Ketahui 11 Jenis Tabungan BRI, serta Syarat hingga Fasilitasnya

Bank Rakyat Indonesia atau BRI, memang dikenal dengan kelebihannya, yakni memiliki biaya administrasi per bulan yang murah. Tidak hanya itu, cabang bank serta ATM BRI juga dikenal sangat banyak, bahkan ada sampai ke pelosok desa. Maka, tak heran jika banyak masyarakat ingin membuat tabungan di BRI, tapi sebelum itu Anda juga harus mengetahui jenis tabungan BRI terlebih dahulu.

Pasalnya, tujuan setiap orang untuk membuat tabungan atau rekening pasti berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk menabung, transakasi bisnis, ongkos naik haji, dan lain-lain. Tidak hanya dilihat dari tujuannya, jenis tabungan BRI juga bida dibedakan sesuai status Anda. Apakah Anda pengusaha, pelajar, mahasiswa dan lain-lain.


Nah, untungnya bank BRI memahami hal yang dibutuhkan calon nasabahnya. Sebelum Anda ingin membuka tabungan atau rekening, ada baiknya Anda mencari tahu informasi terlebih dahulu terkait kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis tabungan BRI, berikut ini:

1. Simpedes

Simpedes merupakan singkatan dari Simpanan Pedesaan, yang dikhususkan untuk masyarakat pedesaan.

Biaya administrasi per bulan: Rp5.500
Minimal setoran awal: Rp100.000
Fasilitas: buku tabungan, kartu ATM, e-banking, SMS banking, m-banking.

2. Simpedes TKI

Jenis tabungan BRI selanjutnya ini hampir sama dengan Simpedes biasa, namun bedanya tabungan ini lebih dikhususkan untuk para TKI atau tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri.

Syarat: KTP, PPTKIS
Biaya administrasi per bulan: Rp3.000
Setoran awal: Rp10.000
Fasilitas: buku tabungan, kartu ATM jenis Classic (bisa digunakan di luar negeri), Fitur e-banking.

3. BritAma

Jenis tabungan BRI selanjutnya ada BritAma. Tabungan ini mungkin hampir sama dengan Simpedes, namun tabungan BritAma bisa ditemukan di kota-kota besar, sedangkan Simpedes hanya di pedesaan, dan jarang ditemukan di kota besar.

Syarat:
WNI: usia min 17 tahun, KTP, NPWP
WNA: KIMS/KITAP/KITAS
Setoran awal: Rp250.000 atau Rp500.000 (tergantung jenis kartu yang dipilih, Classic atau Gold)
Fasilitas: buku tabungan, kartu ATM, layanan e-banking, asuransi kecelakaan (jika memiliki saldo di atas Rp5 juta)

4. BritAma TKI

Tidak hanya ada Simpedes TKI, karena jenis tabungan BRI BritAma juga ada yang khusus TKI. Letak perbedaannya sama seperti perbedaan Simpedes biasa dengan BritAma biasa. Simpedes TKI hanya dikhususkan yaitu untuk nasabah BritAma TKI, dan mereka berhak mendapatkan asuransi kecelakaan diri seandainya jumlah saldo di atas Rp5 juta.

Syarat: Usia minimal 17 tahun, KTP, dan surat rekomendasi dari PPTKIS serta PJTKI
Setoran awal: minimum Rp20.000
Biaya administrasi per bulan: Rp3.000
Fasilitas: buku tabungan dan kartu ATM Classic. Kartu ATM ini memiliki biaya admin sendiri, Rp1.000 per bulan.

5. BritAma Bisnis

Seperti namanya, jenis tabungan BRI ini ditujukan kepada para pebisnis. Nasabah rekening ini bisa mendapatkan keuntungan keleluasan transaksi dan catatan mutasi rekening lebih detail dan jelas. Jika saldo minimum harian rata-rata di atas Rp5 juta, biaya administrasi per bulan menjadi gratis. Selain itu, tabungan tipe ini bisa dibikin perorangan dan nonperorangan (badan usaha).

Selain itu, rekening ini juga bisa dibikin oleh WNA atau warga negara asing. Syaratnya yaitu setoran awal Rp10.000.000, Paspor, dan KIMS/KITAP/KITAS.

Sama seperti tipe BritAma lain, nasabah rekening ini berhak mendapatkan asuransi kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan maksimal 250% atau maksimum Rp150.000.000 jika memiliki saldo di atas Rp5.000.000.

Syarat: Usia di atas 17 tahun, KTP, menyertakan salah satu KTP perwakilan/anggota yang bertanggung jawab
Setoran awal: Rp10 juta

6. BritAma Muda

Sama seperti tabungan BritAma lainnya, namun bedanya kartu ATM yang didapat memiliki desain yang lain. Nasabah BritAma Muda akan mendapatkan kartu ATM dengan gambar lebih trendy.

Jika dilihat dari fungsinya, BritAma Muda sama-sama bisa digunakan di ATM BRI seluruh Indonesia, ATM bank lain yang tergabung jaringan ATM Bersama dan Prima, dan ATM seluruh dunia yang memiliki logo Cirrus.

Syarat: Usia minimal 17 tahun, maksimal 35 tahun
Fasilitas: buku tabungan, kartu ATM, layanan e-banking (SMS banking, mobile banking, dan internet banking), notifikasi SMS, dan asuransi kecelakaan diri.

7. BritAma Valas

Jenis tabungan BRI berikut ini ditujukan kepada calon nasabah yang ingin menyimpan dana dalam bentuk mata uang asing. Mata uang yang tersedia ada sepuluh jenis. Di antaranya USD, AUD, SGD, CNY, EUR, AED, HKD, GBP, JPY, dan SAR. Keuntungannya adalah bisa digunakan untuk investasi. Bagaimanapun, mata uang asing, khususnya USD cenderung lebih stabil.

Meskipun tercatat dalam mata uang asing, nasabah tetap mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan di ATM BRI seluruh Indonesia. Saat menabung atau tarik tunai lewat teller, uang bisa menggunakan rupiah atau lainnya tergantung stok.

Syarat: KTP, untuk WNA bisa diganti dengan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
Setoran awal: 50 USD atau 65 SGD. 

8. Tabungan Junio

Selanjutnya, jenis tabungan BRI yang satu ini bisa dibuat oleh anak-anak loh.

Syarat: Usia calon nasabah rekening ini bebas, yang penting di bawah 17 tahun (cara dan proses pembuatan rekening akan berbeda dengan rekening-rekening di atas)
Setoran awal: Rp150.000
Fasilitas: buku tabungan, kartu ATM, layanan e-banking (SMS banking, mobile banking, dan internet banking), dll.

Pembuatan tabungan harus didampingi orang tua atau wali. Orang tua atau wali harus sudah memiliki rekening di BRI (bisa Simpedes atau BritAma). Sedangkan, usia di batas 12 tahun bisa tanpa wali tetapi harus menyertakan Kartu Pelajar. Usia ini pasti sudah sekolah, baik SMP ataupun SMA.

9. Tabungan Haji

Sesuai namanya, Tabungan Haji tentu sebuah rekening khusus untuk orang yang ingin mengumpulkan uang guna keperluan ongkos naik haji di tanah suci sana. Jadi saya kira untuk keperluan umroh pun bisa.

Keuntungan menabung dengan rekening ini ialah bebas administrasi bulanan. Tidak hanya mendapatkan asuransi kecelakaan diri, nasabah juga akan mendapatkan asuransi jiwa dengan total penanggungan sampai 120% dari total jumlah Tabungan Haji.

Syarat: KTP, untuk WNA bisa ganti KTP dengan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
Setoran awal: minimum Rp50.000

10. TabunganKU BRI

TabunganKu merupakan program pemerintah yang diluncurkan sejak 20 Februari 2010 oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai Presiden Indonesia. Tujuan rekening ini untuk menumbuhkan minat menabung pada masyarakat. Karenanya, TabunganKu diadakan di 70 bank, termasuk BRI.

TabunganKu ada dua jenis: mandatory dan customized. Mandatory adalah tipe standar dan semua bank harus seragam syarat dan fasilitasnya. Sedangkan customized ialah yang sudah disesuaikan oleh masing-masing bank penyelenggara.

Syarat: KTP
Setoran awal: minimum Rp20.000,00
Biaya administrasi bulanan: Gratis
Fasilitas: buku tabungan tetapi tidak dengan kartu ATM. Beda dengan TabunganKu di bank BCA.

11. Simpanan Pelajar (Simpel) BRI

Sama seperti TabunganKu, SimPel merupakan program pemerintah juga. Bedanya, usia Simpanan Pelajar lebih muda karena baru diluncurkan pada 14 Juni 2015 oleh Presiden Joko Widodo dengan OJK.

Perbedaan lain, TabunganKu ditujukan kepada masyarakat umum dengan usia bebas. Sedangkan SimPel khusus para pelajar dengan usia di bawah 17 tahun. Baik itu PAUD, TK, SD, MI, SMP, MTs, SAMA, dan MA bisa semua.

Dengan syarat pembuatan lebih gampang, biaya administrasi dan lainnya lebih murah, sayangnya rekening ini hanya bisa dibuat di sekolah-sekolah yang sudah bekerja sama dengan BRI. Selain itu, usia 12 tahun harus didampingi orang tua. Sedangkan, di atas itu bisa tanpa wali.

Itulah jenis-jenis produk tabungan BRI yang bisa Anda bikin. Pastikan memilih tipe rekening yang cocok agar tidak keberatan biaya administrasi per bulan dan fasilitas yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan.

Itu dia beberapa jenis tabungan BRI yang wajib diketahui sebelum mengajukan pembuatan rekening. Untuk informasi selengkapnya serta pengajuan pembuatan secara online, bisa Anda kunjungi link berikut: https://www.cekaja.com/info/5-jenis-tabungan-bri-selain-britama/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar