Arisan Ilmu KEB Solo – Hobi Menjadi Bisnis

Setelah sekian lama aku kepengen banget ikutan Arisan Ilmu bareng KEB (Kumpulan Emak Blogger) chapter Solo, akhirnya pada 14 Juli 2019 kesampaian juga! Di event Arisan Ilmu kali ini, KEB Solo turut serta menggandeng Sisternet dan mendatangkan pembicara seorang influencer yang juga merupakan owner Rok Mekrok.
founder keb
Welcoming speech dari founder KEB

Acara dipandu oleh MC teryahud, pentolan pengurus KEB Solo, Mak Ana Ike dan dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan welcoming speech dari ketua KEB Solo, Mak Ety Abdoel. Setelah itu, Mak Mira Sahid selaku founder KEB juga memberikan sambutan. Salah satu kalimat yang membekas di ingatanku kala itu dari Mak Mira Sahid adalah “Perempuan bersinergi satu sama lain, bukan hanya saling memberi inspirasi melainkan juga saling menguatkan.” Melalui komunitas inilah literasi digital perempuan amat diberdayakan.
Wah, baru awal-awal acara aja udah semangat begini, ya! Apalagi kalau sampai tuntas.


Next, ada sambutan juga dari Sisternet yang diwakili oleh Kak Adelia. Anyway, Sisternet merupakan CSR program dari salah satu layanan provider yang terkenal di tanah air, XL Axiata. Setelah sepatah-dua patah kata disampaikan oleh Sisternet, masuklah ke acara inti. Woohoo!
sisternet
Sambutan dari Sisternet
Suasana makin meriah tatkala owner sekaligus founder dari Rok Mekrok bernama Windi Intan menyapa para peserta. Windi Intan memperkenalkan dirinya sebagai pendiri bisnis Rok Mekrok. Ia memulai usahanya sejak 2018. Usahanya ini juga berbasis dari hobi. Kesukaannya pada jahit-menjahit membuat dirinya menemukan passion dalam bidang ini. Plus, ia juga gemar mengenakan rok. Akhirnya, terciptalah gagasan untuk membuat pelbagai desain rok dan memasarkannya. Target market-nya memang khusus ekonomi menengah ke atas karena produk-produk bikinan Windi Intan ini harganya lumayan premium.
rok mekrok
Windi Intan, founder Rok Mekrok

“Setiap ada opportunity dan kita believe, just go ahead!

Dalam melakoni usahanya, Windi Intan selalu berpegang teguh pada kalimat di atas. Jangan sampai ada celah keraguan ketika melihat kesempatan yang terbuka di depan mata. Karena terkadang kesempatan itu tidak datang dua kali, hanya pada saat itu juga. That’s why, pertimbangan yang matang dan keputusan yang cepat sangat mempengaruhi di dalamnya.

Ada tiga hal utama yang melandasi Windi Intan menjalankan bisnisnya, antara lain:

  1. Passion 
  2. Purpose 
  3. Value

Adanya passion membuat kita selalu bersemangat dan feeling enjoyed ketika melakukannya. Happy gitu bawaannya ketika melakukan hal tersebut. Kita hidup di dunia tentu membawa tujuannya masing-masing. Tujuan (purpose) merupakan hal-hal yang melekat dalam diri kita sebagai manusia dan itu pemberian dari Tuhan. Seperti misalnya, kita diberkati akal sehat. Tujuan hidup kita tentu nggak jauh dari pertanggungjawaban kita dalam menggunakan akal sehat. That’s how it works in business. Kita mengandalkan akal pikiran kita untuk melakukan ini-itu demi memperoleh value alias nilai-nilai atau impact yang kita berikan kepada orang lain.

Bagaimana cara yang tepat untuk berbisnis di industri kreatif?

Langkah yang semestinya dilakukan yaitu adanya blueprint yang terdiri atas SOP, manajemen, paten, dan legalitas. Media promosi ada dua jenis, yaitu online dan offline. Sebagai pebisnis, mau tidak mau harus mampu menguasai manajemen diri (emosi) karena terkait dengan kerja sama antara diri-sendiri dengan banyak orang. Menjadi pebisnis juga harus mau untuk keep learning, nggak lelah untuk mempelajari segala hal baru. Apalagi kelak berhadapan langsung dengan rival bisnis. Saingan? Kompetitor?
tips menghadapi kompetitor bisnis
Tips menghadapi kompetitor
Somehow, being unique is the most important part of the business. Keunikan inilah yang bersifat tiada duanya. Tidak tergantikan meski banyak pesaing  berkeliaran mencoba untuk menduplikasi.
Windi Intan berpesan untuk selalu percaya diri dan percaya pada Tuhan. Semua hal yang kita lakukan tidak lepas dari campur tangan dan takdir Tuhan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa ingat, eling lan waspada.
tips and trick sukses bisnis
Tips sukses bisnis
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Antusiasme peserta sungguh-sungguh tinggi di acara kali ini. Banyak aspek yang dibahas hingga akhirnya acara inti udah selesai, lalu tibalah di penghujung acara. Sebelum bubar, para peserta dipersilakan untuk foto bareng sebab belum afdol sebuah acara yang digelar kalau belum ada sesi foto-foto sebagai penutup acara, wkwkwkwwk. 😂😂😂
fave hotel manahan solo
Lunch!
fave hotel solo
Es campur!
Acara selesai dan saatnya lunch time! Masakannya Fave Hotel Manahan Solo ini enak-enak, loh. Masakan Jawa pokoknya enak, wkwkwkwkkkk. Ada timlo solo yang seger banget. Menu lainnya nggak kalah sedap pokoknya, termasuk es campurnya. Woohoo!

Semoga KEB Solo selalu solid dan terdepan sebagai komunitas perempuan ya, Mak! See you in the next event!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar