4 Artis yang Sukses dengan Bisnis Fashion Wanita

Dunia entertainment yang digeluti para artis memang dikenal penuh dengan hingar-bingar kegemerlapan. Pendapatan besar bisa didapat para artis hanya dengan sekali muncul di televisi. Namun, ketenaran yang sifatnya dinamis bisa saja berlangsung sebentar dan tergantikan eksistensinya dengan para pendatang baru. Para artis pun tak mau puas hanya dengan profesi keartisannya. Mereka memulai bisnis fashion wanita, seperti yang dilakukan beberapa artis Indonesia.

Bisnis fashion wanita yang dibuka para artis biasanya dimulai dengan merilis sebuah merek yang menyertakan nama sang artis. Hal ini dilakukan agar merek tersebut makin mudah dikenal banyak orang, sehingga potensi konsumen untuk membeli pun semakin besar. Menjalankan bisnis fashion wanita nyatanya tak semua berakhir dengan kesuksesan, pun dengan yang dijalankan para artis. Namun, ada pula beberapa di antaranya yang laku bahkan laris-manis di pasaran, loh. Seperti empat artis berikut ini.


Zaskia Adya Mecca - Meccanism

Zaskia yang dikenal lewat sinetron 'Kiamat Sudah Dekat' menjadi artis yang pertama membuka bisnis fashion wanita yang sukses di pasaran. Merek dagang bisnis fashion wanita bergaya hijab itu dinamai Meccanism. Kala itu, belum banyak merek fashion busana muslim yang memproduksi pakaian siap jadi (ready to wear) dengan banyak pilihan gaya dan warna. Tak heran jika Meccanism menjadi pelopor local brand sukses yang dibuat oleh seorang artis.
Outlet Meccanism sudah tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Malang, dan lain-lain. Produk yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari dress casual, atasan lengan panjang, hijab, dan aksesorisnya, hingga mukena. Untuk harga, produk-produk Meccanism cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 200 ribu. Tak jarang, usaha yang juga dibantu oleh sang adik yakni Haikal Kamil itu membuat diskon yang menguntungkan, sehingga produk hanya dijual puluhan ribu atau kisaran Rp 100 ribu-an saja.

Zaskia Sungkar - KIA

Kakak dari artis Shireen Sungkar yang juga merupakan seorang penyanyi itu memang memiliki hobi mendesain yang cukup baik. Oleh karenanya, Zaskia mencoba untuk memulai bisnis fashion wanita yang mana barang dagangannya dibuat dengan ide dan desain yang digambarnya sendiri. Mulanya Zaskia menjual gaun busana muslim formal dengan detil yang sangat bagus dan dijual secara terbatas. Tak disangka, hasil karyanya banyak dilirik pembeli kelas menengah ke atas hingga mengantarkannya ke fashion show kenamaan di dalam maupun luar negeri.
Kemudian Zaskia membuat brand fashion yang menjual pakaian casual untuk kegiatan sehari-hari yang diberi nama KIA. Barang yang dijual berupa dress, hijab, dan lain-lain. Namun, harga yang dipatok memang terbilang sedikit mahal. Sebab untuk satu dress KIA dibanderol harga sekitar Rp 600 ribu-an.


Alice Norin

Sempat absen dari dunia sinetron beberapa tahun lalu, Alice Norin rupanya fokus membangun bisnis fashion wanita miliknya bernama 8WOOD. Berawal dari bisnis online biasa, Alice rutin mempromosikan barang dagangannya di media sosial Instagram. Tak hanya itu, 8WOOD juga beberapa kali melakukan kolaborasi dengan artis lain untuk meningkatkan popularitas brand ini.
Barang yang dijual berupa fashion item wanita seperti celana, rok, kemeja, blouse dan kaos casual yang dijual secara online di Instagram dan situs www.8wood.id. Namun belakangan ini, larisnya produk membuat 8WOOD makin berkembang dan membuat aplikasi 8WOOD yang bisa diunduh di smartphone pelanggannya. Proses penjualan pun bisa dilakukan di aplikasi tersebut. Rahasia suksesnya brand ini salah satunya adalah harganya yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 100 ribu-an, serta model barang yang variatif.

Shandy Aulia

Artis bertubuh mungil ini ternyata memulai bisnis fashion wanita sejak tahun 2006. Brand dengan nama SA Collections ini menjual berbagai kebutuhan fashion wanita yang didesain langsung oleh sang pemilik. Oleh karenanya, pemesanan hanya berlaku dengan sistem Pre Order (PO). Sehingga produksi barang baru akan dilakukan setelah terkumpul beberapa pesanan. Sesuai dengan gaya Shandy Aulia yang feminim dan anggun, produk SA Collections hadir dengan warna lembut. Seperti nude, putih, pink, dan lainnya.
Meskipun terbilang agak mahal, namun brand ini masih terbukti eksis hingga saat ini. Untuk celana, harga yang ditawarkan sekitar Rp 700 ribu, sementara untuk gaun dan jumpsuit dibuka dengan harga Rp 1 juta.
Proses jual beli dilakukan secara online. Sementara koleksi lain bisa kamu lihat di akun Instagram @shandyauliacollections.

Jika kamu ingin melirik bisnis fashion wanita yang paling diminati, kamu bisa membaca infonya dengan mengeklik link artikel berikut ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar