Mengenal Zodiak Capricorn, Si Ambisius yang Cocok untuk Investasi Saham

Capricorn menempati posisi ke-sepuluh dalam urutan tahun astrologi. Dikenal sebagai makhluk mitologi yang memiliki wajah menyerupai kambing dengan tanduk panjang dan tubuh bagian belakang persis seperti ikan, membuat zodiak ini dijuluki sebagai kambing laut. Konon katanya terdapat dua versi cerita mengenai Capricorn dalam mitologi Yunani.

Versi pertama bercerita tentang dewa Pan yang terpaksa melompat ke air demi menghindari serangan monster Typhon. Entah bagaimana ceritanya, saat di dalam air tubuh dewa Pan tiba-tiba saja berubah menjadi setengah kambing dan ikan. Versi lainnya datang dari kisah hidup Zeus, di mana sang ibu memberikan Zeus kecil kepada peri kambing bernama Amaltheia untuk diasuh lantaran ibunya takut sang suami, Kronos memakan darah dagingnya sendiri. Untuk menghormati ibu angkatnya itu, Zeus kemudian menempatkan Amaltheia di langit, yaitu di antara bintang-bintang lainnya.


Dalam ilmu astrologi, orang-orang yang tergolong dalam zodiak Capricorn adalah mereka yang lahir di antara tanggal 22 Desember sampai 19 Januari. Sifatnya ambisius dan dikenal handal dalam mengatur keuangan serta optimis dalam memperjuangkan suatu hal, sehingga tak heran bila sosok Capricorn dinilai cocok melakukan investasi saham untuk jangka waktu panjang.

Nah, kalau kamu termasuk dalam zodiak ini dan tertarik berinvestasi saham, maka kamu harus membaca tips di bawah ini sampai habis!

Tentukan Tujuan Investasi

Meskipun dikenal keras kepala, seorang Capricorn harus memiliki tujuan dan alasan jelas mengenai investasi saham yang akan dilakukan. Tujuan investasi dinilai sangat penting dalam menentukan jenis investasi apa yang akan diambil nantinya. Apakah ingin menambah pundi-pundi keuangan atau memupuk dana untuk berbagai kondisi tak terduga.

Pahami Risiko Saham

Bermain saham memang menyenangkan, tetapi kamu juga harus paham betul berbagai risiko yang ditimbulkan dari investasi saham. Setidaknya kamu harus memegang 3 prinsip penting dalam bermain saham meliputi:

  1. Tidak disarankan untuk investasi saham di perusahaan ataupun bisnis yang sama. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir jika terjadinya kebangkrutan dari perusahaan tersebut.
  2. Buatlah taktik dalam bermain saham seperti cara membeli saham saat nilainya rendah atau menjual saham tersebut saat nilai tinggi.
  3. Tentukan terlebih dahulu jenis saham yang diinginkan beserta rekam jejak perusahaan yang akan dituju.

Pilih Investasi yang Sesuai Kemampuan

Sebelum memulai investasi saham, coba lakukan riset kecil-kecilan mengenai karakteristik saham dan jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan. Bermain saham tidak harus membuat kamu mengeluarkan uang dalam jumlah besar, lho. Maka dari itu, kamu perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar investasi yang akan dilakukan. Jangan malu untuk bertanya pada kerabat terdekat yang sudah paham seputar dunia saham. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti pelatihan dan sosialisasi dari Bursa Efek Indonesia mengenai cara investasi saham.

Walaupun seorang Capricorn dikenal tegar dan tidak mudah berkecil hati, namun kalau sudah berbicara mengenai saham dengan berbagai risiko kerugiannya, rasanya tak mungkin mereka siap kehilangan pundi-pundi rupiah dalam jumlah besar. Maka dari itu, seorang Capricorn juga harus memahami betul tata cara investasi saham yang tepat agar kelak bisa menikmati hasil besar.
Umumnya, setiap orang memilih cara investasi saham yang konvensional. Tapi jika kamu lebih tertarik dengan cara aman dan sesuai dengan ketentuan agama, kamu bisa memilih berinvestasi dengan cara syariah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai langkah-langkah investasi saham, kamu bisa membacanya melalui laman situs https://www.cekaja.com/investasi/news/130159-langkah-langkah-cara-berinvestasi-saham.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar