Beauty Class Bersama LT Pro di Solo

Setiap ada acara beauty class atau makeup workshop gitu aku selalu tertarik. Selain bisa menambah wawasan dan skill dalam merias wajah, aku juga bisa sekaligus bersilaturahmi dengan kawan-kawan komunitas atau influencer. Sebagai orang yang ekstrovert, ketemu sama banyak orang tuh jadi energi banget bagiku. That’s why I’m always excited by joining this kinda event!

Minggu, 8 September 2019, Kumpulan Emak Blogger (KEB) chapter Solo mengadakan event kolaborasi dengan LT Pro berupa beauty class. Acara ini diselenggarakan di Grand Atrium Solo Paragon Mall mulai pukul 2 siang. Pesertanya cukup banyak dan of course sebagian besar member KEB Solo hadir, dong. Makin semaraklah suasana ketika acara dibuka oleh pembawa acara – seorang Beauty Advisor (BA) dari LT Pro. Sebagai coach, diundanglah seorang Make Up Artist (MUA) kenamaan Solo Raya bernama Anggun Kenyo yang sudah sering menjuarai lomba-lomba rias yang diadakan di Kota Solo.
lt pro solo
LT Pro Beauty Class

Bersama seorang model, Anggun Kenyo siap membimbing para peserta untuk melakukan self makeup. Tahapan makeup-nya sendiri juga komplit, mulai dari proses pembersihan (cleansing), preparasi, complexion, hingga decorative. Para peserta juga nggak kalah antusias mengikuti arahan demi arahan dari sang MUA.

Di meja peserta sudah tersedia berbagai macam alat makeup, produk-produk LT Pro, dan perlengkapan lain seperti bandana dan kain penutup baju. Anyway, mejanya sudah di-setting sedemikian rupa agar para peserta lebih mudah untuk melakukan kegiatan beauty class ini. Ada beberapa meja panjang untuk peserta dan setiap meja ditunggu oleh seorang Beauty Advisor (BA) LT Pro yang siap membantu para peserta jika mengalami kendala atau kesulitan.
keb solo x lt pro
Ada tips hijab pestanya juga, loh!

Cleansing & Prep

Langkah pertama dalam beauty class ini tentu saja pembersihan (cleansing). Wajah harus dalam keadaan bersih sebelum ber-makeup. Para peserta diarahkan untuk membersihkan area mata dan bibir terlebih dahulu dengan menggunakan makeup remover. Setelah itu, beranjak ke area wajah dengan menggunakan micellar water.

Setelah wajah benar-benar bersih tanpa ada residu kotoran/debu atau sisa makeup, masuk ke step preparasi. Adalah serum yang pertama diaplikasikan ke wajah. Ternyata serum dari LT Pro ini okay banget loh untuk dijadikan sebagai base makeup. Teksturnya gel tapi light banget di wajah dan cepat meresap di kulit. Setelah itu, pakai pelembab. Well, this is a normal thing lah yaaaa untuk mengaplikasikan moisturizer di wajah. As always.

Complexion

Lanjut! Masuk ke tahap complexion. Anggun Kenyo mengarahkan kepada peserta untuk menggunakan powder foundation. Ini semacam alas bedak dalam bentuk cream sehingga teksturnya pun lebih thick. Ketika nge-swatch pun aku ngerasa banget produk ini bener-bener heavy. However, coverage-nya medium, sih, biasa aja. Yang aku suka, shade dari produk ini masuk banget di skin tone-ku yang tanned. Unfortunately, aku lupa nama/nomor shade-nya, so sorry. Due to produk ini cukup heavy, aku mengoleskannya tipis-tipis aja. Pake apa? Pake jari, coy. LT Pro tidak provide spons atau beauty sponge gitu buat nge-blend produk-produk cream seperti ini. However, aku udah bawa perlengkapan sendiri sih, seperti beauty blender dan brush, tapi seadanya banget, cuma bawa beberapa. Karena awalnya aku pikir, LT Pro sudah provide semua alatnya. Namun, ternyata aku salah sangka, wkwkwk. Soooo, yeah...


Setelah nge-blend secara merata, proses complexion lanjut ke tahap pemakaian liquid foundation. Aku suka banget sama alas bedak ini. Teksturnya agak watery gitu. Gampang banget di-blend, wanginya nggak terlalu menusuk, shade-nya sesuai dengan skin tone aku (tapi lagi-lagi aku lupa nama shade-nya), dan alas bedak ini tersedia dalam bentuk pump sehingga memudahkan kita dalam mengeluarkan produk. Bisa banget dikontrol gitu pengen seberapa banyak. Produk ini juga nggak langsung nge-set gitu di wajah, it takes time. Hasilnya dewy dan coverage-nya medium. I don’t know it’d be buildable or not to make it more full coverage ‘cause I didn’t do that. Aku cuma pake sekitar 2 pump. Langsung aku totol-totolin di wajah dan aku blend dengan menggunakan beauty blender-ku sendiri sampe rata.

Setelah itu, masih proses complexion, lanjut ke bagian contouring dan highlighting. Para peserta menggunakan palette yang sudah ada di masing-masing meja. Contour palette-nya variatif banget nih warnanya. Bisa banget disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Warna contour-nya ada yang pas banget di aku dengan hint yang lebih ashy dan kecoklatan. Meanwhile, ada juga loh cream yang bisa digunakan sebagai bronzer karena warnanya lebih warm. Tekstur produknya oke banget, gampang di-blend dan nggak cepet nge-set. So does the highlighting one.


Next, masuk ke bedak tabur. Loose powder dari LT Pro ini berfungsi untuk mengunci seluruh tahap complexion berupa cream yang diaplikasikan sebelumnya. Bedak tabur LT Pro ini enak banget dipake. Nggak ada bau aneh-aneh, bau sewajarnya bedak tabur lah. Ada sedikit coverage-nya (if I’m not mistaken). Partikel bedaknya lembut banget. Hasil akhirnya semi-matte di wajah. Bikin wajah terlihat segar, bukan dead-matte gitu. Bagus!

Selanjutnya, pake bedak padat alias compact powder. Aku pakenya tipis-tipis aja dengan menggunakan powder brush milikku sendiri. Beberapa brush sebenarnya sudah disediakan di atas meja (belongs to LT Pro). Tapi, it looks like belum dibersihkan jadi aku prefer menggunakan kuas yang aku bawa sendiri. Bedak padat LT Pro yang aku pake warnanya dua tingkat lebih terang dari kulitku dan aku aplikasikan lightly aja ke seluruh muka. Nggak terlalu mengubah warna mukaku, kok. So, stay easy.

Decorative

Tahap complexion sudah selesai. Sekarang saatnya masuk ke bagian decorative. Anggun Kenyo menawarkan kepada para peserta: mau eyeshadow atau alis dulu? Para peserta serempak menjawab: alis, doooongggg. Like helloooooo??!! Alis adalah bagian terpenting dari wajah, wkwkwk. Anggun Kenyo membimbing step by step pembuatan alis yang diperagakan di wajah sang model. Para peserta tinggal mengikutinya. Anggun Kenyo menyarankan untuk membuat titik-titik di bagian alis, setelah itu dilakukan proses framing dan filling.

Setelah alis selesai, saatnya beralih ke eyeshadow. Tema makeup kali ini adalah Glam Makeup, which means riasan yang dibuat berkesan glamor, mewah, tapi tetap flawless. Warna eyeshadow yang dipilih oleh Anggun Kenyo seputar warna cokelat muda, cokelat tua, dan gold. Nuansa warna nude dan earthy emang selalu jadi pilihan tepat sekalipun untuk tema Glam Makeup. Jadi, Glam Makeup itu nggak melulu harus diliputi warna yang gonjreng dan ber-glitter.
Untuk mempertegas garis mata, Anggun Kenyo mengarahkan untuk memakai pensil eyeliner warna hitam untuk tightline. Jadi, pensil eyeliner ini digunakan tepat di bagian garis mata atas bagian dalam. Kalau yang nggak terbiasa, emang agak ngeri dan geli, sih. Bikin nangis pula. Jangan dipaksain ya, gangs.


Anggun Kenyo melanjutkan ke part menggunakan liquid eyeliner dan mascara. Namun, sayangnya, produk tersebut nggak ada buat peserta. Jadi, di-skip deh. Kalau ada peserta yang bawa mascara sendiri, ya pake sendiri. Kalau nggak bawa, ya udah ngenes, wkwkwkwk. 😂

Setelah itu, lanjut ke bagian penggunaan blush on dan contour powder. Aku suka banget sama produk LT Pro yang ini. Lumayan pigmented tapi warnanya nggak ‘ngeblok’ di kulit. Bisa merata dengan bagus. Pakenya tipis-tipis aja. Kalau kurang bisa ditambah lagi. Buildable gitu, deh.

Part terakhir: lipstick! Aku menggunakan lipcream LT Pro milikku sendiri yang aku bawa pada waktu itu. And, done!

Tips Hijab Pesta

Selain mentransfer ilmu tentang makeup, Anggun Kenyo juga memberikan tips cantik menggunakan hijab pesta di sesi ini. Hijab yang dikreasikan olehnya berupa hijab turban. Ternyata cukup dengan lilit sana-lilit sini, ditambah jarum pentul 2-4 buah untuk mengunci hijabnya, model hijab turban cakep juga ya dipake buat ke acara pesta-pesta gitu.
beauty class lt pro
Credit: Emak Blogger Solo
Acara beauty class pun usai. Para peserta udah menjelma menjadi perempuan-perempuan cantik dengan full makeup on, xixixixiii. Nggak lupa di akhir acara aku bersama kawan-kawan mengabadikan momen dengan Anggun Kenyo, dong.
emak blogger solo lt pro
KEB Solo X LT Pro
MUA Solo
Bersama Anggun Kenyo
See you on my next post, guys! 👋😊

2 komentar: