak patut diragukan. Warnanya come out banget, high coverage. Sekali swipe, bisa untuk diaplikasikan ke seluruh permukaan bibir atas dan bibir bawah. Plus, aplikatornya oke banget, dooong. Bentuknya lonjong, pipih, dan lentur. Jadi, nggak kaku seperti aplikator lipcream pada umumnya. Ujung aplikator yang pipih dan lonjong tersebut memudahkanku untuk framing dan filling, sekalipun ketika aku mengulaskan lipcream warna merah (08 Myscelia) di bibirku, which is memang agak sulit membingkai bibir secara langsung dengan menggunakan lipcream berwarna berani seperti merah ini. Tapi, ini nggak berlaku saat aku mengulaskannya dengan menggunakan aplikator ini. Sungguh inovasi yang sangat miraculous.

Lipcream ini hadir dengan berat bersih sebesar 3,7 gram dan 10 shades. The packaging is so sophisticated and eye-catchy. Sleek banget dan mewah. Botolnya terbuat dari plastik tapi transparan dan berkesan seperti botol kaca, sehingga terlihat berkelas. Due to wadah yang transparan ini, kita bisa melihat warna dan volume produk yang ada di dalamnya. So much benefits!
Di bagian sisi-sisi packaging-nya terdapat identitas yang memuat nama brand (Venus Cosmetic), kode nomor BPOM dan tanggal kedaluarsa, serta nama produknya (Soft Matte Lip Cream). Pada bagian bottom of the packaging, memuat identitas nama lipcream, nomor lipcream, serta netto. Meanwhile, packaging ini awalnya dibungkus plastik tipis yang bertuliskan identitas lain, seperti ingredients, kantor produksi, netto, dll. Hanya saja, tulisan tersebut menempel pada plastiknya, sehingga sudah dipastikan bisa hilang begitu saja kalau kita membuka plastiknya dan membuangnya. Fortunately, aku masih sempat menyimpan plastiknya demi menuliskan kandungan-kandungan yang ada pada produk lipcream ini. Wkwk~ 😂😂😂😂😂
Tiga shades Venus Cosmetic Lip Cream
Seperti yang kita ketahui, Venus Cosmetic merupakan brand lokal hasil produksi Kimia Farma, satu line dengan Marcks. That’s why, di bagian atas tulisan Venus Cosmetic terdapat tulisan Marcks. Produk ini sudah memiliki nomor izin edar dari BPOM, jadi dipastikan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, produk ini juga mendapat klaim halal. Makin yakin untuk memilikinya, ‘kan?
 Bicara tentang brand lokal, tentu nggak jauh-jauh dari perihal harga. Sudah tentu ini sangat affordable dan reachable. Dengan range harga 40K-50K, tentu satu produk lipcream bukanlah barang mahal. Dan, mudah dijumpai hampir di seluruh kota. Makin bangga nggak sih dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh produsen lokal?! Kualitas tidak kalah dengan produk-produk asing, tapi mudah dijumpai di lingkungan sekitar dan juga nggak perlu effort dengan mengeluarkan sejumlah uang yang banyak. Uangnya dapat dialokasikan untuk keperluan lainnya. Bisa ngirit, bu!
Ingredients: Dimethicone, Isododecane, Trimethylsiloxysilicate, Ozokerite, Diisostearyl Malate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Silica, C30-45 Alkyl Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, VP/Hexadecane Copolymer, Tocopheryl Acetate, Paraffin, Ricinus Communis Seed Oil, Isopropyl Palmitate, Paraffinum Liquidum, BHT, Carnauba (Copernicia Cerifera) Wax, Butyl Stearate, Ethylene/VA Copolymer, Candelilla (Euphorbia Cerifera) Wax, Fragrance, Propylparaben.
May contains: Alumina, Talc, Cl 15985, Cl 15850, Cl 77891, Cl 45430, Cl 15850:2, Cl 45430, Cl 19140, Cl 77491, Cl 17200, Cl 77492, Cl 45410:2, Red 7 (Cl 15850:1), Cl 77492, Cl 16185:1, Cl 77499

PROS
Lembab, nggak cracking
Warnanya pigmented
Affordable & reachable
Aman dan halal
Shade komplit mulai dari yang nude sampai yang bold

CON
Tulisan yang memuat informasi penting cuma ada di plastik, bukan di packaging

See you on my next post, girls!

30 komentar:

  1. cakep cakep nih warnanya, belum pernah coba nih, pengen nyobain yang warna merahnya cakep, <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Favorit aku banget itu merah, beeeebbb. Beneran bagus, merah cabe ini.
      Kamu harus cobain. ❤

      Hapus
  2. sekarang banyak brand lokal yang keluarin lipcream yah , apalagi warnanya cantik cantik .. jadi pengen cobain si venus lipcreamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, beb. Nggak mau kalah saing sama brand luar negeri. Fortunately, kualitasnya pun sama bagusnya. Makin cinta sama produk dalam negeri. ❤

      Hapus
  3. Seru acaranyaaa, btw suka sekali lipstiknya bagus untuk ombre juga nih sepertinya . Brand lokal suda keren2 nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beb, dibikin ombre lips pun tetep ciamik. Teksturnya enak banget di bibir. ❤

      Hapus
  4. Mantap setelah bedaknya yang nagus, lipstik yang dikeluarkan juga bagus banget. Aku pengen nyoba yang nude :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh mantap memang, mbaaaakk ❤❤❤
      Aku malah belum coba bedaknya. Denger2 sih beneran sebagus itu. Jadi penasaran cobain bedaknya juga.

      Hapus
  5. Cantik2 banget lipennya dari venus ini. Keliatan soft juga ia, jadi gak akan crack gitu klo di pakee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak cracking, beb. Dia lembab banget di bibir. Nggak bikin bibir jadi kaku. Love banget nih Venus. ❤

      Hapus
  6. Pernah cobain bedak venus, dan suka-suka aja sih, nah sekarang lihat lipstiknya kayaknya oke, dan shde-nya kece-kece, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum cobain bedaknya nih mbak. Wah, jadi penasaran. Lipcreamnya aja sebagus ini. Pasti bedaknya pun oke ya mbak.

      Hapus
  7. Venus juga keluarkan varian lipstik yaaa sekarang. Aku suka soft matte yang bikin bibir ngga kering2 bangeet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul, mbak. Teksturnya enak banget. Di bibir juga tetep lembab, nggak kering sama sekali.

      Hapus
  8. Warnanya ada yang lain nggak Mbak? pengen coba yang merah kecoklatan kalau ada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak, mbak. Bisa pilih sesuai selera. Kalo nggak salah ada 9 shades. Dan itu udah komplit dari range warna nude sampe bold. ❤

      Hapus
  9. Kemarin pas di apotek kimia farma sempet nyobain, ragu pengen belinya, tapi sekarang jadi pengen nyobain beli juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mbak Suzan melewatkan Venus. 😂
      Hayo mbak balik lagi ke Kimia Farma buat beli lipcream ini. 😂

      Hapus
  10. Wah venus udah ada label halalnya juga ya sekarang. Warna merahnya cocok di ombre sama warna nudenya deh itu, pasti bakalan cantik. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, beb. Aku pernah nyobain ombre pake warna-warna itu dan hasilnya aku sukaaaaaaa. ❤❤❤

      Hapus
  11. Aku suka banget Venus SMLC ini. walaupun dia ga tahan lama, transfer sana sini, tapi pigmentasinya juara dan nyaman banget dipakainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting nyaman ya beb ❤
      Aku juga favoritin Venus nih. Sebagus itu. ❤

      Hapus
  12. Kalau denger kata Venus, aku inget sama bedaknya heuheu. Baru tau ternyata udah ngeluarin lip cream juga tapi aku mundur karena transfer sana-sini yah, soalnya akutu sukanya yang no-transfer :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sayang sekali ya mbak. Preferensi kita berbeda. Wkwkwk 😂
      Kalo aku ga masalah dia mo transfer ato engga. As long as nyaman di aku, all is well. ❤❤❤

      Hapus
  13. Aku suka yang shade pink! Cantik bangeet, btw belum pernah coba produknya venus sama sekali nih aku hehehe ketinggalan banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk cobain sekarang beb ❤❤❤
      Yang warna pink itu cucok loh beb, you'll love it. ❤❤❤

      Hapus
  14. Omg. Shocked. Warnanya cantik banget parah. Terhura terhura pengen cobain bangetttt bangettt deh produk lokal ini huhuhu.. Beli dmana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini bisa ditemukan di apotek malahan, kak. Venus ini produknya Kimia Farma. Recommended banget. ❤

      Hapus
  15. lipcream ini pigmentasinya gokil sih, aku juga make. tapi gampang ilang dibagian dalem padahal cantik bgt dan nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, problematika wanita pada umumnya ya bebbbbb, wkwkwkwkkk

      Hapus